RANGKUMAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA 4 KELUARGAKU, LEMBAR KERJA SISWA DAN LATIHAN EVALUASINYA

RANGKUMAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA 4 KELUARGAKU, LEMBAR KERJA SISWA DAN LATIHAN EVALUASINYA

Contents [Show Up]

RANGKUMAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA 4 KELUARGAKU, LEMBAR KERJA SISWA DAN LATIHAN EVALUASINYA

semangat mendidik dan mengajarkan pengetahuan pada anak didik harus selalu tertanam di hati dan mendasari semangat kita untuk ikut menjaga kualitas generasi penerus bangsa yang masih kecil kecil. Materi pelajaran yang sangat banyak, harus bisa kita membuat rangkumannya, karena kalau tidak maka inti pelajaran akan sangat sulit dipamami oleh siswa siswi.

Memang saat sekarang sekolah sekolah sedang menggunakan Kurikulum Merdeka yang pada intinya kurikulum merdeka belajar dilakukan dengan lebih fleksibel dan berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter peserta didik, membebaskan cara penyampaian materi dan membebaskan kreatifitas guru dan peserta didik untuk aktif berkreasi berinovatif dalam mendalami Muatan Pelajaran tertentu, dengan mengedepankan profil pelajar pancasila.

RANGKUMAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA 4 KELUARGAKU, LEMBAR KERJA SISWA DAN LATIHAN EVALUASINYA

Kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, di mana konten belajar akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk menguatkan kompetensi.

Pada pelaksanaannya, guru lebih memiliki keleluasaan dalam memilih perangkat mengajar sehingga proses pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.


Karakteristik khusus dalam Kurikulum Merdeka adalah: 

1. Pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk mengembangkan soft skills dan karakter sesuai profil belajar Pancasila yaitu: mengexplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, dan pengembangan enam dimensi profil pelajar pancasila (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif.


2. Berfokus pada materi esensial dengan mendalami kompetensi dasar literasi dan numerasi. (mendalami tema tema atau isu penting, seperti gaya hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, kewirausahaan, budaya , tekhnologi, demokrasi dan berkebhinekaan global.


3. Fleksibilitas bagi guru dalam melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal, dengan aksinyata sebagai respon terhadap isu isu yang ada.



Rangkuman ini sudah disesuaikan dengan materi yang ada pada tema tema yang ada dan kebutuhan siswa kelas 1.


Dalam artikel ini kami sajikan rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 1 pada semester 1 Tema 4 Keluargaku, semoga dapat membantu Bapak/Ibu Guru, Orang Tua yang mau membimbing anak-anaknya tentang materi ini. 

InsyaAlloh rangkuman ini cukup lengkap karena diambil dari beberapa buku sebagai referensi dan daftar pustaka, sebagai dasar membuat rangkuman, sehingga perpaduan dan saling melengkapi antara satu buku dengan buku lainnya.




Kompetensi Inti

1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.

3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar

3.8. Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah

4.8. Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis

3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah

4.9  Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulis

3.10 Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah

4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah keluarga.

Indikator

3.8.1 Menunjukkan ungkapan terima kasih lisan atau tulisan dengan tepat.

3.8.2 Menunjukkan ungkapan permintaan tolong.

4.8.1 Menggunakan ungkapan terima kasih lisan atau tulisan dengan tepat.

4.8.2 Menggunakan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulisan dengan tepat.

3.9.1 Menunjukkan kosakata dan ungkapan perkenalan keluarga inti lisan  atau tulisan.

3.9.2 Menunjukkan penggunaan kosakata dan ungkapan perkenalan keluarga inti dalam suatu kalimat .

4.9.1 Mempraktikkan cara memperkenalkan anggota keluarga inti dari gambar/foto yang dibawa siswa, secara lisan.

3.10.1 Mengidentifkasi kosakata tentang hubungan kekeluargaan dari kalimat sederhana yang diberikan oleh guru.

4.10.1 Menjawab pertanyaan tentang nama ayah, ibu dan kakak atau adik.


Tujuan Pembelajaran

Sub Tema 1 Anggota Keluargaku

1. Dengan mendengarkan lagu dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menyanyikan lagu dengan tinggi rendah suara yang tepat dengan penuh percaya diri.

2. Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan isi lagu dengan tepat dan santun.

3. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan tata cara perkenalan diri dengan tepat.

4. Dengan mengamati contoh yang diperagakan oleh guru, siswa dapat mempraktikkan perkenalan diri dan anggota keluarga inti dengan santun dan percaya diri.

5. Dengan mengamati foto keluarga, siswa dapat mengenalkan keluarga inti melalui tulisan dengan teliti.

6. Dengan menyusun tulisan, siswa dapat menceritakan pengalaman berolahraga bersama keluarga.

7.  Melalui tanya jawab dan kerja sama dengan teman, siswa dapat menuliskan nama anggota keluarga salah satu teman dengan tepat.

8.  Dengan membaca nyaring, siswa dapat menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga dengan percaya diri.

Sub Tema 2 Kegiatan Keluargaku

1.  Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.

2.  Dengan menyusun percakapan, siswa dapat menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.

3.  Dengan mendengarkan cerita guru, siswa dapat menjelaskan kegiatan yang biasa dilakukan keluarga dengan benar.

4.  Dengan melakukan simulasi percakapan, siswa dapat menggunakan ungkapan permintaan tolong dan terima kasih dengan santun.

5.  Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.

6.  Dengan mempraktikkan percakapan, siswa dapat menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun dan percaya diri.

7.  Dengan melengkapi teks percakapan, siswa dapat melengkapi teks percakapan dengan menggunaan ungkapan tolong dan terima kasih dengan tepat.

8.  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan percaya diri.

9.  Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mempraktikkan cara meminta izin kepada orang tua jika hendak bermain keluar rumah.


Sub Tema 3 Keluarga Besarku

1.  Dengan membaca teks, siswa dapat membaca teks tentang keluarga besar dengan lancar.

2.  Dengan mengamati gambar di buku siswa, siswa dapat memberikan tanggapan dengan menggunakan bahasa yang santun.

3.  Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi anggota keluarga besar dengan benar.

4.  Dengan melihat gambar, siswa dapat memasangkan gambar dan nama anggota keluarga besar dengan benar.

5.  Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengisi tabel daftar keluarga di rumah dengan benar.

6.  Dengan mengamati contoh, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarganya di depan kelas dengan benar dan jelas .

7.  Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarga besarnya dengan kosakata yang baik dan benar.

8.  Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan baik dan benar.

9.  Dengan membaca teks mengenai keluarga besar, siswa dapat menceritakan kegiatan bersama keluarga besarnya dengan tepat dan percaya diri.

10.  Dengan memilih kata yang tepat, siswa dapat menggunakan kosakata perkenalan dengan baik.

11.  Dengan memasangkan kosakata perkenalan, siswa dapat  menggunakan kalimat perkenalan yang benar.

12.  Dengan mempraktikkan cara memperkenalkan anggota keluarga besar, siswa dapat  memperkenalkan anggota keluarga dari gambar/foto yang dibawa siswa secara lisan dengan benar.

13.  Dengan melakukan bermain peran keluarga, siswa dapat memahami kedudukan keluarga dengan benar.

Sub Tema 4 Kebersamaan Dalam Keluarga

1.  Dengan menyanyikan lagu kasih ibu, siswa dapat mengungkapkan ungkapan pujian, baik secara lisan maupun tulisan dengan baik.

2.  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menunjukkan kosa kata ungkapan terima kasih lisan atau tulis dengan tepat.

3.  Dengan mengamati gambar siswa dapat menunjukkan kosa kata ungkapan permintaan tolong dengan tepat.

4.  Dengan memasangkan gambar dan ungkapan yang tepat, siswa  dapat menunjukkan ucapan terima kasih dan permintaan tolong menggunakan kalimat yang baik dan benar.

5.  Dengan memasangkan gambar dan ungkapan yang tepat, siswa dapat menggunakan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulis dengan tepat.

6.  Dengan membaca ungkapan terima kasih, siswa dapat menunjukkan ungkapan terima kasih benar.

7.  Dengan latihan menulis ungkapan permintaan tolong, siswa dapat menggunakan ungkapan permintaan tolong dengan tepat.

8.  Dengan menulis tulisan di kertas (membuat poster) siswa dapat menuliskan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan kebersihan rumah dengan benar.

9.  Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan ungkapan terima kasih secara lisan atau tulis dengan tepat.

10.  Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan ungkapan pujian secara lisan dengan tepat.

TEMA 4 : KELUARGAKU 

Sub Tema 1 Anggota Keluargaku

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mendengarkan lagu dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menyanyikan lagu dengan tinggi rendah suara yang tepat dengan penuh percaya diri.

2. Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan isi lagu dengan tepat dan santun.

3. Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan tata cara perkenalan diri dengan tepat.

4. Dengan mengamati contoh yang diperagakan oleh guru, siswa dapat mempraktikkan perkenalan diri dan anggota keluarga inti dengan santun dan percaya diri.

5. Dengan mengamati foto keluarga, siswa dapat mengenalkan keluarga inti melalui tulisan dengan teliti.

6. Dengan menyusun tulisan, siswa dapat menceritakan pengalaman berolahraga bersama keluarga.

7.  Melalui tanya jawab dan kerja sama dengan teman, siswa dapat menuliskan nama anggota keluarga salah satu teman dengan tepat.

8.  Dengan membaca nyaring, siswa dapat menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga dengan percaya diri.



SUB TEMA 1

ANGGOTA KELUARGAKU

 

Aku memiliki keluarga bahagia.

Ada ayah, ibu, dan kakak.

Kami memiliki kesukaan yang berbeda.

Kami memiliki kegiatan yang berbeda.

Kami saling menyayangi.


menyanyi bersama

Sayang Semuanya

Ciptaan: Bu Kasur


Satu-satu aku sayang ibu

Dua-dua aku sayang ayah

Tiga-tiga sayang adik kakak

Satu dua tiga sayang semuanya


Apa isi lagu tersebut? 

Siapa yang disayangi?


Ayo Membaca

 

ini sa ya

i  ni sa ya

ini sa ya


ini ibu sa ya

i  ni I   bu sa ya

ini ibu sa ya


ini ba  pak sa ya

i  ni ba    pak sa ya

ini ba  pak sa ya


ini ka   kak sa ya

i  ni ka   kak sa ya

ini ka   kak sa ya


 

 


Coba Praktikan Di Depak Kelas

Ucapkan salam.

Sebutkan namamu.

Sebutkan nama ayahmu.

Sebutkan nama ibumu.

Jika ada, sebutkan nama adik atau kakakmu.




ayo baca dengan lafal yang tepat coba bacalah dengan  nyaring

d da di du de do

r ra ri ru re ro

s sa si su se so

k ka ki ku ke ko

l la li lu le lo

j ja ji ju je jo


ja ri

ja ri

ja ri


ka do

ka do

ka do

bu ku

bu ku

bu ku


su su

su su

su su


Bacalah kata kata di bawah ini 

•a ba a bi a bu

•I bu I nu I tu

•na na na ma na ga

•I kan i man i wan

•ba ju bi ru bu ru

•ma ju ma lu ma du

•mu ka mu da mu la


Lanjutkan membaca

ba bi bu ba bi bu ba bi bu ba bi bu

a      ba a     mi a       na a       pi

i       bu i      ma i        ni i         pa

u      bi u     mi u       na u       pi

ba    nu ba    pa bi    ma ma     ma

ma    ma mi    mi ma    ta bo    la


coba salinlah di bukumu

ini ibu nina

ima mau ubi

iman minum

bima mana

mina main




 

Lembar Kerja Siswa

KELAS 1 TEMA 4 SUBTEMA 1

Tuliskan nama keluargamu.

Namaku ....

Nama ayahku ....

Nama ibuku ...

