RANGKUMAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA 3 KEGIATANKU, LEMBAR KERJA SISWA DAN LATIHAN EVALUASINYA

RANGKUMAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA 3 KEGIATANKU, LEMBAR KERJA SISWA DAN LATIHAN EVALUASINYA

Contents [Show Up]
RANGKUMAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA 3 KEGIATANKU, LEMBAR KERJA SISWA DAN LATIHAN EVALUASINYA
semangat mendidik dan mengajarkan pengetahuan pada anak didik harus selalu tertanam di hati dan mendasari semangat kita untuk ikut menjaga kualitas generasi penerus bangsa yang masih kecil kecil. Materi pelajaran yang sangat banyak, harus bisa kita membuat rangkumannya, karena kalau tidak maka inti pelajaran akan sangat sulit dipamami oleh siswa siswi.
Memang saat sekarang sekolah sekolah sedang menggunakan Kurikulum Merdeka yang pada intinya kurikulum merdeka belajar dilakukan dengan lebih fleksibel dan berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter peserta didik, membebaskan cara penyampaian materi dan membebaskan kreatifitas guru dan peserta didik untuk aktif berkreasi berinovatif dalam mendalami Muatan Pelajaran tertentu, dengan mengedepankan profil pelajar pancasila.
RANGKUMAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA 3 KEGIATANKU, LEMBAR KERJA SISWA DAN LATIHAN EVALUASINYA



Kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, di mana konten belajar akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk menguatkan kompetensi.
Pada pelaksanaannya, guru lebih memiliki keleluasaan dalam memilih perangkat mengajar sehingga proses pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Karakteristik khusus dalam Kurikulum Merdeka adalah: 
1. Pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk mengembangkan soft skills dan karakter sesuai profil belajar Pancasila yaitu: mengexplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, dan pengembangan enam dimensi profil pelajar pancasila (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif.

2. Berfokus pada materi esensial dengan mendalami kompetensi dasar literasi dan numerasi. (mendalami tema tema atau isu penting, seperti gaya hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, kewirausahaan, budaya , tekhnologi, demokrasi dan berkebhinekaan global.

3. Fleksibilitas bagi guru dalam melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal, dengan aksinyata sebagai respon terhadap isu isu yang ada.


Rangkuman ini sudah disesuaikan dengan materi yang ada pada tema tema yang ada dan kebutuhan siswa kelas 1.

Dalam artikel ini kami sajikan rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 1 pada semester 1 Tema 3 Kegiatanku, semoga dapat membantu Bapak/Ibu Guru, Orang Tua yang mau membimbing anak-anaknya tentang materi ini. 
InsyaAlloh rangkuman ini cukup lengkap karena diambil dari beberapa buku sebagai referensi dan daftar pustaka, sebagai dasar membuat rangkuman, sehingga perpaduan dan saling melengkapi antara satu buku dengan buku lainnya.


Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar
3.7  Memahami  kosa kata bahasa  Indonesia  yang  berkaitan  dengan  peristiwa  siang  dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.8  Memahami   ungkapan   penyampaian   terima   kasih,   permintaan   maaf,   tolong,   dan pemberian  pujian,  ajakan, pemberitahuan,  perintah,  dan  petunjuk kepada  orang  lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.7 menyampaikan   penjelasan   dengan   kosakata   bahasa   Indonesia   berkaitan   dengan peristiwa  siang  dan  malam   melalui  teks  pendek  (gambar,  tulisan,  dan/atau  syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.8 mengucapkan   ungkapan    terima   kasih,   permintaan   maaf,   tolong,   dan   pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain  secara lisan dan tulisan  yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

Indikator
3.7.1  Mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam
4.7.1  Membuat kalimat sederhana tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam
3.8.1  Menunjukkan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulisan dengan tepat
4.8.1  Menggunakan ungkapan permintaan tolong lisan atau tulis dengan tepat

Tujuan Pembelajaran
Sub Tema 1
1. Dengan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.
2. Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat.
3. Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan pagi hari dengan tepat
4. Melalui kegiatan menjiplak siswa mampu menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari dengan tepat
5. Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan permintaan tolong yang ada dalam percakapan dengan tepat.
6. Melalui kegiatan bercakap-cakap siswa mampu memeragakan ungkapan permintaan tolong dengan tepat. 
7. Melalui kegiatan permainan peran siswa mampu mengungkapkan permintaan tolong dengan tepat
8. Melalui diskusi yang dikaitkan dengan kegiatan pagi hari siswa mampu mengidentifikasi ungkapan permintaan tolong dengan tepat

Sub Tema 2
1. Dengan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosa kata tentang kegiatan siang hari dengan tepat.
2. Dengan menggunakan kartu-kartu huruf siswa dapat menyusun kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat.
3. Melalui penjelasan guru dalam diskusi kelas siswa mampu. mengidentifikasi kebiasaan-kebiasaan di siang hari yang sesuai aturan di rumah dengan tepat.
4. Melalui bercerita siswa mampu menunjukkan kebiasaan-kebiasaan di siang hari sesuai aturan di rumah dengan tepat.
5. Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat.
6. Melalui kegiatan menjiplak siswa mampu menuliskan kosa kata terkait kegiatan siang hari dengan tepat.
7. Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan siang hari
8. Melalui kegiatan permainan peran siswa mampu menggunakan ungkapan perintah dengan bahasa yang santun, baik lisan atau tulisan dengan tepat.

