Rabu, 05 Juli 2023

Plus Minus Anak Belajar Sekolah Daring Dan Syaratnya

Plus Minus Anak Belajar Sekolah Daring Dan Syaratnya
Sekolah online adalah pilihan yang bagus bagi banyak siswa yang mungkin ingin memastikan pendidikan berkualitas di luar ruang kelas. Namun, banyak orang tua yang penuh kasih telah menyatakan keprihatinan tentang asupan waktu layar anak mereka, dan khawatir bahwa kelas online dapat berdampak buruk bagi anak mereka. Kami telah membuat blog ini untuk meyakinkan Anda bahwa dengan Ignite Learning Academy, hal itu tidak akan terjadi. 
Plus Minus Anak Belajar Sekolah Daring Dan Syaratnya


Di Era sekarang dengan perubahan kebijakan pendidikan kita masuk ke rumah untuk sekolah online, kerja online, dan lebih banyak waktu layar di ponsel, tablet, dan lainnya, sekarang menjadi lebih penting untuk memastikan bahwa anak-anak kita memanfaatkan layar di kehidupan sehari-hari untuk belajar! Di Ignite Learning Academy, kami di sini untuk membantu anak Anda mencapai hal itu. 

Akankah Anak Saya Memiliki Terlalu Banyak Waktu Layar gegjet, HP, komputer?
Apakah sekolah online menghasilkan lebih banyak waktu layar? Jawaban singkatnya adalah ya. Tetapi kunci untuk mencegah anak Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di layar mereka adalah bekerja untuk memastikan bahwa batas waktu layar dan tugas sekolah online bukanlah hukuman bagi anak Anda, tetapi kesempatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka saat di layar. 

Sekolah online memungkinkan anak Anda memperoleh pendidikan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan khusus mereka, tetapi sangat penting bagi pendidikan anak Anda bahwa waktu layar untuk sekolah dan rekreasi seimbang dengan cara yang sesuai untuk kebutuhan Anda dan keluarga Anda. Kami telah menyusun daftar hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat mendiskusikan waktu layar dengan anak Anda yang kami percaya akan membantu anak Anda tumbuh dan belajar!

elajar daring atau diistilahkan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selain memiliki kelebihan juga tidak terlepas dari kekurangan. Pembelajaran daring atau e-learning yang berbasis teknologi digital harus diakui belum menyentuh semua siswa di seluruh Indonesia. Keterbatasan dalam pelaksanaan PJJ bisa menjadi kelemahan ataupun kekurangan belajar online
sistem pembelajaran dengan cara online atau daring tersebut memang mempunyai beberapa kelebihan antara lain sebagai berikut.

1. Lebih Fleksibel
Tidak seperti belajar di dalam kelas dengan jadwal yang sudah diatur, jam masuk dan pulang yang ditetapkan serta tentu saja harus memakai seragam maka PJJ lebih fleksibel. Bagaimanakah maksudnya? Meskipun terkadang ada jadwal pembelajaran dengan guru melalui video ataupun zoom namun hanya berlangsung sebentar saja. 

Siswa bisa belajar dimanapun tanpa adanya batasan tempat. Bahkan dalam kondisi darurat siswa bisa meminta izin untuk tidak memakai seragam saat kelas daring misalnya ketika sedang sakit.

2. Kemudahan Akses
Internet memang menghilangkan batasan yang ada antar manusia sehingga semuanya lebih mudah dijangkau serta tidak berbatas ruang dan waktu. Begitu juga dengan belajar online di rumah yang membuat siswa menjadi lebih mudah untuk mengakses materi apapun yang ingin dipelajari. Cukup menggunakan HP atau laptop dan koneksi internet siswa bisa belajar materi yang telah diberikan guru.

3. Bisa Mengulang Materi
Kalau di kelas guru akan menyampaikan materi hanya saat pelajaran tersebut berlangsung. Kamu mungkin masih belum paham atau tertinggal saat mencatatnya. Nah, kalau belajar online maka kamu bisa mengulang materi yang telah diberikan oleh guru kapanpun hingga benar-benar paham.

