RANGKUMAN IPA KELAS 3 SEMESTER 1 MATERI BENDA DAN SIFATNYA, LEMBAR KERJA SISWA DAN LATIHAN EVALUASINYA

RANGKUMAN IPA KELAS 3 SEMESTER 1 MATERI BENDA DAN SIFATNYA, LEMBAR KERJA SISWA DAN LATIHAN EVALUASINYA

Contents [Show Up]
RANGKUMAN IPA KELAS 3 SEMESTER 1 MATERI BENDA DAN SIFATNYA, LEMBAR KERJA SISWA DAN LATIHAN EVALUASINYA
Masa pandemi covid yang berkepanjangan saat ini jangan sampai membuat kita patah semangat, semangat mendidik dan mengajarkan pengetahuan pada anak didik harus selalu tertanam di hati dan mendasari semangat kita untuk ikut menjaga kualitas generasi penerus bangsa yang masih kecil kecil. Materi pelajaran yang sangat banyak, harus bisa kita membuat rangkumannya, karena kalau tidak maka inti pelajaran akan sangat sulit dipamami oleh siswa siswi.
Memang saat sekarang sekolah sekolah sedang menggunakan Kurikulum 2013 yang pada intinya mencakup tema tema yang isinya beberapa Muatan Pelajaran, Rangkuman ini sudah disesuaikan dengan materi yang ada pada tema tema yang ada pada Kurikulum 2013.
diktat ipa kelas 3 semester 1 benda dan sifatnya


Dalam artikel ini kami sajikan rangkuman materi IPA kelas 3 pada semester 1 materi Benda Dan sifatnya, semoga dapat membantu Bapak/Ibu Guru, Orang Tua yang mau membimbing anak-anaknya tentang materi ini. 
InsyaAlloh rangkuman ini cukup lengkap karena diambil dari beberapa buku sebagai referensi dan daftar pustaka, sebagai dasar membuat rangkuman, sehingga perpaduan dan saling melengkapi antara satu buku dengan buku lainnya.

KOMPETENSI INTI, KOMPETENSI DASAR, INDIKATOR, 
TUJUAN PEMBELAJARAN

Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi dasar (KD)
3.1. Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
3.2. Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka
3.3. Menjelaskan kegunaan benda  plastik, kayu, kaca, dan kertas

Indikator
1. Menyebutkan jenis-jenis benda berdasarkan persamaan dan perbedaannya
2. Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan persamaan dan perbedaannya
3. Membedakan sifat benda padat, cair, dan gas
4. Menjelaskan bentuk-bentuk perubahan sifat benda
5. Menjelaskan hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya pwerubahan sifat benda
6. Menjelaskan kegunaan benda-benda (plastic, kayu, kaca dan kertas) yang disesuaikan dengan sifatnya


Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis benda berdasarkan persamaan dan perbedaannya
2. Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan persamaan dan perbedaannya
3. Siswa dapat membedakan sifat benda padat, cair, dan gas
4. Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk perubahan sifat benda
5. Siswa dapat menjelaskan hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya pwerubahan sifat benda
6. Siswa dapat menjelaskan kegunaan benda-benda (plastic, kayu, kaca dan kertas) yang disesuaikan dengan sifatnya


BAB IV
BENDA DAN SIFATNYA
A. Sifat-sifat  Benda Padat, Cair, dan Gas
Sifat benda dapat dibedakan berdasarkan wujud, bentuk, warna, dan bau,  Berdasarkan wujudnya benda dikelompokan,  benda padat, cair, dan gas.
Di bawah ini gambar contoh benda padat, cair dan gas
 
 
1. Benda Padat
Banyak benda padat di sekitar kita. Coba kamu amati satu per satu. Mungkin kamu akan menemukan buku, penggaris, pensil, dan karet penghapus. Semua benda tersebut adalah benda padat. Karena bentuk dan ukuran tidak berubah. Sifat benda padat dibedakan menjadi tiga macam yaitu:
a. Bentuk dan ukurannya tidak berubah
b. Memiliki permukaan (halus atau kasar)
c. Memiliki warna

