LK Teknik Analisis Manajemen LK-01 Analisis SWOT Dan LK 02 Analisis Rapot Mutu Sekolah

LK Teknik Analisis Manajemen LK-01 Analisis SWOT Dan LK 02 Analisis Rapot Mutu Sekolah

Contents [Show Up]
LK Teknik Analisis Manajemen LK-01 Analisis SWOT Dan  LK 02 Analisis Rapot Mutu Sekolah
Pada era digitalisasi informasi dan tuntutan persaingan global dewasa ini memberikan tantangan tersendiri bagi kepala sekolah (satuan pendidikan) sebagai ujung tombak pelaku penyelenggaraan pendidikan. Hal ini memerlukan upaya untuk meningkatkan kompetensi bagi kepala sekolah agar selalu dapat melihat dan melakukan pengembangan sekolah seiring dengan tuntutan dan perkembangan peradaban manusia pada masanya.
LK Teknik Analisis Manajemen LK-01 Analisis SWOT Dan  LK 02 Analisis Rapot Mutu Sekolah
Dalam upaya tersebut tentunya kepala sekolah sebagai pelaku penyelenggaraan pendidikan harus dapat melakukan analisis manajemen yang meliputi faktor internal maupun eksternal.

Analisis manajemen yang meliputi faktor internal maupun eksternal diperlukan saat sekolah melaksanakan siklus pemetaan mutu pada Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan kegiatan utamanya adalah melakukan evaluasi diri sekolah (EDS)

Kepemimpinan abad 21 bagi kepala sekolah dapat dilakukan dengan beberapa strategi.
Pertama, kepala sekolah harus mampu melihat peluang dan potensi yang ada dengan mengidentifikasi masalah di sekolahnya sebagai dasar pengembangan sekolah. Yang terpenting bagi kepala sekolah adalah pelibatan secara aktif pemangku kepentingan (stakeholders) sekolah yaitu guru, tenaga kependidikan, peserta didik dan orangtua serta pihak terkait di luar sekolah untuk menyelesaikan persoalan sekolah.

Kedua, kepala sekolah dalam perannya sebagai supervisor harus mampu berperan sebagai pemimpin instruksional dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran abad 21 sesuai dengan konsep pendekatan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills).

Ketiga, kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan abad 21 harus mampu mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan di sekolah baik guru, tenaga kependidikan, maupun orangtua untuk bersama-sama mewujudkan pendidikan yang dinamis sesuai dengan perkembangan industri 4.0.

Keempat, kepala sekolah harus memberikan dukungan semangat dan penghargaan kepada guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik yang telah mencapai hasil atas prestasi, inovasi, dan pencapaian lain yang membanggakan.


Tujuan Penugasan:
Peserta mampu menganalisis SWOT dari studi kasus sesuai dengan jenjang yang diberikan.

Petunjuk Penugasan:
1. Kerjakan secara berkelompok (4 atau 5 orang).
2. Lakukan analisis SWOT didasarkan pada kasus yang diberikan
3. Selanjutnya lakukan penyusunan strategi WO, ST, WT dan SO
4. Tuliskan hasil analisis dan penyusunan strategi pada format yang tersedia
5. Presentasikan hasil diskusi analisis SWOT kelompok Saudara(15 menit)
6. Nilai karakter yang diamati dalam mengerjakan tugas LK-01 ini adalah kemandirian (subnilai kreatif dan teguh prinsip), integritas (subnilai tanggungjawab), dan gotong royong (subnilai kerjasama dan aktif berdiskusi).
Penilaian
Rentang Nilai Rubrik
86 – 100 Semua jawaban  tepat dalam melakukan analisis SWOT dan Strategi yang ditentukan
76 – 85.99 Semua jawaban  tepat dalam melakukan analisis SWOT dan Strategi yang ditentukan belum tepat
66 – 75.99 Semua jawaban  tepat dalam melakukan analisis SWOT dan belum menentukan Strategi
0 – 65.99 Semua jawaban belum tepat dalam melakukan  analisis SWOT dan Strategi yang ditentukan