Nama Adiku….

Nama Kakaku….

Soal Pilihan Ganda

1. Kita harus . . . sebelum melakukan kegiatan.

a. berdoa

b. bernyanyi

c. bermain


2. Gambar berikut menunjukkan aturan sebelum ke sekolah, yaitu . . . .

a. makan

b. mandi

c. berdoa

3. Cici mempunyai adik bernama Buyung.

Huruf konsonan pada nama Buyung adalah ....

a. B, N, dan G

b. B, Y, N, dan G

c. B, Y, dan N


4. Nama lengkap disebut juga ....

a. Nama panjang 

b. Nama panggilan

c. Nama angkat


5. Urutan huruf setelah O adalah ....


a. f

b. n

c. p

 

Kunci jawaban

1. a

2. c

3. b

4. a

5. c


Evaluasi Tema 4 Sub Tema 1

Silang (x) lah kotak yang benar

 





















Kunci Jawaban

Evaluasi Tema 4 Sub Tema 1

1. Nani

2. Buku

3. Paman

4. Ubi

5. Bermain



Tema 4 Sub Tema 2

Kegiatan Keluargaku
Kegiatan Keluargaku

Tujuan Pembelajaran

1.  Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.

2.  Dengan menyusun percakapan, siswa dapat menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.

3.  Dengan mendengarkan cerita guru, siswa dapat menjelaskan kegiatan yang biasa dilakukan keluarga dengan benar.

4.  Dengan melakukan simulasi percakapan, siswa dapat menggunakan ungkapan permintaan tolong dan terima kasih dengan santun.

5.  Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun.

6.  Dengan mempraktikkan percakapan, siswa dapat menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan santun dan percaya diri.

7.  Dengan melengkapi teks percakapan, siswa dapat melengkapi teks percakapan dengan menggunaan ungkapan tolong dan terima kasih dengan tepat.

8.  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menggunakan ungkapan tolong dan terima kasih dengan percaya diri.

9.  Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mempraktikkan cara meminta izin kepada orang tua jika hendak bermain keluar rumah.



SUB TEMA 2

KEGIATAN KELUARGAKU

 

Membaca

Anggota keluarga memiliki kegiatan yang berbeda.

Pekerjaan seorang ayah setiap hari berbeda beda

Ada yang pergi ke kantor

Ada yang pergi ke lading atau kebun

Ada yang pergi berdagang

Ada yang pergi ke sawah

Dan masih banyak lagi pekerjaan ayah


Pekerjaan Ibu juga bermacam-macam

Ibu menyiapkan makanan untuk keluarga.

Ibu juga ada yang pergi ke kantor

Ibu juga ada yang pergi ke pasar untuk berdagang

Dan masih banyak lagi pekerjaan Ibu


Anak berangkat ke sekolah

Anak juga berangkat mengaji

Anak juga belajar di rumah

Anak juga bermain

Anak juga membantu orang tua

Semua anggota keluarga saling membantu.

Pekerjaan pun jadi lebih ringan


Tuliskan kegiatan makan pagi bersama keluargamu.

Pagi ini aku makan _________

Aku minum __________

Aku makan pagi bersama _________

Perasaanku ____________


ayo amati gambar kegiatan berikut

ucapkan dengan lafal yang tepat

 


cuci tangan         budi mandi

cu – ci ta – ngan            bu – di man – di

 

banu tidur                                      nina membaca

ba – nu     ti – dur                  ni – na        mem – ba – ca

 

Setelah membantu ibu dan ayah,

Siti berangkat ke sekolah.

Siti berpamitan kepada ibu dan ayah.

Siti mencium tangan ibu dan ayah.

Siti pulang dari sekolah.

Tiba di rumah, Siti mengucapkan salam.

Ibu menjawab salam Siti.

Siti mencium tangan ibu.


