6 CONTOH RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS) TK/RA,SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA,SMK

6 CONTOH RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS) TK/RA,SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA,SMK

Contents [Show Up]
6 CONTOH RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS) TK/RA,SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA,SMK
Untuk mengembangkan sekolah, seorang manager/kepalas sekolah harus mempunyai sebuah rencana pengembangan sekolah, karena apabila seorang manager/kepala sekolah, maupun sebuah perusahaan, PT/CV, BUMEN/Sewasta tidak mempunyai sebuah rencana/beberapa rencana pengembangan, dapat dibayangkan, akan kemana sebuah sekolah, lembaga, perusahaan, PT/CV, BUMEN/Sewasta tersebut.
6 CONTOH RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS) TK/RA,SD/MI,SMP/MTs,SMA/MA,SMK


Berikut ini ada beberapa contoh RPS yang mungkin bermanfaat bagi Anda..
RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH
TAHUN 2023
Nama :
Sekolah :
Kab/Kota/Propinsi :
Waktu pelaksanaan :
A. Judul Program Pengembangan Sekolah 
“Peningkatan Kemampuan Guru Memanfaatkan TIK  Sebagai Media  Pembelajaran Melalui Loka Karya   Di SD Negeri ............ 

B. Latar Belakang
Pembelajaran merupakan suatu konsepsi dari dua dimensi kegiatan            ( belajar dan mengajar ) yang harus direncanakan dan diaktualisasikan serta diarahkan pada pencapaian tujuan atau penguasaan sejumlah kompetensi dan indikatornya sebagai hasil belajar. Seiring dengan perkembangan zaman dan era globalisasi yang ditandai dengan pesatnya produk dan pemanfaatan teknologi informasi, maka konsepsi penyelenggaraan pembelajaran  telah bergeser pada upaya perwujudan pembelajaran yang modern.
Maka menjadi kewajiban bagi seorang guru untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada sebagai sarana dalam pembelajaran , agar menciptakan pembelajaran yang inovatif. .Inovasi pembelajaran merupakan kebutuhan primer dalam konteks aplikasi ilmu teknologi pembelajaran yang khususnya berbasis TIK.( Teknologi Inforormasi dan Komunikasi ) sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada hasil pembelajaran. Proses belajar mengajar merupakan suatu system yang komponennya saling berinteraksisebagai satu kesatuan. Komponen pendidikan itu antara lain : siswa, guru, tujuan pembelajaran, materi, metode, media, sarana dan prasarana, evaluasi dan lingkungan pembelajaran. 
Di antara keseluruhan komponen dalam pembelajaran,   guru merupakan   komponen   yang   sangat   berperan   penting   dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Tidak ada kualitas pembelajaran tanpa kualitas guru. Apapun yang telah dilakukan oleh Pemerintah, namun  yang  pasti  adalah  peningkatan  kualitas  pembelajaran  tidak mungkin  ada  tanpa  kualitas  guru,  sehingga  peningkatan  kualitas pembelajaran, juga tidaklah mungkin ada tanpa peningkatan kualitas para gurunya. Guru merupakan sumber daya manusia yang sangat menentukan  keberhasilan  pembelajaran.
Pembelajaran merupakan proses transfer ilmu pengetahuan yang mengharapkan perubahan, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dalam mentransfer ilmu ini, dibutuhkan sarana berupa media pembelajaran. Ketepatan penggunaan media dalam pembelajaran menjadi tanggung jawab guru untuk dapat memilih jenis media yang akan digunakan agar siswa dapat menerima ilmu yang diberikan. Untuk itu guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam memilih media pembelajaran yang tepat. Guru membutuhkan media agar apa yang disampaikan dapat diserap dan dipahami oleh peserta didik  dengan lebih mudah dan lebih cepat.Media pembelajaran alat secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran antara lain : buku, tape recorder, video kamera, filem, slide, foto, gambar, grafik, televise, dan computer. Dengan kata lain media merupakan komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi instruksional di lingkungan yang dapat merangsang siswa untuk belajar. 
Mengingat betapa pentingnya media pembelajaran  dalam proses belajar mengajar maka  SD Negeri  Wonodadi berupaya terus meningkatkan pemenuhan sarpras berupa LCD yang dapat membantu guru dalam pembelajaran. Berdasar pengamatan penulis, upaya tersebut kurang mendapat respon dari para guru . alat yang sudah ada tidak digunakan secara optimal. Padahal siswa sangat antusias ketika diberi pelajaran menggunakan media elektronik berupa LCD.
Dari hasil pengamatan dan wawancara penulis dengan guru-guru di SD Negeri  Wonodadi maka dipandang perlu untuk dilaksanakan lokakarya penggunaan TIK dalam proses belajar mengajar khususnya pembuatan power point. Dengan harapan guru-guru mampu memanfaatkan LCD dalam pembelajaran sehingga akan tercipta pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa .
Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis membuat judul “ Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penggunaan TIK sebagai Media Pembelajaran melalui Lokakarya di SD Negeri  Wonodadi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen”

C. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai berdasarkan judul yang diangkat dalam tulisan ini  adalah:
1. Untuk meningkatkan Kemampuan Guru dalam memilih media pembelajaran secara tepat.
2. Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan power point
3. Untuk  meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan LCD proyektor
D. Indikator
1. Meningkatnya Kemampuan Guru dalam memilih media pembelajaran secara tepat.
2. Meningkatnya kemampuan guru dalam pembuatan power point
3. Meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan LCD proyektor  
E. Hasil Yang Diharapkan
1. Guru dapat memilih media pembelajaran secara tepat.
2. Guru dapat membuat  power point.
3. Guru dapat menggunakan LCD proyektor  sebagai media pembelajaran.
F. Sumber Daya Yang Diperlukan
1. Fasilitas yang diperlukan:
- Nara Sumber
- Panitia Kegiatan Loka Karya
- Peserta Loka Karya
- Operator computer, sound  system
2. Sarana Prasarana:
- Ruang pertemuan
- Perangkat kegiatan: LCD, Komputer, Laptop, layar, sund system
- ATK
G. Langkah-langkah Kegiatan
1. Persiapan
- Sosialisasi Rencana Kegiatan 
- Pembentukan Panitia pelaksanaan Loka Karya
- Penyusunan Proposal Kegiatan
- Pengadaan LCD, Latop, Layar, Kabel data, sound sistem
- Persiapan administrasi  kegiatan
- Membuat undangan

2. Pelaksanaan
- Kegiatan Loka Karya di SD Negeri  Wonodadi dalam rangka upaya peningkatkan kemampuan guru menggunakan TIK sebagai media pembelajaran .
- Hari, tanggal Sabtu dan Senin,  tanggal 3, dan 5 Agustus 2023.
Waktu, jam 13:00-15:00 WIB
3. Monitoring dan Evaluasi
Adapun tujuan utama dari kegiatan monitoring dan evaluasi adalah untuk:
1. mengetahui tingkat keterlaksanaan program; 
2. mengetahui keberhasilan program;
3. bahan masukan dalam perencanaan pembinaan sekolah tahun berikutnya.
4. melakukan pembinaan bagi sekolah agar pada tahun berikutnya diperoleh hasil yang lebih baik/meningkat secara signifikan
5. mengidentifikasi dan menjustifikasi item-item program yang belum dapat terlaksana secara optimal.

4. Refleksi
Kondisi ideal yang diharapkan setelah kegiatan Loka Karya:
- Guru mampu menggunakan TIK sebagai media pembelajaran sehingga prestasi siswa meningkat .

H. Penutup
Kemampuan Guru dalam menggunakan TIK sebagai media pembelajaran di SD N  Wonodadi ,  merupakan pedoman bagi kepala sekolah dalam mengawasi pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Progam Rencana Pengembangan Sekolah melalui Loka Karya di SD Negeri  Wonodadi disusun selaras dengan visi, misi dan tujuan pendidikan di sekolah. Program yang disusun diarahkan pada layanan professional kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut,sekolah perlu meningkatkan mutu pelayanan pendidikan melalui penggunaan TIK sebagai media pembelajaran.  


Surakarta, 23 Juli 2023
Pengajar Penyusun

RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH
TAHUN 2023
Nama :
Sekolah :
Kab/Kota/Propinsi :
Waktupelaksanaan :
I. Judul Program Pengembangan Sekolah
Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih Bahan Ajar Yang Relevan Melalui KKG di SD N ............

J. Latar Belakang
Berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan diterbitkan pengaturan mengenai penilaian pendikan perlu disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan dalam penilaian hasil belajar serta sebagai pengendali mutu penilaian hasil belajar serta sebagai pengendali mutu peserta didik oleh pendidik, satuan pendidikan. 
Bahan ajar merupakan hal dasar yang harus dimiliki oleh tiap satuan
pendidikan. Setiap guru diwajibkan untuk memiliki bahan ajar sebagai acuan
dalam mengajar. Ketersediaan bahan ajar pada setiap satuan pendidikan diatur
dalam standarisi dan standar proses pendidikan. Kedua peraturan tersebut
merupakan prinsip penyelenggaraan pendidikan. 

Standar proses dibuat dengan tujuan menghasilkan lulusan yang memilikik ompetensi di berbagai bidang.
Kompetensi tersebut dapat diwujudkan melalui perencanaan proses pembelajaran yang telah ditetapkan meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP). Kesesuaian pelaksanaan proses pembelajaran dengan perencanaan proses pembelajaran menjadi penunjang tercapainya kompetensi lulusan.

Silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) memuat Silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) memuat hal-hal yang
Menjadi acuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Dua hal diantaranya
Mengenai materi ajar dan sumber belajar. Kedua komponen tersebut yang
Nantinya akan menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Setiap satuan
Pendidikan perlu memilih materi dan sumber belajar yang relevan serta memadai. 
pendidikan yang bersangkutan. Pertimbangan tersebut akan menentukan arah
untuk mencapai tujuan pembelajaran dan kompetensi lulusan. Oleh karena itu,
dibutuhkan ketelitian dan kebijakan dalam menentukan bahan ajar
Dengan adanya keterbatasan-keterbatasan yang ada pada buku teks maupun lembar kegiatan siswa, maka diperlukan pemikiran dan kerjasama dari seluruh komponen sekolah untuk menyediakan dan memanfaatkan bahan ajar secara maksimal. 
Sebuah tanggung jawab dan kewajiban bagi seluruh komponen sekolah
Untuk memberikan pelayanan melalui bahan ajar.

SD Negeri ............ selama ini belum menggunakan bahan ajar yang berfariasi. Bahan ajar yang dipakai hanya sebatas buku sumber yang ada dan hanya itu-itu saja. Jadi para guru belum tahu dan belum bisa mengunakan bahan ajar lain yang relevan, sehingga saya sebagai Kepala  Sekolah merasa perlu untuk mengadakan pengembangan sekolah dengan judul “ Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih Bahan Ajar Yang Relevan Melalui KKG Di SD Negeri ............ Kecamatan Prembun  Kabupaten Kebumen”



K. Tujuan
1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan problematika guru memilih bahan ajar yang relevan
2. Untuk mengetahui dan mencari solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan dalam memilih bahan ajar yang relevan
L. Indikator
1. Meningkatnya pemahaman Guru mengenai pemilihan bahan ajar yang relevan dalam pembelajaran
2. Meningkatnya kemampuan guru dalam memilih bahan ajar yang relevan
3. Meningkatnya prestasi siswa dalam pembelajaran karena bahan ajar yang relevan

M. Hasil Yang Diharapkan
2. Guru mampu memilih bahan ajar yang relevan dalam pembelajaran
3. Guru mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik karena bahan ajar yang sesuai
4. Prestasi siswa meningkat setelah guru menggunakan bahan ajar yang relevan
N. Sumber Daya Yang Diperlukan
1. Sumberdaya manusia yang diperlukan:
- Nara Sumber
- Panitia Kegiatan KKG
- Peserta KKG
- Operator  computer, sound  system
2. Sumber daya bukan manusia:
- Ruang pertemuan
- Perangkat kegiatan: LCD, Komputer, Laptop, layar, sund system
- ATK


O. Langkah-langkah Kegiatan

5. Persiapan
- Sosialisasi Rencana Kegiatan
- Pembentukan Panitia pelaksanaan IHT
- Penyusunan Proposal Kegiatan
- Pengadaan LCD, Latop, Layar, Kabel data, sound sistem
- Persiapan administrasi kegiatan
- Buat undangan

6. Pelaksanaan
Kegiatan KKG di SD Negeri ............ dalam rangka upaya meningkatkan komampuan guru memilih bahan ajar yang relevan .
Hari, tanggal Sabtu - Senin, tanggal 3 dan 5 Agustus 2023.
Waktu, jam 13:00-15:00 WIB
7. Monitoring dan Evaluasi
Adapun tujuan utama dari kegiatan monitoring dan evaluasi adalah untuk:
1. mengetahui tingkat keterlaksanaan program;
2. mengetahui keberhasilan program;
3. bahan masukan dalam perencanaan pembinaan sekolah tahun berikutnya.
4. melakukan pembinaan bagi sekolah agar pada tahun berikutnya diperoleh hasil yang lebi hbaik/meningkat secara signifikan
5. mengidentifikasi dan menjustifikasi item-item program yang belum dapat terlaksana secara optimal.

8. Refleksi
Kondisi ideal yang diharapkan setelah kegiatan KKG:
- Guru mampu memilih bahan ajar yang relevan dalam pembelajaran sehingga prestasi siswa meningkat .


9. Penutup
Kemampuan Guru dalam memilih bahan ajar yang relevan melalui KKG di SD N ............,  merupakan pedoman bagi kepala sekolah dalam mengawasi pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Progam Rencana Pengembangan Sekolah melalui KKG di SD Negeri ............ disusun selaras dengan visi, misi dan tujuan pendidikan di sekolah. Program yang disusun diarahkan pada layanan professional kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut,sekolah perlu meningkatkan mutu pelayanan pendidikan melalui pemilihan bahan ajar yang otentik. 


