Contoh Laporan Pengembangan Diri Tembang Dolanan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Contoh Laporan Pengembangan Diri Tembang Dolanan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Contents [Show Up]

Contoh Laporan Pengembangan Diri Tembang Dolanan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Pengajuan PAK tahunan harus dilakukan oleh setiap PNS/ASN sebagai salah satu tahap pengajuan kenaikan pangkat. Dalam pengajuan PAK tahunan harus dilampiri dengan bukti fisik dari kegiatan yang telah dilakukan oleh guru yang bersangkutan dalam satu tahun terakhir. Bukti fisik tersebut sebagai bukti penilaian yang diajukan dalam lampiran DUPAK adalah benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawbkan, sehingga tim penilai dan verifikasi pengajuan DUPAK tahunan dapat disetujui dan diterbitkan PAK tahunan baru.

Contoh Laporan Pengembangan Diri Tembang Dolanan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)


Berikut salah satu contoh laporan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sub unsur pengembangan diri.

Sub Unsur Pengembangan Diri


PEMERINTAH KABUPATEN ...........................

DINAS PENDIDIKAN

..................................

SEKOLAH DASAR NEGERI ...........................

Alamat: Dukuh ........................., Desa ..........................., ,Kecamatan ...........................,........................... .........................

LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI



NAMA KEGIATAN   :    PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PEMBELAJARAN TEMBANG DOLANAN DALAM RANGKA PENUMBUHAN KARAKTER BANGSA

                                                                            

HARI,TANGGAL : 16 s.d 20 Februari  2021

TEMPAT KEGIATAN : SD Negeri ............................

PENYELENGGARA Koorwil Bidang Pendidikan Kecamatan ...........................

DISUSUN OLEH :

Nama : ................................

NIP : .....................................

Jabatan Guru : Guru Madya

Pangkat/Gol Ruang : Pembina /IV a

Alamat Sekolah : SD Negeri ...........................

Koorwil Bidang Pendidikan Kec. ...........................


SEKOLAH DASAR NEGERI ...........................

KOORWIL BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN ........................... 

KABUPATEN ...........................

2021


PENGESAHAN

LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI


DISUSUN OLEH :


NAMA : ................................

NIP : .....................................

NUPTK : ............................

JABATAN : Guru Kelas 

PANGKAT/GOL

UNIT KERJA : SD Negeri ...........................


Laporan Pengembangan diri dari workshop lagu dolanan  yang diselenggarakan oleh Koorwil Bidang Pendidikan Kecamatan ........................... pada tanggal 16 s.d 20 Februari  2021 di SD Negeri ............................ Jawa Tengah, Sebagai Peserta  telah diketahui dan disahkan oleh atasan yang menugasi  dan melaksanakan kegiatan pengembangan diri tersebut dan dapat digunakan sebagai pendukung kegiatan pengembangan diri yang telah dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku.


..........................., 21 Februari 2021

Disahkan oleh :

Kepala SDN ...........................



............................

NIP ............................

 

KATA PENGANTAR


Alhamdulillahirabbil ‘alamin Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, atas segala rohmat, hidayah dan inayah-Nya yang diberikan kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan kegiatan ini.

Diadakannya kegiatan workshop  ini adalah karena masih perlu pembekalan yang lebih banyak lagi serta amanat dari Peraturan Mentri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Thn  2009 tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) merupakan salah satu unsur utama yang diberikan angka kredit untuk kenaikan pangkat /jabatan fungsional guru. Guru sebagai Tenaga Profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan 2025 yaitu menciptakan Insan Indonesia cerdas dan kompetitif.

Laporan pelaksanaan kegiatan Workshop  Tembang Dolanan bertujuan untuk“Peningkatan Pengetahuan Dan Ketrampilan serta Penumbuhan Karakter Bangsa. Laporan ini disampaikan sebagai bukti Pelaksanaan kegiatan BimbinganTeknis sebagai upaya dari Koorwil Bidang Pendidikan Kecamatan ........................... Kabupaten ........................... dalam meningkatkan profesionalitas guru di Kabupaten ............................ 


Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi penyempurnaan laporan di masa mendatang. Akhirnya, semoga Allah SWT melimpahkan kekuatan pada kita untuk selalu berkomitmen dalam  melaksanakan tugas sesuai dengan kewajiban dan tanggung jawab masing-masing.

..........................., 21 Februari 2021

Penyusun


............................

NIP. .....................................


DAFTAR ISI

Judul i

Kata Pengantar ii

Daftar Isi iii


BAB I.  PENDAHULUAN 1

A. Latar Belakang 1

B. Dasar Hukum 2

C. Tujuan 2

D. Sasaran 3

E. Hasil yang Diharapkan 3

BAB II.  LAPORAN KEGIATAN 4

A. Materi dan Struktur Program 4

B. Skenario Kegiatan 4

C. Rencana Tindak Lanjut 5

BAB III.  PENUTUP 5

LAMPIRAN-LAMPIRAN

1. Surat Tugas

2. Jadwal kegiatan

3. Daftar Hadir Peserta

4. Foto Kopy Sertifikat


BAB I

PENDAHULUAN


A. Rasional

Tembang dolanan anak berbahasa Jawa memiliki nilai –nilai luhur budaya leluhur yang mampu membentuk karakter luhur anak –anak Indonesia. Tembang dolanan ini mempunyai nada , cengkokan dan lirik yang pendek dan sanagt sederhana selaras dengan tingkat kewajiban anak –anak sejak usia dini.

Tembang dolanan ini merupakan sarana anak –anak untuk bersenang- senang dalam mengisi waktu belajar maupun waktu luang dan juga sebagai sarana komunikasi yang mengandung pesan mendidik.

Tembanag dolanan anak merupakan suatu hal yang unik dan menarik karena sesuai dengan perkembangan jiwa anak yang masih suka bermain, berceloteh dan berbicara secara senang bergebira tanpa beban. Didalamnya juga mengandung ajaran –ajaran atau nilai –nilai moral budi pekerti yang sangat berpengaruh terhadap karakter anak bangsa.

Konsep edu-tainment, yang menyampaikan unsur pendidikan secara menghibur telah lama diterapkan perguruan Taman Siswa yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara sejak tahun 1922. Proses internalisasi pesan –pesan mendidik dalam tembanag dolanan anak –anak menyalir otomatis dalam setiap lirik dan cekokannya serta tercermin serta terwujudnya dalam tutur dan perilaku keseharian anak.

Namun sayangnya, tembang dolanan anak –anak berbahasa Jawa pada saat ini kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah maupun instansi terkait, bahkan orang Jawa sendiri.

Pada akhirnya anak- anak dan orang tua sekarang kurang kurang mengenal tembang dolanan berbahasa Jawa ini kurang diminati dan tergerus oleh zaman.

Pada jaman modern yang mempunyai perangkat ilmu teknologi canggih seperti saat ini, permainan modern modern terbaru : play station, pokemeon Go dan sebagainya melalui telepon canggih menjadi lebih menarik dan menantang bukan hanya bagi anak – anak namun juga orang dewasa dan orang tua.

Nilai petualangan pribadi, ego, kopentensi dan menang sendiri menjadi lebih dominan. Karakter anak bangsa yang terbanagunpun menjadikan anak –anak lebih individualistic, ego, menang sendiri .