Soal kasus untuk analisis SWOT

Kasus Pada Taman Kanak-Kanak (TK)

TK Negeri Pembina 2 berdiri pada tahun 1996, terletak di tengah kota dan sudah cukup dikenal masyarakat atas prestasi yang dicapai. Pada Tahun Pelajaran 2015/2016 TK ini sudah melaksanakan Kurikulum 2013 dan telah menyusun perangkat pembelajaran oleh seluruh guru. Saat pelaksanaan pembelajaran, kepala sekolah menemukan guru yang masih mengajar dengan metode konvensioal, belum mengikuti perkembangan zaman; dengan belajar dari berbagai sumber, dan belum memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Hasil Wawancara:
1. Prestasi kepala sekolah
2. Guru belum menguasai berbagai teori belajar
3. Dukungan komite sekolah sangat baik
4. Guru masih diskriminatif terhadap peserta didik
5. Sebagian besar orang tua peserta didik sebagai buruh tani yang berpenghasilan rendah


Kasus Pada Sekolah Dasar (SD)
SD Permata terletak di pinggir kota kecamatan yang masyarakatnya mendukung terhadap sekolah. Sekolah ini memiliki lahan yang cukup luas. Sekolah ini terus berusaha meningkatkan kualitas terkait dengan delapan standar nasioanl pendidikan (SNP) yang diberlakukan oleh pemerintah. Guru sudah terbiasa memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran. Kepala SD Permata dikenal mempunyai kepribadian yang baik. Program sekolah selalu mendapat dukungan positif dari komite sekolah. Sarana yang dimiliki sekolah cukup memadai untuk mendukung proses pembelajaran, tetapi rata-rata siswa belum menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif. Guru masih jarang menggunakan lembar pengamatan untuk memantau proses pembelajaran. Walaupun sudah diprogramkan, remedial dan pengayaan belum berjalan dengan baik

Berdasarkan wawancara dengan kepala sekolah diketahui hal-hal sebagai berikut:
1. Guru mempunyai semangat dan disiplin yang tinggi
2. Kerja sama antarguru cukup tinggi
3. Adanya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mengancam sekolah
4. Orang tua siswa sebagian besar buruh
5. Sekolah memiliki nilai akreditasi B
6. Dana BOS sudah terkelola dengan baik
7. Guru jarang mengembalikan hasil pekerjaan siswa
8. Penentuan KKM tidak berdasarkan ketentuan


Kasus Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP)
SMP Putra Arjuna berdiri di atas sebidang tanah yang memiliki luas sekitar 2 hektare di Kota Baraya. Sekolah ini terletak di pinggir kota, namun akses ke sekolah ini sangat mudah karena terletak di pinggir jalan raya yang sering terjadi kecelakaan. Pepohonan banyak tumbuh di halaman sekolah. Hal ini membuat udara di lingkungan sekolah menjadi segar dan membuat nyaman warga sekolah. Setiap kelas memiliki taman yang terletak di depan masing-masing kelas.
Siswa sekolah itu kebanyakan berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah yang kebanyakan bekerja sebagai buruh tani. Tidak jauh dari sekolah terdapat banyak perusahaan BMUN seperti PLN, BNI, dan BRI, yang mendukung sekolah. Pembelajaran IPA terpadu di sekolah hanya teori. Hal ini terjadi karena alat praktikum kurang dan banyak yang rusak.  Koleksi buku pelajaran yang tersedia di perpustaan masih kurang. Sejak tahun 2015 penyusunan RKS/RKAS mempertimbangkan skala prioritas.
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diperoleh informasi sebagai berikut:

1. Animo masyarakat untuk menyekolahkan anak di sekolah tersebut cukup tinggi
2. Kepala sekolah memiliki kompetensi yang sangat baik
3. Beberapa kelas belum memiliki jaringan listrik
4. Media yang digunakan guru dalam pembelajaran masih sedikit.