Kegiatan Bersih Bersih

 






Budi sedang membersihkan kaca

Nina sedang membersihkan meja 

Ibu sedang mengepel lantai


Lembar Kerja Siswa Tema 4 Sub Tema 2

Amati gambar di bawah ini

 


1  pak heri tinggal bersama ….

a.  anaknya saja

b.  istrinya saja

c.  istri dan anak anaknya


2  bu heri sedang membersihkan ….

a.  lemari 

b.  dinding 

c.  lantai


3  pak heri sedang….

a.  menulis surat

b.  membaca koran

c.  mencuci mobil


4  pak heri mempunyai anak….

a.  4 orang  

b.  3 orang  

c.  2 orang


Kunci Jawaban LKS 1

1. Istri dan anaknya

2. lemari

3. Membaca Koran

4. 2 orang

5. di



SUB TEMA 3

KELUARGA BESARKU

Tujuan Pembelajaran

1.  Dengan membaca teks, siswa dapat membaca teks tentang keluarga besar dengan lancar.

2.  Dengan mengamati gambar di buku siswa, siswa dapat memberikan tanggapan dengan menggunakan bahasa yang santun.

3.  Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi anggota keluarga besar dengan benar.

4.  Dengan melihat gambar, siswa dapat memasangkan gambar dan nama anggota keluarga besar dengan benar.

5.  Dengan mengamati contoh, siswa dapat mengisi tabel daftar keluarga di rumah dengan benar.

6.  Dengan mengamati contoh, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarganya di depan kelas dengan benar dan jelas .

7.  Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarga besarnya dengan kosakata yang baik dan benar.

8.  Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan baik dan benar.

9.  Dengan membaca teks mengenai keluarga besar, siswa dapat menceritakan kegiatan bersama keluarga besarnya dengan tepat dan percaya diri.

10.  Dengan memilih kata yang tepat, siswa dapat menggunakan kosakata perkenalan dengan baik.

11.  Dengan memasangkan kosakata perkenalan, siswa dapat  menggunakan kalimat perkenalan yang benar.

12.  Dengan mempraktikkan cara memperkenalkan anggota keluarga besar, siswa dapat  memperkenalkan anggota keluarga dari gambar/foto yang dibawa siswa secara lisan dengan benar.

13.  Dengan melakukan bermain peran keluarga, siswa dapat memahami kedudukan keluarga dengan benar

 


Keluarga Besarku

Keluarga Udin sedang berkumpul.

Ada ayah dan ibu.

Ada kakak dan adik sepupu.

Ada kakek dan nenek.

Ada pula paman dan bibi.

Apakah keluargamu juga suka berkumpul?

Silsilah Keluarga

 


ayo baca kata berikut 


a

abi

air

adik

arus

asal 

adik

ibu

b

bui

bara

bumi

bola

bapak

ibu

ida

ikan

imun

iran

gol

goa

gada

geri

guru



pia

paku

palu

poni

paman

paman

nama

nura

nona

noni

nenek


aku

adik

ayah

adik

bibi  

bapak

bunda

eyang 

kakak 

kakek 

nenek

opung 

paman

tante




Lembar Kerja siswa Tema 4 Sub Tema 3

Bacalah!


Pada hari minggu Aldo berkunjung ke rumah pamannya.

Paman Aldo bernama Pak Joko, serta bibinya bernama Bu Dewi.

Pak Joko adalah kakak dari ibunya Panji.

Pak Joko mempunyai anak laki-laki seumuran Panji, namanya adalah Raka.

Aldo senang bermain dengan Raka, mereka bermain dengan rukun.

Aldo dan Raka sering bertukar mainan, mereka sangat akrab sekali.