Dengan melihat kenyataan yang ada sekarang ini, kita harus berupaya kuat demi kelestarian budaya dan kesenian tradisional yang hampirpunah. Tembang dolanan sebagai warisan nenek moyang yang mempunyai nilai –nilai luhur harus terus dilestarikan


B. Dasar Hukum

Dasar hokum pelaksanaan Workshop  Bagi Kepala  Sekolah dan  Guru Sekolah Dasar, adalah sebagai berikut:

1. Undang- undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;

4. Hasil Keputusan Konferensi Dinas Kepala Sekolah SD / MI se UPT Dinas  Pendidikan Unit Kecamatan ........................... tanggal 27 Januari 2021

5. Hasil keputusan rapat panitia pelaksana kegiatan Workshop Lagu Dolanan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan ........................... tanggal 27 Januari 2021

C. Tujuan

1. Tujuan Umum

Membekali pengetahuan dan ketrampilan Kepala Sekolah, Guru Kelas, Guru PAI, dan Guru Penjasorkes agar lebih siap dalam melaksanakan tugas peningkatan mutu pendidikan yang berkelanjutan tentang pertumbuhan karakter peserta didik yang selanjutnya membentuk peserta didik memiliki karakter kebangsaan 

2. Tujuan Khusus

a. Meningkatkan kompetensi guru tentang pengelolaan pembelajaran penumbuhan karakter peserta didik di kelas

b. Meningkatkan kompetensi akademik guru dalam mengelola proses belajar mengajar dengan penumbuhan karakter peserta didik dengan tepat.


D. SASARAN

Sasaran kegiatan workshop Bagi guru dan kepala  Sekolah Dasar ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Dasar di kecamatan ............................


E. Hasil yang diharapkan.

Pada akhir diklat,peserta diharapkan dapat menularkan tembang dolanan kepada peserta didik sehingga pembelajaran di sekolah dapat berjalan secara ektif , efisien, dan menyenangkan  ada semua jenjang pendidikan.

Indikator keberhasilan diklat ini adalah:

1. Peningkatan Kompetensi Guru tentang pengelolaan pembelajaran penumbuhan karakter Peserta didik di kelas.

2. Peningkatan kompetensi akademik guru dalam mengelola proses belajar mengajar dengan output yang diharapkan stakeholder.

3. Peningkatan motivasi guru dalam menerapkan hasil workshop dalam pembelajaraan didapat dalam proses pembelajaran dengan penumbuhan karakter peserta didik.


BAB II

LAPORAN KEGIATAN


A. Peserta , Waktu, Dan Tempat 

1. Peserta 

Peserta kegiatan workshop Lagu Dolanan berjumlah 307 orang , yang terdiri dari :

226 Guru Kelas SD, 28 Kepala Sekolah, 27 Guru PAI, 26 Guru Penjasorkes di lingkungan Koorwil Bidang Pendidikan Kec ...........................

2. Waktu dan Tempat

Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan pola 32 jam berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 16 s.d 20 Februari bertempat di SDN ............................ Koorwil Bidang Pendidikan Kecamatan ........................... Kabupaten ............................

B. Pola 

     Berisi jadwal dan resume / ringkasan tentang  materi pelaksanaan sesuai jadwal.





No Materi Pelatihan Alokasi waktu

I PROGRAM UMUM

1.Kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2 jam

II PROGRAM POKOK 30 jam

JUMLAH 32 Jam


C.    Skenario Kegiatan

1. Pendahuluan

Kegiatan pendahuluan berupa kegiatan pengkondisian terhadap peserta, menghubungkan materi yang akan dipelajari dengan materi terkait lainnya, menjelaskan hasil pembelajaran yang akan dicapai (learning outcome), struktur pembelajaran, memotivasi melalui berbagai strategi, pemberian motivasi.

2. Kegiatan Inti

Kegiatan inti terdiri dari penyajian konteks (materi), materi disampaikan sedikit demi sedikit, memberikan kesempatan untuk latihan/diskusi/role play, melakukan penilaian / assessment authentic 

3. Kegiatan Penutup

Membuat kesimpulan, yaitu mengingat atau mengulang poin-poin penting dalam pembelajaran, mengulang, dan mengecek ketercapaian tujuan pembelajaran, mengapresiasi pencapaian peserta, merangkum dan menghubungkan materi yang dipelajari dengan sesi berikutnya.