Kasus Pada Sekolah Menengah Atas (SMA)
SMA Permata berada di pusat Kota Nusantara dengan lahan yang cukup luas. Sekolah ini mendapat Adiwiyata Nasional dan sedang berupaya mandiri. Lingkungan sekolah terawat dengan baik sehingga terlihat bersih dan asri.  Sekolah ini dipimpin oleh kepala sekolah yang berpengalaman.
Pak Imron selaku kepala sekolah bertekad memajukan prestasi sekolah dengan meningkatkan proses pembelajaran guru yang masih kurang baik dalam penguasaan metode maupun pengelolaan kelas. Beliau merencanakan supervisi akademik secara rutin sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas sekolah.
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diperoleh informasi sebagai berikut:
1. Masyarakat baik mendukung kebijakan sekolah
2. Sebagian besar orang tua siswa berpenghasilan rendah
3. Pemahaman tentang penilaian proses kurang terutama pada ranah sikap dan keterampilan
4. Pembelajaran guru masih monoton
5. Guru  kurang menggunakan media pembelajaran
6. Kemampuan guru menyampaikan apersepsi rendah.

Kasus Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
SMK Mahir merupakan salah satu SMK Adiwiyata Nasional yang terletak di tengah kota. Sebagian besar guru sudah menerapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), namun ada sebagian guru belum menguasai TIK. Bahkan, salah satu guru memiliki prestasi di tingkat provinsi. Ketersediaan sarana TIK cukup memadai, sehingga mendukung kelancaran proses pembelajaran di kelas. Sebagian besar tenaga kependidikan masih honorer yang kurang menguasai pekerjaan. Gaji guru dan tenaga kependidikan ditangani oleh seorang bendahara lulusan SMP. Banyak kegiatan administrasi yang tidak bisa ditangani oleh tenaga kependidikan.
Berdasarkan hasil wawancara, diperoleh informasi sebagai berikut :
1. Animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke SMK tersebut cukup tinggi
2. Masyarakat mendukung program sekolah dengan baik
3. Bupati/Walikota melarang menarik uang iuran/sumbangan apapun dari orang tua
4. Kepala TU tidak bisa bekerja sesuai dengan tupoksinya
5. Hampir semua pekerjaan administrasi, khususnya yang berhubungan dengan teknologi informasi dan urusan kepegawaian, ditangani dan diselesaikan oleh guru
6. Sumber dana sekolah berasal dari dana BOS dan komite sekolah, serta telah dikelola dengan baik


Jawaban LK Analisis SWOT
Jenjang : SD  Silahkan Download


LK-02 Analisis Rapor Mutu Sekolah

Tujuan Penugasan:
Peserta mampu menganalisis rapor mutu dan menyusun rekomendasi hasil raport mutu

Petunjuk Penugasan:
1. Kerjakan secara berkelompok4-5 orang
2. Lakukan analisis rapor mutu  dan susunlah rekomendasi hasil analisis raport mutu didasarkan pada kasus yang diberikan (30 menit)
3. Tulis jawaban Saudara pada lembar kerja/laptop
4. Presentasikan hasil diskusi analisisrapor mutu kelompok Saudara (15 menit)
5. Nilai karakter yang diamati dalam mengerjakan tugas LK 02 ini adalah kemandirian (subnilai kreatif dan teguh prinsip), integritas (subnilai tanggungjawab), dan gotong royong (subnilai kerjasama dan aktif berdiskusi).

Penilaian
Rentang Nilai Rubrik
86 – 100 Semua jawaban  memiliki relevansi dan logika yang sangat tinggi antara rapor mutu dan hasil analisis
76 – 85.99 Semua jawaban  memiliki relevansi dan logika yang tinggi antara rapor mutu dan hasil analisis
66 – 75.99 Semua jawaban  memiliki relevansi dan logika yang cukup tinggi antara rapor mutu dan hasil analisis
0 – 65.99 Semua jawaban  memiliki relevansi dan logika yang kurang antara rapor mutu dan hasil analisis


Format  Analisis Rapor Mutu dan jawabannya
Jenjang : SD

Silahkan download