Contoh Laporan PKB Bimbingan Teknis/Diklat Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Contoh Laporan PKB Bimbingan Teknis/Diklat Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Contents [Show Up]
Contoh Laporan PKB Bimbingan Teknis/Diklat Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
Selamat datang sobat, mungkin Anda perlu contoh untuk membuat laporan Pengembangan Keprofesian berkelanjutan (PKB) untuk dijadikan lampiran berkas pengajuan DUPAK Anda. Dalam artikel ini saya membuat contoh laporan pengembangan diri tentang Bimbingan Teknis Dan Pelatihan Pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Anda bisa jadikan referensi dan panduan Anda dalam membuat laporan PKB yang telah Anda laksanakan. Mungkin   berbeda dengan  diklat yang telah Anda laksanakan, tapi setidaknya, secara teknis penyusunannya hampir sama, yang jelas, merevisi merupakan hal terpenting yang harus Anda lakukan sebagai bukti Andatelah melakukan/membuat laporan PKB yang telah Anda laksanakan.
Contoh Laporan PKB Bimbingan Teknis/Diklat Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa, bukti fisik berupa, piagam kegiatan PKB baik berupa Diklat, Bimtek, Workshop, Seminar, KKG, MKKS,  tidak serta merta cukup dilampirkan dalam lampiran berkas pengajuan DUPAK, tapi piagam tersebut harus dilengkapi  dengan bukti fisik lainnya yaitu; undangan, surat tugas, jadwal kegiatan, daftar hadir, dan tidak kalah penting laporan kegiatan yang harus dibuat secara sistematis dan lengkap serta jelas. sehingga menandakan bahwa PKB yang telah Anda laksanakan dapat dipertanggungjawabkan secara administrasi dan sah secara hukum administrasi.
PEMERINTAH KABUPATEN ....................
DINAS PENDIDIKAN
SD NEGERI ......................... KECAMATAN ....................
Alamat: …………………..
         


LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI


NAMA KEGIATAN                        :   MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) 
                                                                           
HARI,TANGGAL : 28 Februari s.d 3 Maret  2018
TEMPAT KEGIATAN                    : UPT Dinas  Pendidikan Unit Kecamatan
....................
PENYELENGGARA :   Dinas Pendidikan  Kabupaten ....................


DISUSUN OLEH :

Nama : ....................
NIP : ....................
Jabatan Guru : Guru Muda/Kepala Sekolah
Pangkat/Gol Ruang/TMT : Penata /IIIc/ 01/04/2016
Alamat Sekolah : SD Negeri ....................
  Kecamatan .................... Kabupaten ....................




SEKOLAH DASAR NEGERI ....................
KECAMATAN ....................  KABUPATEN ....................
2018


KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil ‘alamin Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, atas segala rahmat, hidayah dan inayah-Nya yang diberikan kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan kegiatan ini.
Diadakannya kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)  ini adalah karena masih perlu pembekalan yang lebih banyak lagi serta amanat dari Peraturan Mentri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Thn  2009  tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB ) merupakan salah satu unsur utama yang diberikan angka kredit untuk kenaikan pangkat /jabatan fungsional guru. Guru sebagai Tenaga Profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan 2025 yaitu menciptakan Insan Indonesia cerdas dan kompetitif.

Laporan pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) bertujuan untuk “Peningkatan Kompetensi dan profesionalitas Kepala Sekolah sebagai salah satu pihak yang berwenang melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada sekolah yang dipimpinnya. Laporan ini disampaikan sebagai bukti Pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis sebagai upaya dari Kelompok Kerja Pengawas Sekolah Kabupaten .................... Dan Dinas Pendidikan Kabupaten .................... dalam meningkatkan kompetensi dan  profesionalitas Kepala Sekolah di Kabupaten .....................

Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi penyempurnaan laporan di masa mendatang. Akhirnya, semoga Allah SWT melimpahkan kekuatan pada kita untuk selalu berkomitmen dalam  melaksanakan tugas sesuai dengan kewajiban dan tanggung jawab masing-masing.

...................., 3 Maret 2018
Penyusun

....................
NIP. ....................