Solo, 23 Juli 2023
Pengajar Penyusun

A. Aktivitas Pembelajaran  3.  
Tugas 3. Membuat Rencana Kegiatan Pengembangan Sekolah berdasarkan 8 SNP

Tujuan Penugasan
Setelah mengikuti aktivitas pembelajaran ini, Saudar diharapkan dapat membuat rencana kegiatan pengembangan sekolah

Petunjuk Penugasan
1. Secara individu, Cermati kembali LK-02, fokuslah pada kolom rencana pengembangan sekolah sendiri
2. Pilihlah satu indikator pada salah satu SNP yang akan Saudara kembangkan menjadi rencana Kegiatan Pengembangan sekolah pemenuhan 8 SNP
3. Cermatilah rambu-rambu penulisan  rencana Kegiatan pengembangan sekolah pemenuhan 8 SNP yang terdapat pada lampiran 1.
4. Buatlah rencana Kegiatan Pengembangan sekolah pemenuhan 8 SNP menggunakan format LK-03 berikut ini.


LK-03. Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah

RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH
TAHUN  2023


Nama Kepala Sekolah
Unit Kerja
Prov./Kab/Kota : Jawa Tengah
Waktu Pelaksanaan :  Juli / Agustus 2023
P. Judul Program Pengembangan Sekolah 

“Peningkatan Kompetensi Guru Menggunakan  IT Untuk Administrasi Pembelajaran Melalui Pelatihan Di SD Negeri 3 Kloposawit Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen Tahun pelajaran  2023/2024”

Q. Latar Belakang

Tujuan pendidikan merupakan gambaran kondisi akhir atau nilai-nilai akhir yang ingin dicapai dari suatu proses pendidikan dan harus mengacu pada tujuan pendidikan nasional serta memperhatikan tahap perkembangan siswa dan  kesesuaiannya dengan lingkungan. Tujuan pendidikan di SD mencakup pembentukan dasar kepribadian siswa sebagai manusia Indonesia seutuhnya sesuai dengan tingkat perkembangan dirinya, pembinaan pemahaman dasar dan seluk beluk ilmu pengetahuan dan tekhnologi sebagai landasan untuk belajar pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Untuk mencapai tujuan nasional tersebut, maka guru dituntut untuk dapat menyajikan proses pembelajaran yang maksimal, baik dalam  penguasaan metode, pemilihan model pembelajaran, media pembelajaran,  penilaian pembelajaran, dan perangkat pembelajaran yang meliputi penyusunan silabus, RPP, Instrumen penilaian, sehingga  proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan hasil belajar siswa  pun sesuai dengan yang kita harapkan.
Depdiknas ( 2003 : 6 ) menyatakan “ Komponen satuan pembelajaran meliputi identitas mata pelajaran, standar kompetensi, dan kompetensi dasar, materi pembelajaran, strategi belajar mengajar, media pembelajaran, penilaian pembelajaran, tindak lanjut pembelajaran, dan sumber belajar”. Komponen-komponen tersebut dalam proses pembelajaran. Melemahnya salah satu komponen akan menghambat tercapainya tujuan belajar yang optimal.
Pada kenyataannya masih banyak guru dalam melaksanakan pembelajaran  belum menggunakan metode, media dan pendekatan yang kurang bervariasi bahkan guru sering hanya menggunakan metode ceramah sehingga dalam proses  pembelajaran sangat monoton. Guru terlihat aktif sementara siswa hanya duduk dan terdiam pasif. Dalam memberikan konsep suatu ilmu guru merasa sudah menguasai materi sehingga ketika akan melaksanakan pembelajaran guru tidak mendalami buku sumber apalagi buku lain yang relevan tetapi  hanya berdasarkan apa yang diingat saja. 
Kemampuan guru dalam menyajikan proses pembelajaran di SD Negeri 3 ,,,,,,,,,,,  masih rendah. Hal ini terbukti dari 8 orang guru, yang terdiri dari 6 orang guru kelas dan 2 orang guru mata pelajaran, guru yang mampu menyajikan menggunakan IT maksimal, 3 orang ( …%), sedangkan guru yang kurang mampu menyajikan proses pembelajaran maksimal 6 orang (…%).
Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan IT  untuk administrasi  pembelajaran yaitu melalui pelatihan penggunaan ITi. Melalui pelatihan Penggunaan IT  oleh kepala sekolah, guru akan lebih meningkatkan kompetensinya dalam menyusun administra   pembelajaran.

R. Tujuan

Tujuan diadakannya  pelatihan  penggunaan IT  yaitu:
- Meningkatkan kompetensi guru menggunakan IT dalam pembelajaran 
- Meningkatkan kompetensi guru menyusun administrasi pembelajaran 
S. Indikator
- Meningkatnya kemampuan guru menggunakan IT dalam pembelajaran
- Meningkatnya  kompetensi guru  menyusun administrasi pembelajaran


T. Hasil Yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan setelah diadakan pelatihan menggunakan IT adalah;
- Guru mampu menggunakan IT dengan benar 
- Guru mengerjakan administrasi pembelajaran lengkap 


U. Sumber Daya Yang Diperlukan

Dalam kegiatan pelatihan  menggunakan IT  ini  sumber daya yang diperlukan  antara lain :
- Tempat : ruang kelas
- Alat : meja kursi, LCD, laptop, listrik 
- Waktu : Sabtu dan Senin tanggal 3 dan 5 Agustus 2023
- Peserta : semua guru SD Negeri 3 Kloposawit
- Dan : BOS
G. Langkah-langkah Kegiatan

