Karnaval Anak-Anak Dalam Pesta Siaga, Jambore Sebagai Ajang Kreatifitas

Karnaval Anak-Anak Dalam Pesta Siaga, Jambore Sebagai Ajang Kreatifitas

Contents [Show Up]
Karnaval Anak-Anak Dalam Pesta Siaga, Jambore Sebagai Ajang Kreatifitas
Karnaval merupakan salah satu kegiatan menunjukan kreatifitas, inovasi, hasil karya yang dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok dalam rangka perlombaan ataupun perayaan, syukuran, Hari Ulang Tahun, Hari Jadi, ataupun kegiatan lain yang diselenggarakan oleh pemerintah, sewasta, baik secara Nasional maupun daerah provinsi, kabupaten, kecamatan, desa, RT, RW, ataupun kegiatan Pesta Siaga, maupun Jambore.
Karnaval Anak-Anak Dalam Pesta Siaga, Jambore Sebagai Ajang Kreatifitas
Menurut KBBI, arti karnaval adalah pawai dalam rangka pesta perayaan (biasanya mengetengahkan bermacam corak hal yang menarik dari yang dirayakan itu). Karnaval juga diartikan sebagai Pameran, Pesta, Perlombaan, dan Peringatan Hari kebesaran.

Karnaval menjadi suatu hiburan tersendiri bagi Masyarakat, menjadi tontonan yang menarik, karena dalam sebuah karnaval pasti terdapat hal-hal yang unik, menarik,  dan terkadang menjadi viral karena kreatifitas dan ide cemerlang promotornya. Ajang pertunjukan kreatifitas ini akan berisi berbagai kreatifitas, inovatif berbagai tema, baik tema persatuan kesatuan, agama, pendidikan, kesehatan, kebersihan, budaya, tekhnologi, pertanian, ekonomi, industri, profesi, superhero, Tema unik dan lucu ataupun tema-tema lainnya.

Dalam sebuah karnaval tercermin sebuah semangat persatuan dan kebersamaan dan menebar perdamaian serta kedamaian, kebahagiaan. Kegiatan karnaval merupakan kegiatan penting untuk merefleksikan kembali agar tetap semangat serta keinginan bangsa Indonesia untuk menjunjung tinggi nilai-nilai perjuangan tahun 1945 dalam bentuk atraksi budaya dan penampilan sejarah. "Melalui karnaval dengan penampilan tematik yang ditampilkan, diharapkan akan meningkatkan semangat perjuangan, kreatifitas dari diri kita bahwa kemerdekaan yang telah kita nikmati hari ini adalah hasil dari semangat perjuangan dari pahlawan-pahlawan yang telah mendahului kita".

Dalam artikel ini, saya sedikit memberikan gambaran dan bentuk kreatifitas anak-anak dalam memeriahkan karnaval dalam kegiatan Pesta Siaga.  Perlu saya garis bawahi bahwa "Kreatifitas tidak harus mahal" artinya dalam berkreasi jangan berfikiran pada habis berapa modalnya, Ingat!!!, kreatifitas bisa dilakukan tanpa modal yang berarti, yang penting semangat, anda jangan bingung-bingung, anda bisa melihat keadaan daerah anda, baik dari segi matapencaharian masyarakat, ekonomi, budaya, hasil bumi, destinasi wisata, ataupun lainnya. Galilah dari daerah Anda, cermati dan munculkan kelebihan daerah Anda, tentu hasilnya akan lebih menarik dan unik dimata umum dan pamirsa/penonton maupun yuri perlombaan (bila karnaval dilombakan).
berikut beberapa contoh hasil kreatifitas anak-anak yang mungkin bisa menginspirasi dan memancing kreatifitas anda dalam mengikuti karnaval anak-anak.

Pada akhirnya marilah kita tanamkan ke Mereka (anak-anak) nilai nilai keagamaan, kebangsaan, keindahan, persatuan, semangat bekerja pada anak-anak  generasi penerus bangsa, karena mereka merupakan penurus penerus pejuang bangsa yang akan datang, yang akan menggantikan Kita para generasi tua. Kita ketahui bahwa bangsa yang besar akan tokoh jika generasinya berkualitas anak anak adalah potensi yang akan menentukan masa depan bangsa,” “investasi tak ternilai adalah bantu generasi penerus bangsa sejak dini selain itu anak anak kita harus diberi ilmu agama yang memadai sesuai dengan kepercayaan yang dianut serta meningkatkan budi pekerti dan akhlak agar menjadi anak anak yang berbudi luhur dan berakhlakul karimah sehingga dapat mengantarkan anak anak kita memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang kehidupan yang lebih lanjut,”.