Sub Tema 3 
1. Dengan bermain peran  siswa dapat mengidentifikasi kosa kata tentang kegiatan sore hari dengan tepat
2. Dengan permainan mencari kata pada tabel huruf siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang kegiatan sore hari dengan tepat.
3. Melalui kegiatan membaca siswa mampu memahami kalimat-kalimat yang menggunakan kosa kata berhubungan dengan kegiatan sore hari dengan tepat.
4. Melalui kegiatan membaca siswa mampu melengkapi kalimat rumpang dengan kosa kata yang terkait dengan kegiatan sore hari dengan tepat.
5. Dengan permainan mengacak kartu siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan sore hari
6. Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan sore hari. 
7. Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan sore hari.
8. Melalui tanya jawab, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata tentang kegiatan sore hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.
9. Dengan menulis cerita, siswa mampu menggunakan kosa kata terkait kegiatan sore hari dalam menyusun kalimat/cerita.

Sub Tema 4
1. Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru siswa dapat mengidentifikasi kosa kata tentang kegiatan malam hari dengan tepat.
2. Dengan menceritakan kembali siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang kegiatan malam hari dengan tepat.
3. Dengan menyimak teks yang dibacakan guru siswa mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan malam hari.
4. Melalui permainan menyusun kartu huruf siswa mampu membentuk kosa kata yang berhubungan dengan malam hari dengan lafal dan ejaan yang tepat.
5. Dengan menyimak contoh yang diberikan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang disusun dari kosa kata terkait kegiatan malam hari.
6. Melalui permainan menyusun kata siswa mampu membuat kalimat dari kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari dengan benar.
7. Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kata-kata yang berhubungan dengan kegiatan malam hari dengan tepat.
8. Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kalimatkalimat yang terkait dengan kegiatan malam hari dengan tepat.
9.  Setelah mengidentifikasi kalimat siswa mampu menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata yang terkait dengan kegiatan malam hari.
10.  Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan malam hari.
11.  Dengan membuat narasi siswa mampu menyusun kalimat dengan menggunakan kosa kata-kosa kata terkait kegiatan malam hari menjadi suatu cerita narasi.


TEMA 3 : KEGIATANKU
 
KEGIATANKU ANAK SD/MI SEHARI HARI


Menyanyi
Bangun Tidur
Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi kutolong Ibu
Membersihkan tempat tidurku



A. Mendengarkan 
Coba simak cerita berikut ini!

Ayam berkokok di pagi hari.
Udin terbangun dari tidurnya.
Dia berdoa tanda bersyukur.
Udin segera mandi dan mengenakan seragam.
Setelah rapi Udin sarapan.
Selesai sarapan Udin pergi ke sekolah.
Udin berpamitan kepada ayah ibu.
Udin pergi dengan gembira.

Dongeng
monyet dan kura kura
monyet sangat kelaparan
monyet hendak mencari makanan
monyet melihat pohon pisang
pohon pisang itu di pulau seberang
monyet tidak dapat berenang
monyet mengajak kura kura
kura kura bersedia mengantar monyet
monyet memanjat pohon pisang
monyet makan pisang sepuasnya
monyet melupakan kura kura
kura kura sangat kecewa
kura kura pergi meninggalkan monyet
monyet baru sadar
ia tidak bisa pulang
ia tidak bisa berenang
itulah akibatnya  kalau serakah

jawablah pertanyaan berikut
1. apa yang dilihat monyet?
2. siapa yang mengantar monyet?
3. ke mana monyet dan kura kura pergi?
4. apa yang dimakan monyet?
5. apa yang dilakukan kura kura?
6. bagaimana sifat kura kura?
7. bagaimana sifat monyet?


bacalah kalimat berikut dengan suara nyaring
siti bangun pagi
s i t i bangun pag i
s i t i bangun pag i
s i t i bangun pag i

siti sedang mandi
s i t i sedang mand i
s i t i sedang mand i
s i t i sedang mand i

siti berpakaian seragam
siti sedang sarapan pagi
siti berangkat ke sekolah pagi pagi
siti membersihkan kelas
siti menyapu lantai