10. Persiapan
Membuat instrument pengamatan dan penilaian tentang kompetensi penggunaan IT 

11. Pelaksanaan

Pada pertemuan pertama yaitu pada hari Sabtu tanggal 3 Agustus 2023  adalah menyarankan guru untuk membawa IT atau leptop, kemudian guru yang sudah mampu menguasai IT menularkan kemampuannya kepada guru yang belum menguasai IT secara perorangan, Hal ini dilakukan selama 2 pertemuan atau dua minggu 
 Pertemuan berikutnya yaitu hari Senin tanggal 5 Agustus 2023  karena guru sudah mulai mampu menggunakan IT , guru mulai latihan membuat administrasi pembelajaran, dengan bimbingan secara bertahap bertahap.

12. Monitoring dan Evaluasi

Monitoring yang dilakukan adalah mengamati pelaksanaan pelatihan mulai persiapan , pelaksanaan,dan hasil akhir pelatihan menggunakan IT .


13. Refleksi

Kepala sekolah bersama guru mengadakan kolaborasi untuk menemukan kekurangan kekurangan selama proses pelaksanaan pelatihan penggunaan IT


V. Penutup
Kompetensi guru dalam menggunakan IT untuk menyusun administrasi pembelajaran sangat diperlukan karena akan mempermudah guru itu sendiri dalam malaksanakan tugasnya.. Kepala sekolah sebagai penyelenggara pendidikan di sekolah mengadakan pelatihan penggunaan IT mengubah guru yang pada awalnya belum berkompetensi menggunakan IT menjadi mampu menggunakannya sehingga guru dengan mudah menyusun administrasi pembelajaran .



Mengetahui Surakarta, 22 Juli 2023


Pengajar     



RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH
TAHUN 2023
NamaKepalaSekolah       :
Unit Kerja :
Prov./Kab/Kota :
WaktuPelaksanaan :

W. Judul Program PengembanganSekolah

Peningkatan Kompetensi Guru dalam penggunaan TIK sebagai media pembelajaran melalui KKG di SDN 1 ............, Prembun,Kebumen

X. LatarBelakang

Tujuan Pendidikan Nasional berdasarkan UU RI 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas mengandung empat aspek utama, yaitu:
1. Membentuk manusia beriman, bertaqwa, berakhlak mulia
2. Cerdas, menguasai IPTEK danSeni
3. Sehat, memilikikebugaran
4. Menjadi Warga negara yang cinta tanah air, demokratis dan bertanggung jawab
Dijelaskan pula dalam Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional (butir 9) menyatakan bahwa pengadaan dan pendayagunaan sumber daya pendidikan dilaksanakan oleh pemerintah, masyarakat dan atau keluarga. Hal ini bermakna tanggungjawab penyelenggaraan, pembinaan dan pengembangan pendidikan berada pada ketiga unsur dimaksud.
Undang- undang No 22 tahun 1999 tentang otonomi daerah berimbas pada otonomi pendidikan. Pemerintah memberikan kewenangan luas kepadal embaga pendidikan dan penyelenggara pendidikan  untuk mengembangkan pendidikan pada masing- masing sekolah, namun tetap dalam koridor Pendidikan Nasional.
Untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut, lembaga pendidikan dalam hal ini Sekolah Dasar perlu merumuskan Rencana Pengembangan Sekolah (RPS).
Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) adalah suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan sekolah yang tepat, melalui urutan  pilihan, dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia. RPS adalah dokumen tentang gambaran kegiatan sekolah di masa depan dalam rangka untuk mencapai perubahan / tujuan sekolah yang telah ditetapkan. Dengan adanya  RPS ini diharapkan untuk menggugah semangat juang untuk mewujudkan kinerja yang lebih baik, dan sebagai arah untuk mengimplementasikan tujuan pendidikan kedalam bentuk yang lebih operasional. Sehingga secara terpogram dan rencana tujuan pendidikan akan tercapai.