2. Benda Cair
Perhatikan benda cair disekitar kita. Lihatlah air sungai di pegunungan. Pegunungan adalah tempat yang tinggi. Air sungai di pegunungan mengalir ke tempat yang lebih rendah. Karena sifat air selalu mengalir dari tempat tinggi menuju tempat yang rendah. Contoh benda cair lainnya adalah minyak, kecap, dan sirup. 
Benda cair juga memiliki sifat. Yaitu:
a. Bentuknya selalu berubah menyesuaikan bentuk wadahnya.
b. Volumenya selalu tetap.
c. Benda cair dapat mengalir.

3. Benda Gas
Benda gas memiliki sifat lain. Berbeda dengan benda padat dan cair. Benda gas umumnya tidak dapat dilihat. Contoh benda gas adalah udara. Udara susah diamati dengan mata, bahkan tidak bisa dilihat. Akan tetapi bisa dirasakan keberadaannya. 
Benda gas sifatnya adalah:
1) Bentuk benda gas selalu berubah sesuai dengan bentuk wadahnya. 
2) Volume benda gas selalu berubah dan memenuhi ruangan yang ditempatinya.
3) Benda gas menempati seluruh ruangan.

B. Perubahan Sifat Benda
1. Perubahan Sifat Benda Karena Pembakaran
Benda yang dibakar mengalami perubahan sifat.
Sifat benda mudah kita amati. Misalnya warna, bentuk, dan baunya.
 Terdapat beberapa benda jika dibakar hilang. Hal ini terjadi pada berbagai   jenis bahan bakar. Misalnya bensin, minyak tanah, batu bara, dan parafin. Sebetulnya bahan bakar tidak hilang. Tetapi mengalami perubahan wujud. Apabila dibakar bahan bakar menjadi gas. Ketika dibakar terbentuklah asap. Ini juga salah satu perubahan sifat benda.

2. Perubahan Sifat Benda karena Pemanasan
Kamu pasti sudah mengenal lilin bukan? Pernahkah
kamu melihat beraneka bentuk lilin? Semula bentuk lilin
adalah padat tetapi setelah dipanaskan pasti akan mencair, peristiwa tersebut disebut pencairan
Air juga akan menguap bila dipanaskan, peristiwa tersebut disebut penguapan
Kapur barus yang diletakkan di tempat terbuka lama lama akan habis, peristiwa ini disebut penyubliman.

3. Perubahan Sifat Benda karena Dibiarkan di Tempat Terbuka
Pernahkah kamu makan es krim? Semula es krim berwujud cair. Cairan es krim didinginkan menjadi keras. Didinginkan dalam lemari es. Bagaimana jika es krim diletakkan di luar? Atau diletakkan di tempat terbuka? Apakah akan tetap berwujud padat? Apakah akan mencair seperti air?

4. Pembusukan
Bila kamu meletakkan buah di tempat terbuka dalam waktu yang lama, tentunya buah itu akan berubah menjadi lembek, layu, dan warnanya pun berubah. Karena buah yang dibiarkan di udara terbuka akan mengalami pembusukan juga. Ini mengakibatkan benda mengalami perubahan warna, bentuk dan bau yang enggak sedap.


5. Perkaratan
Pernahkah kamu melihat besi atau rantai sepedamu berkarat, Besi dapat mengalami perkaratan apabila terkena air atau uap air jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

Besi akan berubah menjadi rapuh dan mengalami perubahan warna dan kekuatan.

C. Benda dan Kegunaannya
1. Plastik
Plastik merupakan benda yang dihasilkan pabrik. Yaitu dari pabrik petrokimia. Bahan baku plastik dari minyak bumi. Pabrik ini menghasilkan banyak barang. Barang tersebut banyak kegunaannya bagi manusia.
Umumnya plastik bersifat lentur. Plastik digunakan untuk membuat kantong plastik. Banyak kita temui barang dari plastik. Misalnya gelas plastik, botol, dan cangkir. Ada jenis plastik yang lain. Plastik ini lebih kuat dan tahan. Namanya adalah PVC. PVC ke pendekan dariPoly Vynil Clorida. PVC dapat dibuat berbagai macam benda. Misalnya pipa paralon dan pembungkus kabel.
Plastik dapat digunakan sebagai pengganti bahan alami, seperti kayu, kulit, atau logam. Plastik bersifat tidak menyerap air, tidak mudah pecah, relatif ringan, dan mudah dibentuk.

Benda-benda yang terbuat dari plastik, antara lain, kantong plastik, gelas, piring, sendok, gayung, jas hujan, ember, selang plastik, dan sikat gigi. Fungsi masing-masing benda yang terbuat dari plastik juga berlainan. Sikat gigi digunakan untuk menyikat gigi kita, gayung digunakan untuk mengambil air saat kita mandi, ember digunakan sebagai wadah air, dan sebagainya.

2. Kayu
Kayu merupakan hasil dari tumbuhan. Jenis kayu banyak sekali. Misalnya jati, rotan, dan bambu. Jati adalah jenis kayu yang keras dan mahal. Jati dapat dibuat meja, kursi, dan lemari. Jati juga dibuat kusen untuk jendela atau pintu rumah.

Benda yang terbuat dari kayu biasanya kuat dan tahan lama asalkan tidak terkena air maupun api. Musuh lain dari kayu adalah rayap. Tahukah kamu apa itu rayap? Agar tahan lama, benda-benda yang terbuat dari kayu sebaiknya dicat atau divernis.

Contoh benda yang terbuat dari kayu, antara lain, Rumah dan bangunan, meja, kursi, lemari, rak buku, pintu, dan jendela dan perabot lainnya


3. Kaca
Kaca adalah benda keras dan rapuh. Karena rapuh kaca mudah pecah. Kaca terbuat dari butiran kaca. Bahan kaca ini dipanaskan pada suhu 1500‘C. Kaca bersifat tembus pandang, tidak tembus air, , dan tahan lama. Namun, kaca tidak tahan benturan sehingga mudah pecah. Benda yang terbuat dari kaca biasanya mudah pecah. Kaca cair dicetak menjadi berbagai bentuk. Kaca dibuat gelas, piring, dan genting. Gelas dan piring digunakan setiap hari.

4. Kertas
Kertas dibuat dari serat tumbuhan. Kertas memiliki kelebihan daripada bahan lain, yaitu lebih ringan. Namun benda yang terbuat dari kertas memiliki kelemahan, antara lain, mudah robek, rusak, kotor, terbakar, dan basah. Bahan baku kertas berasal dari kayu. Melalui proses dan campuran bahan-bahan tertentu, kertas akhirnya dapat dihasilkan. Kertas yang sering digunakan adalah kertas HVS. HVS adalah singkatan dari bahasa Belanda houtvrij schrijfpapier yang berarti woodfree writing paper. Kertas banyak jenisnya. Misalnya kertas buram, tisu, dan karton.

Kertas banyak digunakan untuk menggambar, menulis, sebagai pembungkus makanan, dan sebagainya.


EVALUASI 1
A. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan menuliskan huruf
a, b, c, atau d di buku tugasmu!
1. Yang termasuk benda padat adalah ...
a. Solar 
b. lilin 
c. air kelapa 
d. cuka

2. Benda dapat berubah bentuk karena wadahnya...
a. kayu dan botol 
b. sirup dan air teh 
c. piring dan sendok 
d. bola dan kelereng

3. Benda cair antara lain ...
a. bentuk tidak berubah, ukuran juga berubah
b. bentuk tidak berubah, ukuran tidak berubah
c. bentuk berubah, ukuran tidak berubah
d. bentuk berubah, ukuran berubah