1. Siapakah nama paman Aldo?

a. Dewi

b. Raka

c. Joko


2. Bu Dewi adalah ….

a. Neneknya Aldo

b. Bibinya Aldo

c. Ibunya Aldo


3. Pak Joko adalah …. dari ibunya Aldo.

a. Kakak

b. Adik

c. Ayah


4. Aldo dan Raka jika bermain selalu ….

a. Ramai

b. Rukun

c. Berkelahi



5. Raka adalah saudara ….. Aldo.

a. Kandung

b. Sepupu

c. Tiri


6. Nenek adalah .… dari orang tua kita.

a. Ibu

b. Ayah

c. Adik


7. Orang yang melahirkan kita adalah ….

a. Ayah

b. Ibu

c. Bibi

 

8. Ibunya Andi mempunyai ayah bernama Pak Ruslan

Andi pun memanggil Pak Ruslan dengan sebutan ….

a. Nenek

b. Paman

c. Kakek


9. Saudara perempuan dari ayah atau ibu bisa kita panggil ….

a. Paman

b. Bibi

c. Kakak


10. Pak Jaya adalah kakak dari ayahnya Ratna

Ratna bisa memanggil Pak Jaya dengan panggilan ….

a. Paman

b. Kakek

c. Kakak


SUB TEMA 4

KEBERSAMAAN DALAM KELUARGA


Tujuan Pembelajaran

1.  Dengan menyanyikan lagu kasih ibu, siswa dapat mengungkapkan ungkapan pujian, baik secara lisan maupun tulisan dengan baik.

2.  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menunjukkan kosa kata ungkapan terima kasih lisan atau tulis dengan tepat.

3.  Dengan mengamati gambar siswa dapat menunjukkan kosa kata ungkapan permintaan tolong dengan tepat.

4.  Dengan memasangkan gambar dan ungkapan yang tepat, siswa  dapat menunjukkan ucapan terima kasih dan permintaan tolong menggunakan kalimat yang baik dan benar.

5.  Dengan memasangkan gambar dan ungkapan yang tepat, siswa dapat menggunakan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulis dengan tepat.

6.  Dengan membaca ungkapan terima kasih, siswa dapat menunjukkan ungkapan terima kasih benar.

7.  Dengan latihan menulis ungkapan permintaan tolong, siswa dapat menggunakan ungkapan permintaan tolong dengan tepat.

8.  Dengan menulis tulisan di kertas (membuat poster) siswa dapat menuliskan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan kebersihan rumah dengan benar.

9.  Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan ungkapan terima kasih secara lisan atau tulis dengan tepat.

10.  Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan ungkapan pujian secara lisan dengan tepat.

 



Banyak kegiatan dapat dilakukan 

bersama keluarga.

Menjalankan ibadah kepada Tuhan.

Berkunjung ke rumah saudara.

Membantu ibu memasak dan merapikan kebun.

Berlibur bersama atau merayakan hari ulang tahun.

Melakukan kegiatan bersama keluarga 

sungguh menyenangkan.


Menyanyi

Kasih Ibu

Karya S.M. Mochtar


Kasih ibu kepada beta.

Tak terhingga sepanjang masa.

Hanya memberi tak harap kembali.

Bagai sang surya menyinari dunia.






Yuk kita juga menulis. 


Kita menulis ucapan terima kasih 

untuk orang tua kita.

Tulis sebanyak sepuluh kali.

terima kasih ibu

…………………………………………………..

…………………………………………………..

…………………………………………………..

…………………………………………………..

…………………………………………………..


Mendengarkan Cerita\

berlibur ke rumah paman

namaku hana

waktu liburan telah tiba 

aku diajak pamanku berlibur di rumahnya

rumah pamanku di desa

halaman rumah paman sangat luas

di sana ditanami buah buahan

ada pisang dan pepaya

rambutan salak dan alpukat

aku pun sangat senang

buah buahan ada di sana


jawablah pertanyaan berikut

1  siapa yang mengajak hana berlibur

2  kemanakah hana diajak berlibur

3  bagaimana keadaan rumah paman

4  ditanami pohon apa saja di halaman rumah paman

5  mengapa hana sangat senang

Mendengarkan

Arahan tentang cara memperkenalkan diri

~ Mengucapkan salam pembuka.

~ Menyebutkan nama diri.

~ Menyebutkan nama ayah.

~ Menyebutkan nama ibu.

