Bimbingan Menyanyi Tunggal FLS2N Lagu Doa Anak Negeri, Indonesia Jaya, Hamba Menyanyi, Andai Aku Besar Nanti, Gethuk Sokaraja

Bimbingan Menyanyi Tunggal FLS2N Lagu Doa Anak Negeri, Indonesia Jaya, Hamba Menyanyi, Andai Aku Besar Nanti, Gethuk Sokaraja

Contents [Show Up]
Bimbingan Menyanyi Tunggal FLS2N Lagu Doa Anak Negeri, Indonesia Jaya, Hamba Menyanyi, Andai Aku Besar Nanti, Gethuk Sokaraja
Lomba FLS2N, Audisi, Kontes, Karaoke ataupun lomba lainnya selalu diadakan hampir setiap tahun, baik tingakt desa, kecamatan, kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional, bahkan tingkat international.
Karenanya kita perlu mempersiapkan bibit yang baik untuk bisa ikut lomba, sehingga hasilnya akan memuaskan dan tidak mengecewakan.
Bimbingan Menyanyi Tunggal FLS2N Lagu Doa Anak Negeri, Indonesia Jaya, Hamba Menyanyi, Andai Aku Besar Nanti, Gethuk Sokaraja
Menyanyi adalah melantunkan suara dengan nada-nada yang beraturan, sebagai ungkapan perasaan melalui nada dan syair,  melalui irama dan harmoni, bernyanyi juga dapat menenangkan hati seseorang, menghidupkan jiwa seseorang dengan bernyanyi kau akan hidup dalam keceriaan.

Dengan menyanyi kita dapat mengekspresikan suasana hati kita. Manfaat bernyanyi berakibat pada kesehatan yang baik, manfaat ini berjalan melalui sistem endokrin didalam tubuh yang terkait dengan emosional seseorang. Lewat menyanyi pun, dapat membantu mengendurkan saraf kita setelah dipakai seharian bekerja. Dan yang terpenting dengan menyanyi bisa menghibur diri sendiri sekaligus melepas stres, aktivitas ini bahkan mampu mengeluarkan energi positif kita.
Ini adalah manfaat dari menyanyi :

1.      Meningkatkan rasa kebersamaan.
Layaknya menyanyi seorang diri, saat melakukannya dengan orang lain, justru rasa kebersamaan yang akan muncul.  Lihat saja, seperti sedang menyanyi bersama dengan penonton lain disebuah konser musik atau ketika malam perpisahan saat pesta kelulusan.  Seolah kita telah mengenal orang yang berdiri disamping kita sebagai sahabat lama.

2.      Hampir sama dengan berolah raga/aerobik.
Meningkatkan jumlah dan lancarnya sirkulasi oksigen didalam darah. Di sisi lain dapat melatih kelompok otot besar di bagian atas tubuh bahkan ketika duduk sekalipun.

3.      Mengurangi  stres.
Saat bernyanyi, secara tidak disadari Anda sedang mengusir stres. Tubuh melepaskan endorphin yang dikenal dengan hormon bahagia, level kortisol menurun, dan hormon oksitosin yang memerangi stres meningkat dalam otak. Kombinasi ketiganya membuat suasana hati bagus. Manfaat ini berjalan melalui sistem endokrin didalam tubuh yang terkait dengan emosional seseorang. bernyanyi dapat memberikan pengaruh positif, sebab secara tidak langsung saat bernyanyi kita juga sedang melakukan curhat atau curahan hati kepada diri sendiri. Biasanya curhat merupakan cara yang paling ampuh dalam menenangkan perasaan orang yang sedih, dan menetralkan perasaan orang yang saat bahagia.

4.      Memperpanjang umur.
Menyanyi dapat melatih kerja organ paru-paru dan jantung dengan optimal, aktivitas mereka berhubungan dengan perbaikan fungsi hati dan kesehatan mental.   
Disisi lain, juga dapat memperbaiki postur tubuh, mengencangkan otot perut dan punggung bila dilakukan dalam posisi menyanyi yang benar. Serta tidak lupa dengan menyanyi dapat pula membantu membersihkan saluran pernapasan.

5.      Memproduksi "hormon baik".
Ibarat sedang makan sebatang cokelat, yang dipercaya mampu merelaksasikan segala perasaan dan ketegangan yang tengah melanda, begitu pula manfaat menyanyi. Keduanya dipercaya dapat memproduksi si "hormon baik" yaitu hormon endorfin pada tubuh.

6. Membantu memerangi sakit. 
Menurut studi Journal of Music Therapy, pasien yang menderita sakit kronis dapat meredakan gejala dengan bernyanyi. Saat bernyanyi, otak memproduksi "senyawa bahagia" yang mengalihkan energi dan perhatian jauh dari rasa sakit.

Menghilangkan depresi dan kegelisahan. Beberapa penelitian di Kanada telah membuktikan hal ini. Bernyanyi juga meningkatkan aspek emosi dan kondisi fisik, selain itu memperbaiki hubungan dengan sesama.

Nah tibalah saatnya kita berlatih dan membimbing menyanyi putra putri kita.
Di bawah ini ada link yang menuju pada alamat youtube tentang bimbingan menyanyi tunggal Lagu-lagu Untuk Lomba FLS2N, Audisi, Kontes, Karaoke ataupun lomba lainnya termasuk lomba untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan, silahkan Aanda klik linknya semoga bermanfaat.

https://youtu.be/wFpCIUImSvY 
https://youtu.be/_UW89WdO5-A
https://youtu.be/czH3PHwQdpM

Perlu diingat dalam menyanyi modal awal yang terpenting adalah KEBERANIAN dan PERCAYA DIRI, serta jangan lupa BERDO'A, setelah itu baru Anda bisa mengatur dan berlatih yang lainnya yaitu:

1. PERNAPASAN
2. MEMBENTUK SUARA (Anda tidak usah pusing dengan warna suara Anda, apapun warna dan bentuk suara Anda itu adalah pemberian Allah SWTbyang harus kita syukuri), Anda tinggal melatih dan mengasahnya, sehingga menjadi warna dan bentuk suara yang khas dan menjadi ciri suara Anda. Tidak usah meniru dan mengepas-paskan dengan suara orang lain. Justru Anda harus mempunyai suara yang khas pribadi Anda.
3. RESONANSI ( Menggemakan suara )
4. VOCAL & KONSONAN
5. INTONASI ( Menyanyikan nada dengan tepat )
6. ARTIKULASI ( Pengucapan yang benar & Jelas )
7. FRASERING ( Menyanyikan kalimat dengan utuh )
8. INTERPRETASI & EKSPRESI ( Memahami & Menjiwai nyanyian )