DAFTAR ISI
Judul i
Kata Pengantar ii
Daftar Isi iii

BAB I.  PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 1
B. Dasar Hukum 2
C. Tujuan 2
D. Sasaran 3
E. Hasil yang Diharapkan 3
BAB II.  LAPORAN KEGIATAN 4
A. Peserta, Waktu Dan Tempat
B. Materi dan Struktur Program 4
C. Skenario Kegiatan 4
D. Rencana Tindak Lanjut 5
BAB III.  PENUTUP 5
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Surat Tugas
2. Jadwal Kegiatan
3. Foto Kopy Sertifikat

LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI

DISUSUN OLEH :

NAMA : ....................
NIP : ....................
NUPTK : ………………
JABATAN : Kepala Sekolah
PANGKAT/GOL : Penata /III C
UNIT KERJA : SD Negeri ....................
NO. HP : 0812 2973 ………….

Laporan Pengembangan diri Bimbingan Teknis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)  yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten .................... pada tanggal 28 Februari s.d 3 Maret  2018 di UPT Dinas Pendidikan Unit Kecamatan ...................., ...................., Jawa Tengah, Sebagai Peserta  telah diketahui dan disahkan oleh atasan yang menugasi  dan melaksanakan kegiatan pengembangan diri tersebut dan dapat digunakan sebagai pendukung kegiatan pengembangan diri yang telah dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku.

...................., 3 Maret 2018
Disahkan oleh :
Kepala UPT Dinas Pendidikan
             Unit Kecamatan ....................


....................
Pembina
NIP …………….



BAB I
PENDAHULUAN


A. Rasional
Era reformasi telah membawa perubahan mendasar dalam berbagai tatanan kehidupan termasuk dunia pendidikan. Salah satu perubahan mendasar yang sedang digulirkan saat ini adalah manajemen negara, yaitu dari manajemen berbasis pusat menjadi manajemen berbasis daerah. Secara resmi, perubahan manajemen ini telah diwujudkan dalam bentuk "Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah" yang kemudian diikuti pedoman pelaksanaannya berupa "Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Propinsi sebagai Daerah Otonomi.

Salah satu konsekwensi logis dari Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tersebut adalah manajemen pendidikan harus disesuaikan dengan jiwa dan semangat otonomi dalam bidang pendidikan, otonomi ini berupa kewenangan yang diberikan kepada sekolah.
Manajemen pendidikan tersebut di atas adalah untuk memandirikan/memberdayakan sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing. Kompetensi guru harus terus ditingkatkan untuk merespon kebutuhan peningkatan kualitas pendidikan nasional. Kualitas pendidikan nasional salah pilarnya adalah kualitas guru sebagai ujung tombak pendidikan. Kualitas guru akan menntukan kualitas proses pembelajaran yang selanjutnya berpengaruh pada kualitas hasil belajar.

Manajemen berbasis sekolah (MBS) merupakan suatu bentuk manajemen/pengelolaan sekolah yang sepenuhnya diserahkan kepada pihak sekolah untuk mencapai tujuan. Tujuan penyelenggaran pendidikan disekolah,sesuai dengan aturan perundang-undangan pendidikan yang berlaku.

Manajemen atau pengelolaan merupakan komponen integral dan tidak dapat dipisahkan dari proses pendidikan secara keseluruhan. Alasannya tanpa manajemen tidak mungkin tujuan pendidikan dapat diwujudkan secara optimal, efektif, dan efisien. Konsep tersebut berlaku disekolah yang memerlukan manajemen yang efektif dan efisien. Dalam kerangka inilah tumbuh kesadaran akan pentingnya manajemen berbasis sekolah,yang memberikan kewenangan penuh kepada sekolah dan guru dalam mengatur pendidikan dan pengajaran, merencanakan, mengorganisasi, mengawasi, mempertanggungjawabkan, mengatur, serta memimpin sumber-sumber daya insane serta barang-barang untuk membantu pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan sekolah. Manajemen berbasis sekolah juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat. Untuk itu, perlu dipahami fungsi- fungsi pokok manajemen,yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pembinaan. Dalam prakteknya keempat fungsi tersebut merupakan suatu proses yang berkesinambungan.