~ Menyebutkan nama kakak-adik (jika memiliki)

~ Mengucapkan terima kasih

~ Mengucapkan salam penutup.


baca kalimat berikut sesuai gambar

 






Hana pergi ke kebun buah

 


Hana memetik buah rambutan







Menulis

tulislah kalimat yang didiktekan gurumu 

tulislah dalam buku tugasmu


1  hana pergi berlibur

2  aji sedang bermain

3  dikdik makan pepaya matang

4  ima senang makan buah

5  bani berlibur di rumah paman


Tulislah pengalamanmu

1. Waktu liburan

…………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………

2. Waktu bermain

…………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………

3. Waktu membantu orang tua

…………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………



Lembar Kerja Siswa T4 Sub Tema 4

Silanglah a, b atau c yang kamu anggap paling benar!


1. Bersama dengan keluarga rasanya menjadi ….

a. senang

b. sedih

c. marah


2. Dengan anggota keluarga harus ….

a. berkelahi

b. rukun

c. diam


3. Contoh kegiatan bersama dengan keluarga adalah ….

a. makan malam

b. mandi

c. sekolah


4. Reno senang bermain bersama adiknya Ia selalu …. kepada adiknya.

a. sayang

b. nakal

c. curang


5. Ketika makan siang bersama kerluarga sebelum makan sebaiknya ….

a. tidur

b. berdoa

c. mandi

 

6. Adik Sinta belum bisa membaca Sinta sebaiknya …. adiknya

a. memarahi

b. mengajari

c. mengejek


7. Jika bangun tidur sebaiknya kamar kita harus ….

a. dikotori

b. dirapikan

c. difoto


8. Heri senang ketika foto dengan keluarganya Dani pun nampak ….

a. menangis

b. marah

c. tersenyum


9. Ketika di rumah setiap orang harus menjaga ….

a. kesunyian

b. keramaian

c. kebersihan


10. Ibu sedang keberatan membawa belanja, maka sikap kita sebaiknya ….

a. melihatnya

b. meninggalkannya

c. membantunya 


Kunci Jawaban LKS Tema 4 SubTema 4

1.  A

2.  B

3.  A

4.  A

5.  B

6.  B

7.  B

8.  C

9.  C

10. C



Lembar Kerja Siswa 2

1. Anggota keluarga kita di rumah contohnya adalah ....

a. Ayah, ibu dan kakak 

b. Guru, siswa dan pedagang 

c. Kakak, adik dan teman sekelas


2. Sesama anggota keluarga harus saling ….

a. Membenci 

b. Menyayangi 

c. Melukai


3. Memiliki keluarga adalah anugerah dari Tuhan yang harus kita ….

a. Syukuri 

b. Jauhi 

c. Sombongkan


4. Seorang ayah setiap hari bekerja untuk ….

a. Bermain-main 

b. Mencari nafkah 

c. Mencari ilmu


5. Ibu adalah sosok yang menyayangi kita dengan ….

a. Terpaksa 

b. Dibayar 

c. Setulus hati


6. Tulislah semua anggota keluargamu

1. …….

2. …….

3. …….

4. …….

5.



Kunci Jawaban

Lks 2

1. A

2. B

3. A

4. B

5. C

6. Nama nama anggota keluargaku

…….

…….

…….

…….

…….



EVALUASI TEMA 4  KELAS 1 SEMESTER 1 BAHASA INDONESIA

Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda X pada huruf a, b, atau c