Kekurangan Penerapan Belajar Online / PJJ / Daring
Diantara kelebihannya bagaimanapun sistem belajar daring dari rumah tetap memiliki kekurangan, yaitu :

1. Membutuhkan Peran Serta Orang Tua
Sistem belajar online yang dilakukan dari rumah membutuhkan pengawasan dan bimbingan orang tua sebagai pengganti guru di sekolah. Namun sayangnya tidak semua siswa memiliki orang tua yang bisa berperan aktif dalam PJJ karena alasan kesibukan pekerjaan atau lainnya. Tanpa pengawasan orang tua dikuatirkan siswa tidak bisa belajar dengan optimal.

2. Akses Internet Terbatas
Bagi siswa yang tinggal di perkotaan mungkin akses internet bukanlah suatu masalah namun beda halnya dengan anak yang tinggal di daerah apalagi pedesaan. Pada daerah pedesaan akses internet seringkali sangat susah didapatkan sehingga pastinya mengganggu proses PJJ. Sulitnya akses internet bisa disebabkan oleh terbatasnya jaringan ataupun kemampuan untuk membeli kuota dan sebagainya.

3. Kurangnya Interaksi dengan Guru dan Teman
Terlalu lama belajar online dari rumah berpotensi membuat anak mengalami kesulitan untuk berinteraksi sosial terutama dengan guru dan teman-teman sekolahnya. Selain itu dalam penyampaian materi pada PJJ seringkali sifatnya hanya satu arah sehingga siswa tidak memiliki kesempatan untuk bertanya kalau ada yang belum dipahami.

Plus/nilai tanbah dari belajar secara daring
Belajar dengan sistem daring meningkatkan kemampuan anak-anak dalam menggunakan teknologi. Mereka menjadi terbiasa menggunakan komputer, laptop, atau ponsel, termasuk internet dan berbagai aplikasi untuk mendukung belajarnya. Hal ini juga berlaku bagi para guru. Mau tidak mau guru harus melek teknologi. Guru menjadi lebih kreatif menerapkan metode-metode pembelajaran berbasis teknologi.

Minusnya belajar sekolah daring, dengan sekolah daring ini, materi pelajaran yang bisa disampaikan guru kepada murid relatif lebih terbatas. Sangat berbeda dengan sekolah yang dilaksanakan secara tatap muka di mana guru bisa mengajarkan materi pelajaran lebih banyak kepada murid. Guru-guru juga lebih sulit mengontrol mana murid yang serius mengikuti pelajaran dan mana yang tidak. Tingkat penerimaan peserta didik terhadap materi pelajaran juga berbeda-beda. Guru tidak bisa memberikan penjelasan lebih lanjut secara langsung ketika ada murid di rumah yang belum menguasai materi pelajaran.

Pembelajaran daring juga menghapus banyak kegiatan yang bisa mendukung pembentukan dan pengembangan karakter dan kepribadian anak. Seperti diskusi atau kerja kelompok untuk mengerjakan tugas, presentasi di depan kelas, bersosialisasi dengan teman-teman, dan sebagainya. Kegiatan belajar lebih banyak bersifat teoretis dan minim praktik karena tidak dimungkinkan adanya interaksi langsung antara guru dengan murid. Contohnya olahraga, praktik ibadah dalam materi pelajaran agama, dan sebagainya. 

Ketika anak-anak yang belajar di rumah didampingi orangtua, akan semakin mendekatkan hubungan keduanya. Komunikasi antara anak dan orangtua akan lebih intens. Orangtua bisa lebih memahami dan mengetahui langsung kemampuan anak-anaknya dalam belajar, apakah anak sudah cukup menguasai materi pelajaran atau belum, kelebihan atau kelemahan anak dan sebagainya. 