Y. Tujuan
1. Menjamin agar tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil
2. Mendukung koordinasi antar pelaku sekolah
3. Menjamin terciptanya integritas, sinkronisasi, dan sinergi, baik antar pelaku sekolah, antara sekolah, dan dinas pendidikan kab/ kota.
4. Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, pengaggaran, pelaksanaan dan  pengawasan
5. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat
6. Menjamin tercapainya penggunaan sumberdaya  secara efisien, efektif, berkeadilan, dan berkelanjutan
Z. Indikator
1. Meningkatnya semangat guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.
2. Meningkatnya kemampuan Guru menggunakan TIK dalam proses belajar mengajar.
3. Meningkatnya antusias Siswa lebih dalam mengikuti proses belajar mengajar
4. Hasil nilai Standar Kelulusan siswa kelas 6 meningkat dari tahun ajaran sebelumnya.
AA. Hasil Yang Diharapkan
1. Proses belajar mengajar lebih efisien dan efektif
2. Guru terampil menggunakan TIK dalam proses belajar mengajar.
3. Perolehan nilai siswa di atas KKM.
4. Perolehan nilai rata – rata UN meningkat
5. Peringkat UN tingkat kecamatan meningkat,dari ranking 10 menjadi 6 besar.
BB. Sumber Daya Yang Diperlukan
a. Nara sumber TIK untuk mengampu dalam kegiatan KKG
b. Pembiayaan
c. Media pembelajaran berupa Laptop,LCD beserta perlengkapannya.
CC. Langkah-langkah Kegiatan
14. Persiapan
- Sosialisasi Rencana Kegiatan 
- Pembentukan Panitia pelaksanaan KKG
- Penyusunan Proposal Kegiatan
- Pengadaan LCD, Latop, Layar, Kabel data, sound sistem
- Persiapan administrasi kegiatan
- Buat undangan
15. Pelaksanaan
Kegiatan KKG di SD Negeri  ............ dalam rangka upaya meningkatkan komampuan guru memilih bahan ajar yang relevan .
Hari, tanggal Sabtu - Senin, tanggal 3 , 5 dan 6 Agustus 2023.
Waktu, jam 13:00-15:00 WIB
16. Monitoring dan Evaluasi
Adapun tujuan utama dari kegiatan monitoring dan evaluasi adalah untuk:
1. mengetahui tingkat keterlaksanaan program; 
2. mengetahui keberhasilan program;
3. bahan masukan dalam perencanaan pembinaan sekolah tahun berikutnya.
4. melakukan pembinaan bagi sekolah agar pada tahun berikutnya diperoleh hasil yang lebih baik/meningkat secara signifikan
5. mengidentifikasi dan menjustifikasi item-item program yang belum dapat terlaksana secara optimal.

17. Refleksi
Kondisi ideal yang diharapkan setelah kegiatan KKG:
- Guru mampu menggunakan TIK sebagai media dalam pembelajaran sehingga prestasi siswa meningkat .
DD. Penutup
Kompetensi Guru dalam dalam penggunaan TIK sebagai media pembelajaran di SD N  ............,  merupakan pedoman bagi kepala sekolah dalam mengawasi pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Progam Rencana Pengembangan Sekolah melalui KKG di SD Negeri  ............ disusun selaras dengan visi, misi dan tujuan pendidikan di sekolah. Program yang disusun diarahkan pada layanan professional kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut,sekolah perlu meningkatkan mutu pelayanan pendidikan melalui penggunaan TIK sebagai media pembelajaran.

Surakarta, 23 Juli 2023
Pengajar Penyusun





Y



RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH BERDASARKAN 8 SNP

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMANFAATKAN TIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI WORKHOP DI SD NEGERI 2 ............
  KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN
TAHUN PELAJARAN 2023/2020


Disusun  Sebagai Tugas Akhir Kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah
PadaTanggal :16 S.D 23 Juli 2023


 
                                 NAMA              : SUNARNO,S.Pd
                                UNIT KERJA   : SD NEGERI 2 ............
                                 NIP                   : 19641127 198610 1 003



DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KEBUMEN
2023 
B. Aktivitas Pembelajaran  3.  
Tugas 3. Membuat Rencana Kegiatan Pengembangan Sekolah berdasarkan 8 SNP

Tujuan Penugasan
Setelah mengikuti aktivitas pembelajaran ini, Saudar diharapkan dapat membuat rencana kegiatan pengembangan sekolah

Petunjuk Penugasan
5. Secara individu, Cermati kembali LK-02, fokuslah pada kolom rencana pengembangan sekolah sendiri
6. Pilihlah satu indikator pada salah satu SNP yang akan Saudara kembangkan menjadi rencana Kegiatan Pengembangan sekolah pemenuhan 8 SNP
7. Cermatilah rambu-rambu penulisan  rencana Kegiatan pengembangan sekolah pemenuhan 8 SNP yang terdapat pada lampiran 1.
8. Buatlah rencana Kegiatan Pengembangan sekolah pemenuhan 8 SNP menggunakan format LK-03 berikut ini.


LK-03. Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah

RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH
TAHUN 2023



Nama Kepala Sekolah
Unit Kerja
Prov./Kab/Kota : Jawa Tengah / Kebumen
Waktu Pelaksanaan : Tanggal 3 dan 4 Agustus 2023
EE. Judul  Program Pengembangan Sekolah
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMANFAATKAN TIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI WORKHSOP DI SD NEGERI 2 .............
TAHUN 2023