Mendengarkan sapaan


menyapa orang lain
menyapa teman
andi pulang bermain bola
dalam perjalanan
andi bertemu teman
nama teman andi adalah rudi
andi melambaikan tangan
andi menyapa rudi
apa kabar rudi







menyapa ibu guru
ima sedang berjalan
ima pulang dari rumah paman
di perempatan jalan
ima bertemu ibu guru
ima menyapa dengan sopan
selamat siang bu






kalimat kalimat sapaan
assalamu’alaikum apa kabar    selamat siang  selamat malam
selamat pagi  selamat jalan  terima kasih sampai jumpa
terima kasih mau kemana
guru memerintah siswa melakukan
rapikan meja dan kursimu
hapus papan tulis
buang sampah ke keranjang sampah
bersihkan kaca jendela
tutup pintu kelasmu
semuamya berdiri
keluar dari tempat duduk dan berbaris
angkat tangan
pegang kepala
pegang hidung
pegang pipi
pegang leher
pegang dada
pegang perut
pegang lutut
pegang kaki
pegang ibu jari

Guru bertanya siswa menjawab
• apa yang kamu lakukan sesudah bangun pagi?
• apa yang kamu lakukan sesudah mandi?
• apa yang kamu makan saat makan pagi?
• apa yang kamu minum sesudah sarapan?
• siapakah yang sayang padamu?
• di mana  kamu belajar?
• dengan siapa kamu ke sekolah?
• mengapa kamu belajar?


B. Berbicara
 
BERBICARA MENJELASKAN GAMBAR CERITA ANAK SD

ayo amati gambar kegiatan di atas

Bacalah
Dayu pulang sekolah.
Setiba di rumah, Dayu mengetuk pintu.
Ibu menyambut Dayu dengan gembira.
Dayu tampak lelah.
Dayu membuka sepatu dan merapikannya.
Dayu meletakkan tas dan berganti baju.
Dayu cuci tangan lalu makan.
Setelah makan Dayu istirahat sejenak.
Ibu menyuruh Dayu tidur siang.
Dayu patuh kepada ibunya
ucapkan dengan lafal yang tepat
 
cuci tangan budi mandi
cu – ci ta – ngan    bu – di man – di
 
banu tidur nina membaca
ba – nu ti – dur      ni – na mem – ba – ca
 
adik bermain ibu menyapu
a – dik ber – ma - in    i – bu me – nya – pu 

 
Memasak sayur menjaga took buah
Me-ma– sak – sa-yur    men – ja – ga to – ko- bu-ah

ucapkanlah kata kata berikut dengan lafal yang tepat!
duku - kopi - bola - peti - tidur - motor - mata - bebek -kue - botol
buku – meja – kursi – sepatu – makan – minum – tidur – mandi



Simaklah cerita ini!
Matahari mulai condong ke barat.
Tanda hari mulai sore.
Udara pun terasa semakin sejuk.
Anak-anak bermain di halaman.
Siti sedang mengulang pelajaran.
Ayah Siti menyiram tanaman.
Mereka melakukannya dengan senang hati.
Sebagai rasa syukur atas nikmat sore hari.

C. Membaca
baca dengan suara keras
ai ai ai ai ai
oi oi oi oi oi
au au au au au
ng eng eng eng eng
ulangi ucapan sehingga jelas bunyi bahasanya


kegiatan ibu
ibu ke pasar
beli buah tomat
beli di pasar baru
buah tomat baik untuk sayur
makan sayur badan sehat
badan sehat kuat bekerja
kuat pula belajar
kegiatan sehari hari jadi lancar

D. Menulis
Ayo tebalilah huruf di bawah ini
 
MENULIS MENEBALKAN HURUF ANAK TK SD


Tulislah lalu dibaca di depan kelas
kelas guru
sekolah murid
upacara bangku
bendera teman
lapangan belajar

kelasku baru
sekolahku di sd melati
hari senin upacara bendera
guruku baik dan ramah
murid di sekolahku pintarku
bangku sekolahku masih bagus

menyusun kalimat
guru menyiapkan kartu kata
contoh
tuti susun kartu kata menjadi kalimat
ani- mencuci- piring



petunjuk mengerjakan
• cari dulu kartu kata
ani
mencuci
piring

• acak kartu kata tersebut
• suruh siswa menyusun menjadi kalimat
• guru menyuruh siswa secara bergiliran

dikte
pantai amboi danau palu
teratai koboi pulau paku
makan minum sekolah pulang
pergi belajar bermain mandi