Namun pelaksanaan sekolah daring sekaligus menyulitkan orangtua yang bekerja di luar rumah. Mereka harus menyediakan waktu ekstra untuk mendampingi anak-anak belajar setelah jam kerja, atau memikirkan cara agar anak-anak bisa tetap megikuti pembelajaran daring dengan baik di rumah ketika orangtua sedang bekerja. Tidak sedikit ibu mengeluh karena pekerjaan rumah jadi terbengkalai karena harus mendampingi anak belajar daring.  Dengan sekolah daring, berarti orangtua juga harus memfasilitasi anak-anak mereka ponsel atau android hingga membeli paket kuota internet. Belum tentu semua orangtua mampu membelikan anak-anak mereka ponsel atau android. Terutama bagi yang dari kalangan tidak mampu, hal ini bisa sangat memberatkan. Pelaksanaan sekolah daring harus didukung tersedianya infrastruktur listrik dan jaringan internet. Sementara di daerah-daerah tertentu, terutama pelosok, infrastruktur listrik dan jaringan internet masih minim.

Itulah berbagai kelebihan dan kekurangan dari belajar daring di rumah. Di luar kelebihan dan kekurangan sistem belajar online di rumah diharapkan siswa mau untuk terus aktif mengikuti PJJ dan selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru agar nilai akademiknya tidak menurun.

Nah, bagaimana dan apa syaratnya agar belajar  sekolah secara daring dapat berhasil?

1. Tetapkan Batas Waktu Layar
Menetapkan batas waktu untuk aplikasi atau perangkat tertentu adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi waktu layar. Apakah batas waktu layar Anda terdiri dari batas untuk acara TV, Tiktok, atau video game, itu akan sangat bermanfaat bagi anak Anda dan memungkinkan pikiran mereka memperkuat kemampuan mereka untuk fokus dan meningkatkan komunikasi mereka, sekaligus mencegah gangguan sepanjang hari.

Saat menetapkan batas waktu pemakaian perangkat untuk anak Anda, pastikan untuk berbicara dengan mereka terlebih dahulu agar Anda berdua dapat memprioritaskan kebutuhan pendidikan mereka dan tidak mengambil terlalu banyak dari mereka. Kami ingin anak Anda memiliki hubungan yang sehat dengan sekolah dan kehidupan sosial, dan terkadang menetapkan batas waktu layar adalah cara yang bagus untuk mencapainya. 

2. Istirahat
Mengizinkan anak Anda beristirahat di sela-sela tugas atau waktu yang diperlukan sepanjang waktu yang dihabiskan dengan sekolah online adalah cara sempurna untuk memastikan anak Anda tidak terlalu lelah di depan layar. Saat memutuskan kapan mengizinkan anak Anda istirahat dari sekolah, pikirkan tentang hal-hal seperti menyisihkan waktu yang tepat untuk makan siang atau istirahat sejenak di luar ruangan. 

Beristirahat dari sekolah online sangat bermanfaat bagi anak Anda, dan tidak masalah apakah itu istirahat lima belas menit, istirahat makan siang, atau bahkan istirahat peregangan selama lima menit; membiarkan anak Anda istirahat telah terbukti meningkatkan kemampuan mereka untuk fokus, mengurangi stres, meningkatkan energi mereka, dan banyak lagi! 

3. Buat Anak Anda Nyaman
Banyak orang menyadari fakta bahwa terlalu banyak waktu layar dapat berdampak negatif pada semua orang. Waktu layar bahkan diketahui menyebabkan sakit kepala, ketegangan mata, depresi, dan bahkan lebih. Itulah mengapa penting untuk memastikan anak Anda nyaman secara fisik dan mental saat mengikuti sekolah online.  

Bagian dari memastikan bahwa anak Anda merasa nyaman adalah berbicara dengan mereka dan bekerja sama untuk menciptakan ruang positif yang akan mendorong pembelajaran. Bagian dari ruang positif ini adalah orang tua atau wali yang akan mendengarkan mereka jika mereka menyuarakan kekhawatiran seperti sakit kepala, kesulitan melihat, ketegangan mata, atau masalah lain yang mungkin membuat anak Anda tidak nyaman. 


Yang Anda Butuhkan untuk Memulai Sekolah Online
Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai sekolah online. 

1) Putuskan Apakah Sekolah Online Cocok untuk Anda atau Tidak
Langkah pertama untuk memulai sekolah online adalah duduk dan memutuskan apakah sekolah online tepat untuk Anda. Anda harus membuat daftar pro dan kontra untuk semua pilihan sekolah Anda, dan ini mungkin termasuk sekolah online, sekolah umum, atau homeschooling . 

