CONTOH ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS DALAM RKS

CONTOH ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS DALAM RKS

Contents [Show Up]
CONTOH ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS DALAM RKS

Era globalisasi yang tak terbendung akan membawa dampak perubahan pada berbagai bidang kehidupan masyarakat, baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, keamanan, maupun kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Perkembangan dan perubahan di berbagai bidang tersebut secara langsung ataupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap perkembangan dunia pendidikan. Pengaruh secara langsung yang dihadapi dunia pendidikan adalah perubahan sikap masyarakat terhadap dunia pendidikan. Perhatian masyarakat terhadap dunia pendidikan semakin tinggi. Masyarakat mempunyai harapan yang besar terhadap pendidikan. Pendidikan diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan zaman dan menghasilkan output yang siap menghadapi tantangan zaman yang semakin kompetitif; sedangkan pengaruh tidak langsung, dunia pendidikan mau tidak mau harus terus berbenah agar keberadaannya benar-benar mampu menjawab kebutuhan zaman. Oleh karena itu, berbagai upaya inovasi dan perubahan baik, dari sisi filosofi maupun manajemen pendidikan harus selalu berubah dan berkembang selaras dengan paradigma perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Masyarakat modern dengan berbagai pergeseran corak budaya serta kehidupan sosial ekonomi dan politiknya  menuntut agar pendidikan benar-benar mampu mencetak genarasi yang paripurna, siap bersaing di kancah global.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, mau tidak mau harus diakomodasi oleh lembaga pendidikan. Sosok sekolah harus mampu mengikuti arus perkembangan tersebut dan untuk selanjutnya mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi itu untuk membentuk output yang melek teknologi. Pendidikan yang berbasis ternologi adalah jawaban yang tidak bisa ditawar-tawar.

Pada intinya, perubahan pranata sosial, ekonomi, budaya, dan ilmu pengetahuan  serta teknologi harus senantiasa terakses dan terwadahi dalam rangka menentukan arah kebijakan pendidikan. Dengan demikian, pendidikan di Indonesia akan semakin berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Demikian deskripsi Analisis Lingkungan Setrategis dalam penyusunan RKS semoga dapat menginspirasi Anda.