Lembar Kerja Siswa
menyusun kalimat
tulis nomor urut dalam kotak
salin kalimat yang kamu susun
 
menyusun kalimat tulis nomor urut dalam kotak salin kalimat yang kamu susun

Kerjakan
 
 
Malam Hari
Matahari terbenam tanda malam telah datang. 
Bulan dan bintang bersinar terang.
Kelelawar mulai terbang. 
Jangkrik pun bernyanyi riang.
Burung hantu keluar dari sarang.
Kelap-kelip cahaya si kunang-kunang.
Sambutlah malam dengan hati senang.
Kita dapat beristirahat dengan tenang.
Mata pun akan terpejam saat kantuk datang.
Malam adalah nikmat Tuhan yang tak terbilang



Membuat kalimat
kalimat itu berhubungan dengan kegiatan malam hari. 
ayo membuat kalimat dari kata-kata berikut ini.
1.  malam
..................................................................................
2.  bulan
..................................................................................
3.  bintang
..................................................................................
4.  gelap
..................................................................................
5.  terbenam
..................................................................................
6.  terpejam
..................................................................................


Lembar Kerja Siswa
sebutkan nama gambar berikut
ucapkan dengan lafal dan intonasi yang tepat
tuliskan nama gambar berikut dibukumu
sebutkan nama gambar berikut ucapkan dengan lafal dan intonasi y

Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa
a. keranjang
b. sapi
c. uang
d. celana pendek
e. Kaos
f. buku
g. payung
i. sepeda
j. wajan


Lembar Kerja Siswa 1
sebutkan nama gambar berikut
ucapkan dengan lafal dan intonasi yang tepat
tuliskan nama gambar berikut dibukumu
 

Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa 1
tuliskan nama gambar berikut dibukumu



1. bebek
2. hamburger
3. sate
4. topi
5. buku


Lembar Kerja Siswa 2
ayo jiplak gambar berikut  dan warnailah gambar tersebut
ayo jiplak gambar berikut  dan warnailah gambar tersebut



Lembar Kerja Siswa 3
perhatikan gambar berikut
sebutkan nama benda yang diberi nomor
perhatikan gambar berikut sebutkan nama benda yang diberi nomor


nomor 1 adalah ...
nomor 2 adalah ...
nomor 3 adalah ...
nomor 4 adalah ...
nomor 5 adalah ...
nomor 6 adalah ...
nomor 7 adalah ...
nomor 8 adalah ...


EVALUASI
berilah tanda (X) silang pada huruf a b atau c yang merupakan jawaban yang benar
 
EVALUASI TENTANG KEGIATANKU



EVALUASI KEGIATAN SEHARI HARI ANAK SD/MI, TK

KUNCI JAWABAN EVALUASI
NO JAWABAN NO JAWABAN
1 A 6 B
2 B 7 C
3 B 8 A
4 B 9 B
5 C 10 C


DAFTAR PUSTAKA
Dian Sukmawati dkk, Bahasa Indonesia : Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, Departemen Pendidikan Nasional, 2009
H. Suyatno dkk, IndahnyaBahasa dan Sastra Indonesia: Untuk SD/MI Kelas I, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
https://www.amongguru.com/materi-buku-paket-bse-bahasa-indonesia-kelas-1-sd-ktsp-2006/#comment-2946
Iskandar, Sukini, Bahasa Indonesia 1: Untuk Kelas 1 SD/MI, Departemen Pendidikan Nasional, 2009
Ismail Kusmayadi dkk, Belajar Bahasa Indonesia Itu Menyenangkan: untuk SD/MI 
Kelas I, Departemen Pendidikan Nasional, 2008
Mahmud Fasya dkk, Bahasa Indonesia 1: Untuk SD dan MI Kelas 1, Departemen Pendidikan Nasional, 2009
Muhammad Jaruki, Bahasa Kita Bahasa Indonesia, Untuk SD/MI Kelas 1, Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008, 
Nurhasanah dan Lubna Assagaf, Buku Guru SD/MI Kelas 1, Tema 3 Kegiatanku, Kemendikbud, Republik Indonesia, 2017
Nurhasanah dan Lubna Assagaf, Buku Siswa SD/MI Kelas 1, Tema 3 Kegiatanku, Kemendikbud, Republik Indonesia, 2017
Sri Hapsari, Nunung Kuraesin, Pintar Berbahasa Indonesia 1: Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah  Kelas I / penulis, Departemen Pendidikan Nasional, 2009
Titiek Tri Indrijaningsih dkk, Bahasa Indonesia 1 : Untuk Sekolah Dasar/MI Kelas 1, Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009
Umri Nur’aini dkk, Bahasa Indonesia: untuk SD/MI kelas I, Departemen Pendidikan Nasional, 2008
Yeti Nurhayati, Bahasa Indonesia 1: Untuk SD dan MI Kelas 1, Departemen Pendidikan Nasional, 2009
Yusfina Hendrifiana, Panca Ariguntar, dan Lubna Assagaf, Diriku / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan 
dan Kebudayaan, 2017

Post a Comment