Manfaat Buah Kemplu (Maja) Dan Cara Mengolahnya Menjadi Jamu Herbal

Manfaat Buah Kemplu (Maja) Dan Cara Mengolahnya Menjadi Jamu Herbal

Contents [Show Up]
Manfaat Buah Kemplu (Maja) Dan Cara Mengolahnya Menjadi Jamu Herbal
Awalnya saya tidak percaya, ketika teman saya bilang kalau buah kemplu atau yang dikenal secara umum buah maja ini rasanya manis. Kenapa? karena saya tahunya buah kemplu (maja), rasanya pahit dan memabukkan alias tidak enak. Tapi teman saya meyakinkan saya dengan menunjukan didepan saya sendiri dan saya juga mencoba sendiri secara langsung. Dari situlah saya yakin dan percaya kalau buah kemplu (maja) rasanya enak, manis.
Manfaat Buah Kemplu (Maja) Dan Cara Mengolahnya Menjadi Jamu Herbal
Setelah saya mencoba dan merasakan sendiri rasa buah kemplu (maja), saya merasa ditipu oleh orang-orang yang mengatakan bahwa buah kemplu (maja) rasanya pahit, tidak enak dan memabukkan, serta berbahaya. Dalam hati saya bertanya kenapa Mereka berbohong, dan membohongi saya, maksudnya apa, untungnya apa?. Dari beberapa pertanyaan tersebut, Saya juga menjawab sendiri, mungkin agar saya tidak mengambil keuntungan dari buah tersebut, mungkin agar hanya Dia yang bisa mengolah dan memanfaatkan buah tersebut lalu menjualnya dan memperoleh banyak keuntungan. Yah.. biarlah yang penting sekarang saya tahu kalau buah kemplu (maja), itu enak dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, karena Saya sudah membuktikannya sendiri.

Tanaman Kemplu (maja) nama ilmiahnya bernama Aegle Marmelos. Tanaman ini dapat dimanfaatkan mulai dari daun, batang/kulit batang, akar dan buahnya. Hampir seluruh bagian tanaman bisa bersifat antibiotik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah kemplu (maja) memiliki berbagai kandungan nutrisi, baik mineral, protein, lemak, karbohidrat, karoten, tiamin, riboflavin, niasin dan vitamin C. Bahkan buah kemplu (maja) bermanfaat untuk kecantikan, yakni membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak. Selain mengandung berbagai jenis vitamin, kemplu (maja) juga dilengkapi dengan nutrisi gizi, seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Buah ini juga diperkaya dengan steroid, marmelosina, alkkaloida, minyak alami, dan kumarin.

Berikut manfaat dari Tanaman Kemplu (maja) dari daun sampai akarnya serta buahnya.
1. Mengobati segala macam penyakit, dengan meminum airnya yang sudah difermentasi. Setelah buah kemplu (maja) diolah melalui proses fermentasi dan dimasak maka khasiat dari buah kemplu (maja) pun menjadi lebih dahsyat dan ampuh sehingga dapat menyembuhkan berbagai penyakit tanpa efek samping, dengan cara diminum secara rutin dan berkala.

Nah bagaimana cara mengolah dan memfermentasi buah kemplu (maja).
Buah kemplu/maja bisa kita jadikan jamu yang bisa dikonsumsi dengan cara diminum.
Langkah dan cara membuat jamu dari buah kemplu/maja: 
1. Petik buah maja yang sudah tua dan matang, cirinya warna buah kemplu (maja) sudah mulai hijau keputihan, buahnya berat, karena semakin tua semakin banyak kandungan airnya sehingga semakin berat.
2. Buah kemplu (maja) kita pukul pakai kayu atau benda keras lainnya sehingga pecah (seperti memecahkan batok kelapa), maka buah kemplu (maja) akan pecah dan terbuka kelihatan isinya yang lunak.
3. langkah selanjutnya yaitu , ambil sendok makan lalu keruk isi buah kemplu (maja) (seperti mengeruk buah kelapa muda).
4. Masukan buah kemplu (maja) yang telah dikeruk kedalam toples, biasanya satu buah kemplu (maja), isinya bisa mencapai satu toples ukuran 1000 gr.
5. Setelah isi buah kemplu (maja) dah dimasukan toples lalu tutup toples rapat-rapat dan simpan baik -baik (dengan suhu sedang tidak panas tidak dingin) selama kurang lebih 48 jam.
6. Lalu buah kemplu (maja) yang sudah difermentasi dikeluarkan dan di masak sampai mendidih (cukup sampai mendidih jangan terlalu lama)
7. Buah kemplu (maja) yang sudah mendidih, diamkan kira kira agak dingin dan peras dengan kain untuk diambil airnya
8. Setelah diperas dan diambil airnya, lalu airnya dimasak lagi sampai mendidih (cukup hanya mendidih jangan terlalu lama)
9. Jamu/ramuan buah kemplu (maja) siap dikonsumsi
10. Minum satu gelas pagi dan sore secara rutin, Insya Alloh segala macam penyakit akan hilang dengan kehendak Alloh Subhanahu wata'ala..