Lihat semua opsi ini, kirim email ke sekolah tentang program atau informasi tertentu, lakukan riset tentang sekolah ini, lalu mungkin bicarakan dengan keluarga Anda dan buat keputusan apakah Anda harus menghadiri sekolah online atau tidak.

2) Cari Tahu Kapan dan Dimana Menghadiri Sekolah Online
Setelah Anda membuat keputusan untuk menghadiri sekolah online, Anda pasti ingin menghubungi sekolah tersebut dan mendaftar secara resmi. Ini mungkin luar biasa pada awalnya, tetapi staf di sini di Ignite Learning Academy akan ada untuk membantu setiap langkah untuk memastikan Anda merasa percaya diri dan nyaman dengan kelas online Anda. 

3) Temukan Kursus yang Akan Anda Ambil
Di Ignite Learning Academy, kami menawarkan berbagai kursus online berbeda yang dapat Anda ikuti. Jika Anda seorang siswa di kelas K-8 mana pun, Anda akan mengambil empat hingga enam mata kuliah berbeda per semester. Jika Anda berada di kelas 9-12, maka Anda akan mengambil enam hingga tujuh mata kuliah per semester. Mendaftar untuk kursus di Ignite Learning Academy akan menjadi tugas yang mulus. 

Siswa terdaftar dalam empat program: Matematika, Seni Bahasa, Ilmu Sosial, dan Sains. Siswa sekolah dasar biasanya mendaftar di satu mata kuliah pilihan atau bahasa asing tambahan, dan siswa sekolah menengah dan atas biasanya terdaftar di enam mata kuliah secara bersamaan. 

Di tingkat sekolah menengah atas, berbagai jenis kursus yang sama ditawarkan, dan ada kemampuan untuk memperoleh kredit perguruan tinggi saat masih di sekolah menengah. 

4) Buat Jadwal Anda.
Setelah mengetahui kelas yang akan Anda ambil, Anda dapat membuat jadwal. Anda tidak hanya perlu merencanakan kapan harus mengikuti kelas, tetapi Anda juga perlu merencanakan jam berapa untuk bangun, jam berapa Anda dapat beristirahat dari tugas sekolah, jam berapa Anda mungkin akan mengadakan pertemuan dengan guru, dan apa saja. lain untuk merencanakan hari-hari Anda. 

Ini mungkin tampak seperti banyak, tetapi pasti akan membantu Anda tetap di atas pekerjaan rumah Anda. 

5) Buat Area untuk Pekerjaan Sekolah.
Mungkin terdengar seperti mimpi untuk dapat mengerjakan tugas sekolah dari tempat tidur Anda, tetapi menciptakan ruang belajar khusus untuk pekerjaan rumah, kelas, membaca, dan pertemuan online akan membuatnya jauh lebih mudah untuk memiliki lingkungan belajar yang sukses. Lingkungan belajar yang sukses di rumah Anda mungkin berupa meja, kantor, atau bahkan pengaturan di atas meja dapur. 

Pastikan bahwa saat Anda memilih ruang belajar, Anda mengembangkan ruang di mana gangguan seperti TV, video game, telepon, dan hal lain yang dapat menghalangi Anda untuk fokus dihilangkan. 

Saat Anda membuat area untuk tugas sekolah, Anda harus memiliki ruang untuk laptop, pensil dan kertas, buku untuk sekolah, dan hal lain yang perlu Anda pelajari. Selain itu, jangan lupa untuk memilih ruangan dengan pencahayaan yang baik. 

6) Tetapkan Tujuan Harian, dan Temui Mereka.
Menetapkan tujuan harian adalah bagian penting dari kesuksesan akademik. Apakah Anda membuat daftar tugas yang harus Anda selesaikan atau Anda menetapkan jumlah waktu tertentu untuk bekerja atau membaca, menggunakan perencana, jurnal, atau bahkan daftar poin-poin akan membantu Anda menyelesaikan tugas dan memenuhi tenggat waktu. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Plus Minus Anak Belajar Sekolah Daring Dan Syaratnya

0 comments:

Posting Komentar