1. Telinga digunakan untuk….

a. mendengar

b. melihat

c. berjalan

2. Kita melihat menggunakan….

a. mata

b. kaki

c. hidung

3. Anton bertemu bu guru sore hari, Anton mengucapkan….

a. selamat pagi

b. selamat siang

c. selamat sore

4. Saat berpisah dengan teman kita mengucapkan….

a. selamat malam

b. sampai jumpa

c. terima kasih

5. Ucapan selamat pagi diucapkan saat….

a. malam hari

b. sore hari

c. pagi hari


6. Adik menangis karena balonnya meletus. Balon meletus bunyinya….

a. darr

b. dorr

c. durr

7. Mama sedang menjemur pakaian. Pakaian dijemur agar….

a. bagus

b. kering

c. wangi

8. Kakak mengambil sapu lidi. Kakak akan menyapu….

a. lantai

b. halaman

c. ruangan

9. Buah yang bentuknya bulat adalah….

a. salak

b. pepaya

c. semangka

10. Ayah Toni sedang mengemudikan kereta api. Ayah Toni seorang….

a. sopir

b. pilot

c. masinis


11. Kakek naik kendaraan roda tiga. Kendaraan ini bisa dikayuh. Kendaraan ini namanya….

a. mobil

b. delman

c. becak

12. Suara dari ayam adalah….

a. wek-wek

b. petok-petok

c. gug-gug

13. Kucing itu bersuara….

a. mengeong

b. berkicau

c. berkokok

14. Membuang sampah harus di….

a. jalan

b. sungai

c. tempat sampah

15. Mencoret-coret tembok adalah perbuatan yang….

a. baik

b. tidak baik

c. mulia


16. Olahraga dapat membuat badan menjadi….

a. sehat

b. sakit

c. luka

17. Anak-anak bermain sepak bola di….

a. rumah

b. kelas

c. lapangan

18. Ibu membeli… di apotek.

a. obat

b. beras

c. baju

19. Hewan di bawah ini yang makan rumput adalah….

a. ayam

b. kucing

c. kerbau

20. Hewan yang punya sayap dan dapat bertelur seperti….

a. kambing

b. sapi

c. ayam



Soal isian

21. Hidung digunakan untuk….

22. Andi memegang buku menggunakan….

23. Ketika Ayah sakit dia berobat ke rumah….

24. Baju diseterika supaya….

25. Kursi adalah benda yang digunakan untuk….

26. Buku dan kotak pensil sebaiknya dimasukkan dalam….

27. Tempat untuk menyimpan baju adalah….

28. Pak tani membajak… dengan kerbau.

29. Binatang yang berkicau adalah….

30. Bunyi suara kambing adalah….


KUNCI JAWABAN EVALUASI

1. a

2. a

3. c

4. b

5. c

6. b

7. b

8. b

9. c

10. c

11. c

12. b

13. a

14. c

15. b

16. a

17. c

18. a

19. c

20. c


DAFTAR PUSTAKA

Dian Sukmawati dkk, Bahasa Indonesia : Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, Departemen Pendidikan Nasional, 2009

H. Suyatno dkk, IndahnyaBahasa dan Sastra Indonesia: Untuk SD/MI Kelas I, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

https://www.amongguru.com/materi-buku-paket-bse-bahasa-indonesia-kelas-1-sd-ktsp-2006/#comment-2946

Iskandar, Sukini, Bahasa Indonesia 1: Untuk Kelas 1 SD/MI, Departemen Pendidikan Nasional, 2009

Ismail Kusmayadi dkk, Belajar Bahasa Indonesia Itu Menyenangkan: untuk SD/MI 

Kelas I, Departemen Pendidikan Nasional, 2008

Mahmud Fasya dkk, Bahasa Indonesia 1: Untuk SD dan MI Kelas 1, Departemen Pendidikan Nasional, 2009

Muhammad Jaruki, Bahasa Kita Bahasa Indonesia, Untuk SD/MI Kelas 1, Departemen Pendidikan Nasional

Tahun 2008, 

Sri Hapsari, Nunung Kuraesin, Pintar Berbahasa Indonesia 1: Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah  Kelas I / penulis, Departemen Pendidikan Nasional, 2009

Titiek Tri Indrijaningsih dkk, Bahasa Indonesia 1 : Untuk Sekolah Dasar/MI Kelas 1, Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009

Umri Nur’aini dkk, Bahasa Indonesia: untuk SD/MI kelas I, Departemen

Pendidikan Nasional, 2008

Yeti Nurhayati, Bahasa Indonesia 1: Untuk SD dan MI Kelas 1, Departemen Pendidikan Nasional, 2009

Yusfina Hendrifiana, Panca Ariguntar, dan Lubna Assagaf, Diriku / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan 

dan Kebudayaan, 2017

Post a Comment