FF. Latar Belakang 
Pada awalnya  keadaan di SD Negeri 2 ............ memang kurang maksimal dalam peningkatan mutu pembelajaran, jumlah siswanya cukup banyak yaitu seratus enampuluh dua sedangkan gurunya 3 orang guru senior dan hampir pensiun, 2 orang guru senior dan 3 orang guru GTT, Siswa sebagian besar tinggal bersama nenek karena orang tuanya sedang mencari nafkah di luar kota bahkan ada yg di luar negeri.Secara geografis lingkungan siswa berada di daerah pegunungan.
Kenyataan yang ada di SD Negeri 2 ............ sebagian gurunya belum menggunakan alat peraga secara maksimal,bukan karena alat peraganya tidak ada,sebetulnya alat peraga sudah ada bahkan boleh dikategorikan lengkap hanya dalam penyimpanan atau pemeliharaan belum maksimal
Untuk mencapai keberhasilan guru dalam pembelajaran di kelas maka 
kami ingin mengadakan pelatihan,diantaranya pelatihan penggunaan IT.
Menurut Permendikbub No 20 tahun 2016 tentang kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah yang di gunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi ,proses dan penilaian.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka kami berusaha menambah wawasan kepada semua guru dengan cara mengikuti pelatihan mengoperasikan IT setiap hari sabtu setelah pembelajaran selesai.

GG. Tujuan
Tutuan yang ingin dicapai dengan kegiatan ini adalah :
      1.Untuk meningatkan kompetensi guru dalam memilih media 
         pembelajaran secara tepat.
      2.Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran 
         berbasis Powerpoint.
      3.Untuk meningkatkan kemampuan guru untuk mengimplementasikan media 
         Powerpoint dalam microteacing.
HH. Indikator
Adapun indicator yang ingin dicapai adalah :
1.Meningkatnya kompetensi guru dalam memilih media pembeljaran secara 
   tepat .
 2.Meningkatnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran 
     berupa Powerpoint.
 3.Meningkatnya kemampuan guru dalam  mengimplementasikan media  
    Powerpoint dalam microteacing.

II. Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan setelah diadakan pelatihan adalah;
1.Guru dapat memilih media pebelajaran secara tepat.
2.Guru dapat membuat media pembelajaran berbasis Powerpoint.
3.Guru dapat mengimplementasikan media powerpoint dalam microteacing.


JJ. Sumber Daya Yang Diperlukan
1.Nara Sumber : Kepala Sekolah, Panitia Pelaksana
2.Material : ruang kelas, LCD, Laptop, kabel listrik.
3.Anggaran : biaya konsumsi
KK. Langkah-langkah Kegiatan
18. Persiapan
a.Sosialisasi rencana pengembangan sekolah
           b.Koordinasi pelaksanaan pengembangan sekolah.
           c.Memberikan motifasi kepada semua warga sekolah yang erlibat dalam 
             pengembangan sekolah.
         d.Persiapan workshop 
19. Pelaksanaan
Hari, tanggal : Sabtu, tanggal 3, dan 4 Agustus 2023
Waktu : 6 JP.@ 45 menit.
No waktu jam materi pengampu
1 10.00 – 10.15 1 Sambutan Panitia Panitia 
2 10.15 – 11.45 2 Pengenalan komputer -Pengawas 
-Kep Sek
3 11.45 - 12.15 - Istirahat
4 12.15 – 13.30 3 Pembuatan Powerpoint -Pengawas
-Kep Sek

20. Monitoring dan Evaluasi
a.Nama kegiatan : Rencana pengembangan sekolah.
b.Alasan kegiatan : Untuk melaksanakan rencana tindak lanjut Diklat    
                                       Penguatan Kepala Sekolah.    
 c.Tempat kegiatan : SDN 2 ............
 d.Sasaran : Guru SDN 2 ............

21. Refleksi
a.Dari hasil worshop guru mampu melaksanakan pembelajaran dengan IT,    
   sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif.
b.Guru akan percaya diri sehingga lebih aktif dalam kegiatan 
   pembelajaran.
c.Kepala sekolah mendampingi guru dalam bentuk supervise.
LL. Penutup
Betapa pentingnya media pembelajaran dalam kegiatan proses belajar mengajar, maka Kepala Sekolah mengadakan workhop ini sebagai salah satu bentuk untuk meningkatkan kompetensi pendidik dalam menggunakan IT dalam pembelajaran.

Mengetahui, Surakarta, 22 Juli  2023
Pengajar Peserta Diklat

RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH

NamaKepalaSekolah :
Unit Kerja :
Prov./Kab/Kota :
WaktuPelaksanaan :

A. .Judul Program  Pengembangan Sekolah
Peningkatan Kompetensi Guru dalam penggunaan TIK melalui kegiatan Workshop di SD Negeri ............
B .Latar Belakang
Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik atau guru. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Salah satu indikator kompetensi pedagogik adalah menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dan menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran .
 Kenyataan di  Sekolah Dasar Negeri ............ menunjukkan bahwa sebagian besar guru belum mampu menggunakan IT. 
Untuk memecahkan masalah di atas kepala sekolah bermaksud melaksanakan  pelatihan TIK melalui kegiatan KKG untuk meningkatkan  pengetahuan dan keterampilan guru dalam penggunaan IT. 
Dengan kegiatan pengembangan sekolah di atas diharapkan terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan IT dalam pembelajaran. Sehingga kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru menjadi efektif dan efisien. Dengan demikian peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

