CONTOH SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEMESTER II IPS KELAS 8 DAN KUNCI JAWABAN

CONTOH SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEMESTER II IPS KELAS 8 DAN KUNCI JAWABAN

Contents [Show Up]
CONTOH SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEMESTER II IPS KELAS 8 DAN KUNCI JAWABAN
Penilaian Akhir Tahun (PAT) di tengah pandemic "Covid 19"dilaksanakan secara daring dan online, memang terasa agak kurang mantap tapi tetap bermakna. Untuk mengisi waktu anak-anak yang sedang diam di rumah menghindari wabah Corona, Mereka bisa diberikan soal-soal latihan ataupun soal-soal test untuk penilaian kenaikan kelas, atau Ulangan Kenaikan Kelas semester 2, karena bagaimanapun penilaian harus tetap dilaksanakan walaupun dengan segala keterbatasan yang ada karena pandemic covid-19 yang sedang melanda negeri tercinta ini.
CONTOH SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SEMESTER II IPS KELAS 8 DAN KUNCI JAWABAN
Bapak Ibu dapat memberikan tugas yang singkat, padat , berisi, tepi tidak membebani anak, dan orang tua, karena di tengah situasi dan kondisi masyarakat yang sedang labil dan darurat kesehatan, tugas yang diberikan pada anak anak hanya sekedarnya dan mengingatkan saja, serta sifatnya santai tapi pasti atau Serius tapi Santai (SERSAN).
Berikut contoh soal yang dapat Bapak Ibu Guru berikan pada anak didik sebagai penilaian di akhir semester 2 pembelajaran secara Daring/online.
Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas : VIII
Hari/Tanggal ;
Waktu : -

PETUNJUK UMUM:
1. Tulislah Basmallah di atas lembar soal ini!
2. Tulis namamu di kolom yang telah disediakan!
3. Bacalah tiap soal dengan teliti!
4. Kerjakan terlebih dahulu soal yang kamu anggap paling mudah!
5. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum kamu serahkan kepada Ustadz/Ustadzah!

1. Jelaskan secara singkat kronologi masuknya Jepang ke Indonesia!
2. Sebutkan 3 propaganda Jepang untuk menarik simpati masyarakat Indonesia!
3. Sebutkan 4 organisasi sosial bentukan Jepang di Indonesia!
4. Jelaskan hikmah/manfaat pendudukan Jepang bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)!
5. Jelaskan latar belakang peristiwa Rengasdengklok dan dampak dari peristiwa tersebut terhadap proses kemerdekaan Indonesia!
6. Bagaimana sikap rakyat di daerah-daerah terhadap proklamasi kemerdekaan
Indonesia?
7. Bagaimana peran BKR dan TKR dalam melaksanakan fungsi pertahanan dan keamanannya?
8. Jelaskan tentang pranata sosial yang kalian ketahui!
9. Mengapa masyarakat perlu membuat pranata sosial?
10. Jelaskan lima fungsi pranata sosial bagi kalian, keluarga kalian, dan sekolah kalian!
11. Jelaskan berbagai sistem ekonomi dan berikan contoh negara yang menganut system ekonomi tersebut!
12. Sebutkan perbedaan koperasi dan badan usaha swasta!
13. Sebutkan ciri-ciri pajak!
14. Jelaskan perbedaan antara pungutan pajak dan pungutan retribusi!
15. Sebutkan dan jelaskan fungsi pajak bagi perekonomian nasional!

Jawaban

1. Tahun 1942, memasuki  Nusantara, Pada awal pergerakannya, pemerintah militer Jepang menentang negara Indonesia. Namun, akhirnya berubah menjadi baik, setelah sekian waktu Jepang bertemu Indonesia. Jepang berlaku demikian demi kepentingan pemerintahannya yang pada saat itu sedang berlangsung perang. Selain setelah Jepang memahami harapan yang besar dari Indonesia untuk mencapai kemerdekaan, mereka mulai membuat propaganda-propaganda untuk mendapatkan kepercayaan pada hati bangsa Indonesia. Jepang pun terlihat dianggap-olah memihak pada kepentingan bangsa Indonesia.

2. Untuk menarik simpati Bangsa Indonesia, Jepang melakukan berbagai cara antara lain sebagai berikut:

1. Mendera merah putih diizinkan berkibar.
2. Lagu Indonesia Raya diizinkan untuk dinyanyikan.
3. Bahasa Indonesia diizinkan digunakan sebagai bahasa pengantar.
4. Mendirikan berbagai organisasi.

3.
A. Gerakan Tiga A, merupakan organisasi pertama yang didirikan Jepang pada 29 April 1942 yang dipimpin oleh Bpk. Syamsuddin.
B. Majelis Islam A'la Indonesia (MIAI) atau Majelis Syura Muslimin Indonesia (Masyumi) dibentuk pada 22 November 1943, di bawah pimpinan KH Hasyim Asy'ari, menjadi organisasi Islam yang didirikan oleh Jepang.
C. Pusat Tenaga Rakyat, didirikan pada 1 Maret 1942. Organisasi ini dipimpin oleh empat serangkai, yaitu Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan KH Mas Mansyur.
D. Jawa Hokokai (Himpunan Kebaktian Jawa), didirikan pada 8 Januari 1944. Organisasi ini dipimpin oleh pejabat-pejabat Jepang.