B.   Rencana Tindak Lanjut

Setelah Pelatihan bagi Kepala Sekolah dan Guru  Sekolah Dasar ini selesai, Kepala Sekolah dapat menularkan kepada peserta didik  sesuai harapan pemerintah.

 

REKAPITULASI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

REKAPITULASI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI (PKB)


No. Nama Kegiatan Materi PD/ Kompetensi Peran Guru Waktu/ Jam PD Nama Fasilitator Tempat Kegiatan Institusi Penyelenggara

1. Diklat Pelatihan Tembang Dolanan Kompetensi Guru    Peserta 16 s/d 20 Februari 2021

(30 Jam) Tim fasilitator dari Kabupaten SD Negeri ……..

Koorwil Bidang Pendidikan Kecamatan ...........................


BAB III

PENUTUP


Demikian laporan ini kami susun  dengan harapan dapat dipergunakan sebagai acuan dan bukti bahwa kami telah melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan kami.  Dan juga sebagai persyaratan pelengkap dari bukti sertifikat yang kami miliki . Mudah-mudahan laporan yang kami buat dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan penilai dan para pembaca umumnya.


..........................., 21 Februari 2021

Penyusun





................................

NIP. ………………….


LAMPIRAN - LAMPIRAN

1. Surat Tugas

2. Jadwal kegiatan

3. Daftar Hadir Peserta

4. Sertifikat.


PEMERINTAH KABUPATEN ...........................

DINAS PENDIDIKAN

KOORWIL BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN ...........................

SEKOLAH DASAR NEGERI ...........................

Alamat: Dukuh ........................., Desa ..........................., ,Kecamatan ...........................,........................... .........................


SURAT TUGAS

No: 800 /    30      / 2021


                     Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala SD Negeri ........................... Koorwil Bidang Pendidikan kecamatan ........................... Kabupaten ........................... memberikan tugas kepada :

Nama                        : ............................

NIP                              : .....................................

Jabatan                        : Guru PAB

Unit kerja                  : SDN ..........................., UPTD Pendidikan Unit Kec. ...........................

Untuk Pergi Ke : SD Negeri ............................

Tanggal : 16 s.d 20 Februari  2021

Untuk                      : Mengikuti Workshop Pendidikan dan Pelatihan Pembelajaran Tembang Dolanan Dalam rangka penumbuhan karakter bangsa.

                                                                                                 


Yang Menerima tugas





............................

NIP. ..................................... ..........................., 15 Februari  2021

Kepala SD Negeri ...........................





……………………………………….

NIP. ............................

                       

LAPORAN HASIL MELAKSANAKAN TUGAS

                                                                                                                                                                       Kepala              : Kepala Sekolah Negeri ...........................

Dasar                : Surat Tugas

Hasil laporan    : Saya telah mengikuti kegiatan Workshop Pendidikan dan Pelatihan Pembelajaran Tembang Dolanan  se-Kecamatan ........................... Tahun 2021, adapum materinya adalah Tembang dolanan mempunyai makna/nilai budi pekerti yang patut dan harus diajarkan pada generasi muda khususnya nak-anak. Beberapa nilai budi pekerti tersebut antara lain nilai nilai religius, kebersamaan, kemandirian, tidak boleh sombong, dan interopeksi diri. Tembang dolanan berbahasa Jawa yang mengandung nilai budi pekerti religius atau keagamaan terdapat pada tembang sluku-sluku bathok, ilir-ilir dan padang bulan. Tembang lagu dolanan berbahasa Jawa Jaranan mengandung nilai budi pekerti kebersamaan dan menghormati kepada yang lebih tua dan lebih tinggi kedudukannya.


..........................., 21 Februari  2021

Yang Melaporkan


............................

NIP. .....................................


Post a Comment