4. Yang merupakan benda cair adalah ...
a. buku 
b. gula 
c. es batu 
d. saus

5. Benda dibawah ini yang dapat mengalir ...
a. bola dan kelereng 
b. kecap dan minyak 
c. buku dan kertas 
d. beras dan gula

6. Plastisin adalah benda padat. Yang bukan sifat plastisin adalah ...
a. dapat mengalir
b. dapat diubah bentuknya
c. tidak dapat mengalir
d. bentuk tidak mengikuti wadahnya

7. Kelompok benda-benda yang berwujud cair ...
a. roti, keju, air tawar
b. air kopi, air sirup, kecap
c. minyak goreng, kayu,
d. keju, air sirup, madu, kertas

8. Air dipindahkan ke panci kaca. Maka bentuknya seperti...
a. botol 
b. panci kaca 
c. gelas 
d. bentuk lain

9. Berikut merupakan sifat benda padat adalah ...
a. bentuk berubah sesuai wadahnya
b. bentuk tetap dan mengikuti wadahnya
c. bentuk dan ukuran tidak berubah
d. rasa dan warnanya berubah

10. Berikut contoh benda gas disekitarmu …
a. asap 
b. penggaris 
c. minyak 
d. jam dinding

11. Mentega dipanaskan diatas wajan berubah menjadi...
a. cair 
b. meleleh 
c. mendidih 
d. tetap padat

12. Benda yang tidak mengalami perubahan warna ...
a. air direbus 
b. kertas dibakar 
c. kayu dibakar 
d. ayam digoreng

13. Pada saat es mencair mengalami perubahan ...
a. wujud 
b. warna 
c. rasa
d. ukuran
14. Air dipanaskan diatas kompor. Ketika mendidih air berubah menjadi ...
a. es 
b. uap 
c. api 
d. padat
15. Kapur barus ditaruh di tempat terbuka mengalami perubahan ...
a. warna 
b. rasa 
c. ukuran 
d. wujud

Kunci Jawaban Evaluasi 1

1. B 11. A
2. B 12. A
3. C 13. A
4. D 14. B
5. B 15. D
6. A
7. B
8. B
9. C
10. A


EVALUASI  2
A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang benar!
1.  Sayur jika dibiarkan akan menjadi basi. Penyebab perubahannya  adalah ....
a. panas api 
b. suhu udara 
c. pemanasan 
d. bakteri pembusuk

2.  Lilin jika dibakar yang berubah adalah ....
a. warnanya 
b. baunya 
c. wujudnya 
d. rasanya

3.  Plastik jika dibakar akan ....
a. membeku 
b. mengeras 
c. meleleh 
d. melapuk

4.  Kayu jika dibakar akan berubah menjadi ....
a. karat 
b. arang 
c. lunak    
d. cair
5.  Perubahan yang dapat kembali ke wujud asal adalah ....
a.  air menjadi es     
b  kayu menjadi arang 
c.  beras menjadi nasi   
d.  besi menjadi karat

6.  Benda yang mengeras jika terbakar adalah ....
a. tanah liat 
b. kayu 
c. besi 
d. plastik

7. Berikut ini merupakan sifat benda padat jika dipindah-pindah, kecuali....
a.  bentuknya tetap     
b.  ukurannya berubah  
c.  warnanya tetap  
d.  mudah dipegang

8.  Rel kereta apai jika terkena panas akan ....
a. mencair 
b. mengeras 
c. membeku 
d. memuai

9.  Baju jika sering dijemur menjadi kusam, maka yang berubah ....
a. wujudnya 
b. warnanya 
c. ukurannya 
d. bahannya

10. Daging direbus menjadi lunak, penyebabnya adalah ....
a. pembakaran 
b. pemanasan 
c. pencucian 
d. pembersihan

11. Berikut ini sifat benda cair jika dipindah-pindah, kecuali....
a.  bentuknya berubah    
b.  ukurannya berubah  
c.  warnanya tetap   
d.  susah dipegang