C.Tujuan :
1. Sekolah dapat meningkatkan motifasi guru di bidang TIK sehingga dapat memperbaiki mutu pendidikan di sekolah
2. Guru mampu menulis Word , Excel, Power point dan memanfatkan IT
D.Indikator Keberhasilan
    Dengan kegiatan pelatihan TIK,guru mampu mengoperasikan IT berikut :
1. Dipahaminya konsep media pembelajaran berbasis TIK
2. Guru dapat memanfaatkan dan mengoperasikan peralatan IT
3. Dipahaminya teknik  pembelajaran dengan memanfaatkan TIK
4. Guru mampu melaksanakan PBM dengan menggunakan TIK.
E.Hasil Yang Diharapkan
    Hasil yang diharapkan dalam kegiatan pengembangan sekolah ini adalah:
a. Guru memahami konsepmedia pembelajaran berbasis TIK
b. Guru memahami teknik  media pembelajaran berbasis TIK
c. Guru dapat memanfaatkan IT untuk mencari materi pembelajaran
d. Guru menggunakan IT untuk melaksanakan PBM.
F.Sumber Daya yang diperlukan
a. Sumber daya manusia
1. Kepala sekolah
2. Pendidik/Guru
3. Nara Sumber
4. Pengawas Sekolah
5. Petugas perpustakaan
6. Tenaga Administrasi
b.Sumberdaya nonmanusia
Laptop, LCD, Sound Sytem, kertas, pulpen, dan alat tulis lainnya
G.Langkah Langkah Kegiatan
Rencana pengembangan sekolah ini dilaksanakan dengan langkah-langkah :
1. Persiapan
a. Sosialisasi Rencana Program Kegiatan Pengembangan Sekolah tgl 25 Juli 2023
b. Pembentukan Panitia Kegiatan Kegiatan KKG  tgl 26 Juli 2023
c. Menyusun jadwal kegiatan tgl 26 Juli 2023
d. Pembuatan RAB kegiatan 26 Juli 2023
e. Persiapan tempat dan sarana prasarana tgl1 Agustus 2023
f. Pelaksanaan Kegiatan tgl 6-7 Agustus 2023
g. Monitoring dan refleksi Kegiatan tgl 8-10 Agustus 2023
h. Praktek penerapan kerja tgl 12-14 Agustus 2023 
i. Evaluasi tgl 15Agustus 2023 sampai dengan 20 Agustus 2023
j. Tindak lanjut 15 Agustus 2023 sampai dengan 20 Agustus 2023
2. Pelaksanaan
a. Melaksanakan regristrasi peserta.
b. Membuka kegiatan KKG
c. Mengawal pelaksanaan KKG  dengan sepenuh hati.
d. Memfasilitasi brainstorming ( proses berfikit literal ) dan apersepsi pentingnya penggunaan IT menulis Word , Excel, Powerpoint, Internet
e. Melakukan pretes
f. Memfasilitasi pembelajaran tentang penggunaan IT dengan sabar.
g. Memberikan kesempatan guru untuk mensimulasikan penggunaan IT dengan mandiri.
h. Melakukan postes.
i. Memberikan pendampingan dan pembimbingan kepada guru-guru dalam menerapkan keterampilan penggunaan IT saat pembelajaran
j. Menindaklanjuti KKG dengan cara melakukan observasi ketika guru menggunakan IT dalam pembelajaran.
3. Monitoring & Evaluasi
a. Monitoring  keterlaksanaan program (instrumen monitoring).
b. Evaluasi ketercapaian tujuan (instrument evaluasi).
4. Refleksi
a. Mencermati setiap tahapan yang telah dilakukan.
b. Mencermati hasil monev
c. Menganalisis hasil yang belum dicapai
d. Menindaklanjuti hasil monitoring yang masih perlu ditingkatkan
5. Tindak Lanjut
Jika hasil refleksi belum mencapai indicator keberhasilan yang telah ditetapkan, maka disusun rencana tindak lanjut secara mandiri dan berkelanjutan berdasarkan kelemahan atau kekurangan. Jika hasil refleksi telah mencapai indikator yang ditetapkan maka pengembangan sekolah ini dapat dinyatakan berhasil dan telah selesai namun apabila belum mencapai indicator yang telah ditetapkan maka belum dikatakan berhasil maka perlu dilakukan kembali.
H.Penutup
Demikian rencana pengembangan sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan IT melalui kegiatan KKG di SD Negeri ............  Harapan kami rencana ini dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien sehingga tujuan rencana pengembangan sekolah ini dapat tercapai dan kompetensi pedagogik guru menjadi meningkat.

Surakarta, 22 Juli  2023
Pengajar Diklat Peserta

Post a Comment