B. Dasar Hukum
Dasar hukum pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan  bagi Kepala  Sekolah tentang Bimbingan Teknis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), adalah sebagai berikut:
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional Tahun 2000-2004 pada Bab VII tentang Bagian Program Pembangunan Bidang Pendidikan, khususnya sasaran (3) yaitu terwujudnya manajemen pendidikan yang berbasis pada sekolah dan masyarakat (school community based management)”;
3. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 44 Tahun 2002 tentang Pembentukan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah; dan
4. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, khususnya standar pengelolaan sekolah, yaitu manajemen berbasis sekolah
5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan Nasional
6. Permendiknas nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah;
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satun Pendidikan Dasar dan menengah.

C. Tujuan
Tujuan utama Manjemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah peningkatan mutu pendidikan.
Tujuan Khusus adalah
Kepala sekolah, guru, komite sekolah bersama masyarakat dapat membuat analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat),
Kepala sekolah, guru, komite sekolah bersama masyarakat dapat membuat evaluasi diri (Self Evaluation)
Kepala sekolah, guru, komite sekolah dan masyarakat dapat menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) berdasarkan point (i) dan (ii).

Kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dilaksanakan dengan tujuan agar para peserta pelatihan memiliki kompetensi untuk untuk melakukan penilaian kinerja guru sesuai kewenangannya. Setelah menjalani diklat MBS ini diharapkan peserta mampu menjelaskan peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan profesionalitas guru, menjelaskan mekanisme dan prosedur Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), menjelaskan mekanisme dan prosedur pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), menjelaskan isi dokumen yang terkait dengan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), mengidentifikasi aktivitas guru yang signifikan terkait dengan kinerjanya, menerjemahkan hasil pengamatan kinerja guru ke dalam sebuah kesimpulan, kriteria/indikator tiap kompetensi, dan melakukan tindak lanjut secara berkesinambungan.

D. SASARAN
Sasaran kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) ini adalah Kepala Sekolah, Guru Dan Komite sekolah di lingkungan UPT Dinas Pendidikan Unit Kecamatan .................... Kabupaten .....................

E. Hasil yang diharapkan.
1. Seorang Kepala Sekolah dapat menjelaskan peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan profesionalitas guru
2. Seorang Kepala Sekolah dapat menjelaskan mekanisme dan prosedur Manajemen Berbasis Sekolah (MBS),
3. Seorang Kepala Sekolah/Assesor dapat menjelaskan isi dokumen yang terkait dengan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS),
4. Seorang Kepala Sekolah dapat mengidentifikasi aktivitas guru yang terindikasi terkait dengan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS),
5. Seorang Kepala Sekolah dapat menerjemahkan hasil Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)  ke dalam bentuk kesimpulan, kriteria/indikator tiap kompetensi, dan melakukan penilaian kinerja guru secara objektif, jujur, dan efektif.
6. Seorang Kepala Sekolah dapat melakukan kepemimpinan berlandaskan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)  secara objektif, jujur, dan efektif, akuntabel serta berkesinambungan

BAB II
LAPORAN KEGIATAN

A. Peserta , Waktu, Dan Tempat
1. Peserta
Peserta kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah Kepala Sekolah, Guru, Dan Komite Sekolah di wilayah UPT Dinas Pendidikan Unit kecamatan .................... Kabupaten .....................
2. Waktu dan Tempat
Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan pola 30 jam  @ 45 menit, berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 28 Februari  s.d 3 Maret  2018 di UPT Dinas Pendidikan Unit kecamatan ...................., Kabupaten .....................
B. Pola
     Berisi jadwal dan resume / ringkasan tentang  materi pelaksanaan sesuai jadwal.
Jadwal Terlampir:
C.    Skenario Kegiatan
1. Pendahuluan
Kegiatan pendahuluan berupa kegiatan pengkondisian terhadap peserta Bimbingan Teknis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), menghubungkan materi yang akan dipelajari dengan materi terkait lainnya, menyampaikan tujuan Bimbingan Teknis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang akan dicapai (learning outcome), struktur pembelajaran, memotivasi melalui berbagai strategi, pemberian motivasi.
2. Kegiatan Inti
Kegiatan inti terdiri dari penyajian konteks (materi), materi disampaikan sedikit demi sedikit, memberikan kesempatan untuk latihan/diskusi/role play, Presentasi, melakukan penilaian / assessment authentic

3. Kegiatan Penutup
Membuat kesimpulan, yaitu mengingat atau mengulang poin-poin penting dalam pembelajaran, mengulang, dan mengecek ketercapaian tujuan Bimbingan Teknis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), mengapresiasi pencapaian peserta, merangkum dan menghubungkan materi yang dipelajari dengan sesi berikutnya.