12. Kayu jika terkena air terus-menerus akan ....
a. makin kuat 
b. tahan lama 
c. menjadi lapuk 
d. mudah terbakar

13. Contoh benda padat yang mudah  dibentuk adalah ....
a. besi 
b. baja
c. kayu
d. plastik

14. Besi yang berkarat akan ....
a. semakin kuat 
b. menjadi hitam 
c. memendek 
d. keropos

15. Akibat pemanasan matahari, warna baju menjadi ....
a. busuk 
b. kering 
c. kusam 
d. lapuk

16. Air jika terkena panas akan ....
a. membeku 
b. menguap 
c. mengembun 
d. membeku

17. Berikut ini perubahan kayu dibakar, kecuali ....
a. arang 
b. asap 
c. abu 
d. api

18. Air bila dipanaskan akan ....
a. mengembun 
b. menguap 
c. membeku 
d. mencair

19. Kayu menjadi keropos akibat ....
a. pengasapan 
b. pemanasan 
c. pembakaran 
d. pelapukan

20. Rel kereta api dipasang renggang supaya ....
a.  tidak melengkung waktu kepanasan
b.  agar kereta api tidak keluar rel
c.  supaya rel mudah dipasang
d.  agar sambungan tidak patah
Kunci Jawaban Evaluasi 2

1. B 11. B
2. C 12. C
3. C 13. C
4. B 14. D
5. A 15. C
6. A 16. B
7. B 17. D
8. D 18. B
9. B 19. D
10. B 20. A


EVALUASI  3
A. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan menuliskan huruf a, b, c, atau d di buku tugasmu!
1. Bahan-bahan yang ringan biasanya terbuat dari ....
a. kayu 
b. kaca 
c. plastik 
d. besi

2. Ringan, tidak tahan api, mudah terbakar, dan mudah hancur adalah
sifat dari bahan ....
a. kertas 
b. plastik 
c. kayu 
d. tanah liat

3. Bahan yang umumnya digunakan untuk membuat lensa adalah ....
a. kayu 
b. besi 
c. kertas 
d. kaca

4. Bahan yang tidak dapat membusuk adalah ....
a. kayu 
b. plastik  
c. kertas 
d. kain



5. Jas hujan menggunakan bahan plastik karena salah satu sifat plastik
adalah ....
a. mudah terbakar 
b. tembus pandang 
c. mudah dibentuk 
d. tidak tembus air

6. Sebutkan 3 contoh benda padat?
7. Sebutkan 3 contoh benda cair?
8. Sebutkan 3 contoh benda gas?
9. Sebutkan sifat benda cair?
10.Sebutkan sifat benda gas?


Kunci Jawaban Evaluasi 3

1. C 11. 
2. A 12. 
3. D 13. 
4. B 14. 
5. D 15. 
6. kayu, besi, batu
7. minyak, kecap, air
8. asap, angin, kabut, awan, uap air
9. Benda cair juga memiliki sifat. Yaitu:
a. Bentuknya selalu berubah menyesuaikan bentuk wadahnya.
b. Volumenya selalu tetap.
c. Benda cair dapat mengalir.
10. Sifat benda padat dibedakan menjadi tiga macam yaitu:
a. Bentuk dan ukurannya tidak berubah
b. Memiliki permukaan (halus atau kasar)
c. volume tetap

PENILAIAN AKHIR SEMESTER I
Kesatu
A. Plihlah salah satu jawaban yang kamu anggap paling benar
 
B. Lenkapilah pernyataan di bawah dengan benar !


Kunci Jawaban Penilaian Akhir Semester 1
Kesatu

A
1. B 11. B
2. A 12. C
3. C 13. C
4. A 14. A
5. B 15. C
6. A  
7. A  
8. B  
9. C  
10. C  
B
1. bernapas
2. berkembangbiak
3. cangkang
4. ukuran dan berat
5. vitamin
6. udara
7. sembarangan
8. berubah ubah
9. cair
10. kertas


Latihan penilaian Akhir Semester 1
Kedua
A.  Pilihlah jawaban yang benar. 
1.  Tumbuhan akan mati jika tidak disiram.
Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup membutuhkan ....
a. makanan
b. air
c. udara  
d. api

2.  Harimau selalu bergerak untuk mencari makanan. Jika tidak ada makanan, harimau akan ....
a. hidup
b. mati
c. biasa saja
d.  tidak merasakan apa-apa

3.  Berikut ini, yang termasuk benda tidak hidup ialah ....
a. harimau  
b. tumbuhan 
c. bakteri 
d. mobil
4.  Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan anak disebut ....
a. beranak
b. bertelur
c. beranak dan bertelur
d. membelah diri


5.  Udara yang dibutuhkan makhluk  hidup ialah ....
a. oksigen
b. timbel
c. karbon dioksida
d. karbon monoksida

6.  Perhatikan gambar berikut ini. Hewan pada gambar tersebut hidup di ....
 
a. air  
b. darat
c.  air dan darat
d. udara

7.  Singa adalah hewan yang penutup tubuhnya berupa ....
a. kulit   
b. rambut 
c. sisik  
d. cangkang

8.  Hewan yang tubuhnya ditutupi oleh bulu ialah ....
a. ikan   
b. udang 
c. buaya  
d. bebek

9. Contoh daun yang berbentuk memanjang ialah ....
a. daun sirih
b. daun mangga
c. daun pandan
d. daun jambu

10. Tumbuhan yang memiliki batang lunak ialah ....
a. belimbing
b. kembang sepatu
c. kelapa
d. kangkung

11. Tumbuhan sangat berperan dalam menciptakan lingkungan yang sehat karena ....
a.  tumbuhan dapat menyerap oksigen
b.  tumbuhan dapat menghasilkan oksigen
c.  tumbuhan dapat menghasilkan karbon dioksida
d.  tumbuhan dapat menyerap karbon monoksida

12. Banyaknya asap yang ada di udara dapat menimbulkan ....
a. hujan asam
b. hujan buatan
c. hujan deras
d.  hujan disertai petir


13. Menggunakan air yang tidak bersih dapat menimbulkan ....
a. penyakit malaria
b. penyakit paru-paru
c. sakit gigi
b. penyakit diare

14. Jika lingkungan sehat, maka tubuh kita akan ....
a. sakit
b. sehat 
c. lemah
d. tidak bergairah

15. Limbah yang dibuang ke laut akan membuat ikan ....
a. hidup 
b. mati
c. segar 
d. bergerak

16. Berikut ini, yang termasuk benda padat ialah ....
a. madu 
b. susu
c. pensil 
d. asap

17. Benda yang dapat berubah sesuai dengan tempatnya ialah ....
a.  benda cair dan gas
b. benda padat dan cair
c. benda gas dan padat
d.  benda padat , benda gas dan cair

\18. Gambar berikut menunjukkan sifat dari benda gas, yaitu ....
 
a. selalu bergerak
b. tidak dapat dilihat
c. mengisi ruangan yang ditempati
d. dapat dirasakan keberadaannya

19. Sifat dari benda cair adalah ....
a.  bentuk dan isinya selalu berubah sesuai tempatnya
b.  bentuknya selalu berubah, sedangkan isinya tetap
c. isinya berubah
d. mengisi seluruh ruangan

20. Jika dibiarkan di udara terbuka, batu akan ....
a.  tetap tidak berubah
b. selalu berubah
c. isinya berubah
d.  permukaan selalu berubah

21. Gas beracun yang dihasilkan oleh asap kendaraan bermotor adalah . . . .
a. oksigen 
b. uap air 
c. karbon monoksida 
d. hidrogen

22. Benda berikut yang berubah bentuk mengikuti bentuk wadahnya adalah . . . .
a. plastisin 
b. kelereng 
c. kecap 
d. kayu

23. Benda padat ini memiliki bentuk lunak. Bentuknya berubah saat ditekan. Benda yang dimaksud adalah . . . .
a. kaca 
b. gelas 
c. kayu 
d. plastisin

24. Berikut ini yang bukantermasuk benda gas adalah . . . .
a. kamper 
b. asap 
c. udara 
d. uap air

25. Es batu yang meleleh menjadi air menunjukkan peristiwa perubahan . . . .
a. benda padat menjadi benda cair
b. benda padat menjadi benda gas
c. benda cair menjadi benda padat
d. benda cair menjadi benda gas
26. Berikut yang menunjukkan perubahan benda padat menjadi gas adalah . . . .
a. cokelat dipanaskan
b. air didinginkan
c. agar-agar didinginkan
d. kapur barus yang dibiarkan di udara terbuka

27. Peristiwa berikut ini yang termasuk perubahan tetap adalah . . . .
a. lilin dipanaskan 
b. kayu terbakar 
c. air menjadi es batu 
d. cokelat  meleleh

28. Benda seperti ditunjukkan gambar di bawah, terbuat dari bahan . . . .
 
a. kayu
b. karet
c. kaca
d. plastik

29. Benda berikut berguna untuk membingkai foto dan lukisan, yaitu . . . .
a. vas bunga 
b. meja hias 
c. pigura 
d. cermin


30. Jas hujan terbuat dari bahan . . . .
a. plastik 
b. kertas 
c. kaca 
d. kayu

B. Mari menjawab pertanyaan di bawah ini dengan benar.
1. Makanan bagi makhluk hidup berfungsi sebagai ....
2. Berdasarkan jenis makanannya, beruang termasuk hewan pemakan . . . .
3. Akar tumbuhan terdiri atas dua jenis, yaitu ... dan ....
4. Cecak, katak, dan nyamuk berkembang biak dengan cara . . . .
5. Cangkang yang dimiliki bekicot berfungsi untuk . . . .
6. Daun suji termasuk zat pewarna alami yang memberikan warna . . . .
7. Para nelayan mengawetkan ikan menggunakan pengawet alami,yaitu . . . .
8. Nasi, jagung, singkong, dan roti banyak mengandung zat . . . .
9. Bahan dasar untuk membuat tempe dan tahu adalah . . . .
10. Selokan yang penuh sampah adalah ciri dari lingkungan . . . .

Kunci Jawaban Penilaian Akhir Semester 1
Kedua
A
1. B 11. B 21. C
2. B 12. A 22. C
3. D 13. B 23. D
4. A 14. B 24. A
5. A 15. B 25. A
6. A 16. C 26. D
7. B 17. A 27. B
8. D 18. C 28. B
9. C 19. B 29. C
10. D 20. A 30. A
B
1. zat pertumbuhan
2. daging
3. serabut dan tunggang
4. bertelur/ovipar
5. melindungi diri
6. hijau
7. garam
8. karbohidrat
9. kedelai
10. tidak sehat

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Zulfikar Zein, S.Pd., Asep Rahman. S.Pd., Mengenal Alam, IPA Untuk
SD/MI Kelas 3, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Aprilia Afifatul Achyar, Ilmu pengetahuan Alam Untuk SD MI Kelas 3,
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
https://sainsmini.blogspot.com/2016/04/pengertian-dan-penjelasan
tentang.html
https://www.masihsaja.com/2015/02/pengertian-peristiwa-terapung
melayang.html
Priyono, Titik Sayekti, Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas 3,
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Rositawaty, Senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam 3: untuk Kelas III, 
Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Sularmi - M.D Wijayanti, SAINS, Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas 3, 
Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Suyatman, Tutik Endrawati, Asyiknya Belajar ilmu pengetahuan Alam, Untuk
Kelas 3 SD/MI, Jakarta,  Departemen Pendidikan Nasional 2009.

Zaenal Mustopa dkk, Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas 3,Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional,  2009.
Post a Comment