4. Kehidupan rakyat kala itu sangat memprihatinkan. Tenaga dan sumber daya Indonesia diperas untuk kepentingan perang Jepang.
Hal itu membuat rakyat indonesia semakin benci terhadap penjajahan, sehingga Kita sadar bahwa persatuan dan kesatuan adalah kunci utama keberhasilan mencapai kemerdekaan.
Bangsa untuk mencapai kemerdekaan Indonesia, dengan cara membentuk organisasi organisasi dan persatuan. Tidak mudah di adu domba, mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan

5. Peristiwa Rengasdengklok merupakan salah satu peristiwa yang sangat bersejarah bagi Indonesia, dilatar belakangi karena adanya perbedaan pendapat antara golongan tua dengan golongan muda.
Golongan tua berpendapat untuk proklamasi kemerdekaan Indonesia perlu perundingan dulu dengan PPKI, sedang golongan muda ingin cepat cepat Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, dan tidak usah berunding dengan PPKI yang dibentuk Jepang.
Sehingga Ir. Soekarno dan Mr. Moh. Hatta diculik sehari penuh di Rengasdengklok. Ini demi kebaikan mereka agar tidak terpengaruh Jepang dan cepat-cepat memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

6. Rakyat Indonesia sangat mendukung dan senang serta bergembira dengan kemerdekaan Indonesia.

7. Peran BKR mempertahankan kemerdekaan bersama sama dengan rakyat
Peran TKR bersiap siap dan siaga dengan kedatangan tentara sekutu ke Indonesia, TKR bekerja keras digaris depan untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

8. Pranata sosial adalah sebuah institusi, lembaga sosial hasil keputusan masyarakat, yang membuat sebuah norma/aturan dalam kehidupan bermasyarakat.

9. Tanpa pranata sosial dunia ini akan tidak aman, dan dunia ini akan seperti dunia hewan. Karenanya untuk menjaga dan mempertahankan kehidupan ini agar bisa berjalan dengan baik dan benar. Keluarga bisa harmonis, lingkungan aman, desa aman negara aman, nyaman.

10. fungsi pranata atau aturan sosial adalah untuk menyadarkan seluruh anggota masyarakat( dari Keluarga ) agar berperilaku sesuai nilai dan norma/aturan yang berlaku dalam keluarga, sekolah, lingkungan dan masyarakat.

11. Sistem ekonomi adalah cara bangsa atau negara mengatur perekonomiannya.
jenis sistem ekonomi:
a. Sistem ekonomi tradisional, yang ditentukan oleh masing masing daerah, tempat
b. Sistem ekonomi terpusat, yang ditentukan oleh pemerintah pusat
c. Sistem ekonomi liberal, yang ditentukan oleh pasar
d. Sistem ekonomi campuran, antara pusat dan daerah saling bersama mengatasi kemajuan dan masalah ekonomi suatu negara.
contohnya Indonesia menganut sistae ekonomi campuran dan demoktratis.

12.Perbedaan Koperasi dan badan Usaha
1. Dasar pendirian dan tujuan koperasi berdasarkan kesamaan cita-cita dan tujuan mencapai kesejahteraan bersama berdasarkan asas kekeluargaan dan gotong royong. Sedangkan dasar pendirian dan tujuan badan usaha hanya untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya.
2. Keanggotaan koperasi terbuka bagi semua warga negara yang sudah dewasa. Sedangkan keanggotaan dari badan usaha lain hanya terbuka bagi orang yang memiliki modal.
3. Dalam koperasi, kekuasaan tertinggi ada pada rapat anggota. Sedangkan dalam badan usaha lain kekuasaan tertinggi ada pada rapat pemegang saham atau pemodal.
4. Modal koperasi berasal dari simpanan anggota, sedangkan modal badan usaha lain berasal dari dari penjualan saham, perorangan, atau kelompok
5. Dalam koperasi terdapat pembagian SHU menurut jasa anggota, sedangkan dalam badan usaha lain tidak ada pembagian SHU

13. Ciri ciri pajak
- Pajak adalah iuran wajib yang harus dibayarkan warga negara berdasarkan undang-undang dan hukum,
- Pajak bersifat memaksa
- wajib pajak tidak mendapatkan imbalan

14.
1. Pajak
a. Dasar Hukum
Sebagaimana diatur dalam UUD 1945 Pasal 23A, disebutkan bahwa Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang.

b.Balas Jasa
Pajak merupakan salah satu sarana pemerataan pendapatan warga negara.

c. Objek Pajak
Objek pajak bersifat umum contohnya pajak penghasilan, pajak barang mewah, pajak kendaraan bermotor

d. Tujuan
Secara umum tujuan yang dapat dicapai dari diberlakukannya pajak adalah untuk mencapai kondisi meningkatnya ekonomi suatu negara

Retribusi
a. Dasar Hukum
Retribusi dipungut berdasarkan Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, atau Peraturan Daerah.

b. Balas Jasa
Balas jasa kepada wajib retribusi dapat dirasakan langsung, contohnya retribusi kebersihan (sampah) manfaatnya dapat dirasakan langsung dengan diangkutnya sampah wajib retribusi oleh petugas.

c. Objek Retribusi
Orang atau Badan yang menggunakan atau mendapatkan jasa atau izin yang diberikan oleh pemerintah.

d. Tujuan
Retribusi memiliki tujuan untuk memberikan jasa atau ijin kepada masyarakat sehingga mereka dapat melaksanakan kegiatan mereka serta mendapatkan pelayanan dari pemerintah.

15. Fungsi pajak, untuk
1. membiayai dan digunakan untuk kepetingan umum (negara dan masyarakat).
2. Membangun Infrastruktur
3. Membantu Masyarakat
4. Membiayai kebutuhan negara