D.   Rencana Tindak Lanjut
Setelah dilaksanakannya Bimbingan Teknis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) bagi Kepala Sekolah ini selesai, Kepala Sekolah dapat menjelaskan peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan profesionalitas guru, menjelaskan mekanisme dan prosedur pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), menjelaskan isi dokumen yang terkait dengan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), mengidentifikasi aktivitas guru yang teridikasi terkait dengan kinerjanya, dan perlu dilaksanakan


BAB III
PENUTUP

Demikian laporan ini kami susun  dengan harapan dapat dipergunakan sebagai acuan dan bukti bahwa kami telah melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan kami.  Dan juga sebagai persyaratan pelengkap dari bukti sertifikat yang kami miliki . Mudah-mudahan laporan yang kami buat dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan penilai dan para pembaca umumnya.

...................., 3 Maret 2018

Penyusun

....................
NIP. ....................

LAMPIRAN - LAMPIRAN
1. Surat Tugas
2. Jadwal kegiatan
3. Sertifikat.


PEMERINTAH KABUPATEN ....................
DINAS PENDIDIKAN
UPT DINAS PENDIDIKAN UNIT KECAMATAN ....................
SD NEGERI ....................
Alamat: Desa .................... ,Kecamatan ....................,.................... 54474

SURAT TUGAS
No: 800 /          / 2018

                     Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala SD Negeri .................... UPT Dinas Pendidikan Unit kecamatan .................... Kabupaten .................... memberikan tugas kepada :
Nama                        : ....................
NIP                              : ....................
Jabatan                        : Kepala Sekolah
Unit kerja                  : SDN ...................., UPTD Pendidikan Unit Kec. ....................
Untuk Pergi Ke : UPT Dinas Pendidikan Unit kec ...................., Kabupaten ....................
Tanggal : 28 Februari  s.d 3 Maret  2018
Untuk                      : Mengikuti Bimbingan Teknis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
                                                                                               

Yang Menerima tugas

....................
NIP. .................... ...................., 28 Februari 2018
Kepala SD Negeri ....................


....................
NIP. ....................
                     
LAPORAN HASIL MELAKSANAKAN TUGAS
Kepada : Kepala SD Negeri ....................
Dasar              : Surat Tugas
Hasil laporan   : Saya telah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Pengawas Sekolah Kabupaten .................... bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten .................... pada tanggal 28 Februari  s.d 3 Maret  2018 di UPT Dinas Pendidikan Unit kec ...................., ...................., dengan materi:  Kebijakan pemerintah , Manajemen kurikulum dan pembelajaran, Manajemen Peserta Didik, Manajemen PTK, Manajemen Sarana Dan Prasarana, Manajemen Pembiayaan, Manajemen Hubungan sekolah dengan Masyarakat, Manajemen budaya dan lingkungan sekolah

...................., 3 Maret  2018
Yang Menerima tugas


....................
NIP. ....................

REKAPITULASI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI


No. Nama Kegiatan Materi PD/ Kompetensi Peran Kepala Sekolah Waktu/ Jam PD Nama Fasilitator Tempat Kegiatan Institusi Penyelenggara
1. Bimbingan Dan Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Kompetensi Kepala Sekolah    Peserta 28 Februari  s.d 3 Maret  2018
(30 Jam) Tim fasilitator dari Dinas pendidikan Kabupaten .................... UPT Dinas Pendidikan Unit Kec. ...................., Kab. ...................., Dinas Pendidikan Kabupaten ....................


...................., 3 Maret 2018
Yang Menerima tugas

....................
NIP. ....................