2. Mengobati Penyakit Asma/Sesak Napas
Daun pohon kemplu (maja) juga bisa mengobati sakit asma. Namun, daun yang digunakan haruslah yang sudah kering.
Caranya, ambil lima gram daun maja kering haluskan dan campurkan dengan satu sendok teh madu dan minum dalam jangka waktu dua kali sehari.

3. Meredakan Diare
Buah maja memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Sehingga sangat efektif dimanfaatkan untuk meredakan diare.

Jika ingin meredakan diare, ada baiknya mengonsumsi buah maja itu secara langsung atau dijadikan jus buah. Namun, itu tergantung dengan selera masing-masing.

4. Obat Diabetes
Kandungan alami yang dimiliki di dalam buah kemplu (maja) tersebut sangat ampuh menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Buah maja ini memang sangat terkenal di seluruh penjuru dunia, namun nama internasionalnya dikenal dengan sebutan bael fruit atau wood apple.

Selain mengandung berbagai jenis vitamin, maja juga dilengkapi dengan nutrisi gizi, seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Buah ini juga diperkaya dengan steroid, marmelosina, alkkaloida, minyak alami, dan kumarin.

5. Mengobati Darah Tinggi
Daun kemplu (maja) ternyata juga sangat ampuh untuk mengusir penyakit darah tinggi. Caranya sangat mudah dan praktis, yaitu cukup dengan menyiapkan lembar daun maja dan hancurkan.

Selanjutnya, campurkan dengan madu dan buatlah seperti jus. Kemudian, minumlah setiap pagi hari. Dengan begitu, darah tinggi bisa teratasi dengan baik dan tidak memiliki efek samping.

6. Meningkatkan Konsentrasi
Buah kemplu (maja) juga berkhasiat untuk meningkatkan konsentrasi seseorang. Jika Anda mengalami persoalan tersebut, tentu bisa manfaatkan buah tersebut.

Caranya, sediakan buah kemplu (maja) yang sudah matang dan campurkan dengan mentega tawar serta gula pasir. Lalu, konsumsilah sekali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

Diketahui, seluruh bagian pohon maja mulai dari batang, daun, akar, hingga buahnya ternyata sejak ribuan tahun yang lalu sudah dijadikan ramuan tradisional di India.

7. Mengobati luka
Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat alami dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Daun tumbuhan ini juga baik untuk menjaga kesehatan termasuk membantu mengobati luka. Jika Anda termasuk orang yang sangat ceroboh dan suka terjatuh lalu terluka, maka Anda bisa mengobati lukanya dengan memanfaatkan daun tumbuhan maja. Ckup dengan menumbuk halus daun maja lantas tempelkan pada tubuh yang terluka.

8. Mengobati gatal-gatal
Atasi gatal-gatal kulit dengan menggunakan daun maja dan jangan lupa mengkonsumsi buah kemplu (maja) sebagai pertolongan alami dari dalam tubuh. Daripada terus menerus memakai salep atau minum obat kimia, lebih baik Anda mencoba cara alami ini siapa tahu berhasil dan benar-benar dapat mengatasi rasa gatal yang sering Anda alami.

9. Menyegarkan kulit
Salah satu manfaat buah kemplu (maja) adalah membantu menyegarkan kulit. Kandungan vitamin C di dalam buah ini berperan penting dalam membantu melancarkan peredaran darah kita sehingga kulit kita terlihat jauh lebih segar dan bersih. Vitamin C juga dapat merangsang pembentukan kolagen kulit yang mana memiliki fungsi alami untuk menjaga keelestatisan kulit kita serta menjaga kulit dari kerusakan yang banyak disebabkan oleh sinar matahari dan radikal bebas.

10. Menambah Stamina Tubuh
Stamina/daya tahan tubuh atau sistem imun  tubuh yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman/virus penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, memiliki stamina/daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit.