CONTOH MENULIS KARANGAN "MELINDUNGI ANAK-ANAK DARI NARKOBA" (MATERI BAHSA INDONESIA ANAK)

CONTOH MENULIS KARANGAN "MELINDUNGI ANAK-ANAK DARI NARKOBA" (MATERI BAHSA INDONESIA ANAK)
Menulis sebuah karangan merupakan suatu hal yang bisa dibilang mudah bagi yang sudah terbiasa, tapi juga bisa dibilang susah bagi para pemula. Makanya ada sebuah pepatah yang berbunyi "Bisa Karena Terbiasa". Artinya kita akan bisa menulis artikel, karangan atau menulis lainnya karena sering melakukan, sering mencoba, dan sering berlatih. Salah adalah biasa dalam menulis, justru kita akan belajar dari kesalahan yang kita buat, semakin banyak kita membuat kesalahan dalam menulis, maka kita akan semakin dewasa dan berpengalaman, sehingga kita tidak akan masuk ke jurang yang sama dalam membuat kesalahan.
CONTOH MENULIS KARANGAN "MELINDUNGI ANAK-ANAK DARI NARKOBA" (MATERI BAHSA INDONESIA ANAK)
Topik  :  Memberantas Penyalahgunaan Narkoba
Judul :  Melindungi anak-anak dari Narkoba
Tujuan :  Memberitahukan kepada pembaca tentang bahaya dan dampak dari narkoba.

Kerangka Karangan :
I. Pendahuluan
A. Hakikat menanggulangi Narkoba
B. Pengertian melindungi anak-anak dari Narkoba.
II. Isi
A. Fungsi Penyalahgunaan Narkoba
1. Mengamankan generasi muda dari narkoba.
2. Membawa bangsa bebas dari narkoba
B. Dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba.
Generasi muda menjadi lemah, bangsa menjadi ketinggalan.
C. Peran serta masyarakat.
Masyarakat ikut bertanggungjawab untuk menanggulangi narkoba.
III. Penutup.

Melidungi Anak-anak dari Narkoba
Bangsa Indonesia merdeka cukup lama setengah abad lebih, berarti lepas dan bebas untuk menentukan nasib bangsa kita sendiri sudah terbuka. Namun tidak semudah orang bicara, ternyata waktu yang untuk menyiapkan, menata serta melangkah ke arah cita-cita bangsa masih banyak rintangan. Baik rintangan alam maupun karena ulah manusia. Baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Baik berupa fisik maupun non fisik. Semuanya ini menjadi beban bangsa untuk maju, sehingga masih sulit bangsa ini untuk melangkah menggapai masyarakat yang adil dan mamur. Sementara masalah satu teratasi timbul masalah baru dan begitu seterusnya, silih berganti tak ada henti-hentinya.

Ada permasalahan yang tidak disangka jauh sebelumnya, bahkan kalau hal ini diabaikan dapat menghacurkan bangsa secara pelan-pelan yaitu narkoba. Kalau dahulu masalah narkoba terdengar pada golongan tertentu dan berada di kota-kota besar. Tetapi sekarang narkoba sudah bukan lagi di kota besar, kota kecilpun menjadi sasaran bahkan ke desa-desa juga dimasuki oleh pengedar narkoba. Narkoba dinikmati para preman terdengar biasa, tetapi kalau narkoba sudah mulai dinikmati oleh anak-anak sekolah bahkan anak SD itu sangatlah berbahaya. Hal ini tanpa di sadari karena peredarannya melalui makanan anak-anak. Oleh karena itu waspadalah orang tua dengan permasalahan ini.
Sekarang ini banyak berita tentang beredarnya narkotika dan obat-obatan terlarang ke sekolah-se4kolah, baik itu di SD, SMP maupun SLTA oleh sebab itu orang tua harus waspada terhadapa pergaulan putra-pitrinya terutama yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Sebab di berbagai wilayah banyak anak sekolah dasar menjadi sasaran peredaran obat-obatan terlarang. Peredaran obat-obatan terlarang sekarang ini semakin canggih. Bahkan pengedarnya pun tidak mencurigakan sehingga pengedar akan lebih leluasa untuk mencari korban sasarannya, menurut informasi anak yang menjadi korbannya diberi suatu makanan yang menarik dan disukainya. Dengan begitu mudahnya pengedar mempengaruhi korbannya. Maka dari itu dengan adanya hal-hal yang demikian orang tua harus lebih hati-hati dalam mengawasi gerak-gerik putera-puterinya yang kelihatan mencurigakan dalam kehidupan sehari-hari. Tak bosan-bosannya orang tua memberikan nasihat pada anak-anaknya, agar supaya hati-hati di jalan, di sekolah. Karena sekarang banyak pengedar narkotika dan obat-obatan terlarang di tempat-tempat rawan.semua tindakan orang tua terhadap anaknya agar terhindar dari bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang.

Para tokoh negara mengatakan, bangsa yang besar bangsa yang menghargai pahlawan. Bangsa yang besar bangsayang mempunyai generasi penerus. Bangsa yang besar akan bangga jika generasi muda bebas narkoba. Dengan demikian jelas, jika kata-kata para tokoh diterjemahkan. Generasi muda sebagai generasi penerus karena mendapat perhatian yang setinggi-tinginya. Karena apabila generasi muda kurang perhatian, akan menurunkan kekuatan, atau lemah. Jika lemah nantinya akan mudah dikuasai oleh bangsa lain. Kalau para pengendali negara sudah merasa rendah maka akan membawa rakyat ke arah yang lebih maju akan kesulitan. Kalau sudah kesuliatan tidak dapat mengimbangi dengan perkembangan Iptek dunia, akhirnya bangsa kita akan ketinggalan. Dengan ketinggalan semacam inilah maka kemiskinan yang akan mengancam.ain halnya jika generasi penerus kita bebas dari narkoba, dan jika menerima tanggung jawab sebagai barisan depan negara, tentu akan kuat, akan dapat mengimbangi dan mengikuti perkembangan yang ada. Generasi kita akan akan mampu membawa bangsa dan negara ke arah yang lebih maju yang sesuai dengan harapan.

Penangulangan narkoba yang dilakukan dengan serentak oleh aparat yang berwenang dengan cara mengadakan operasi mendadak, pengrebekan-pengrebekan di daerah rawan narkotika dan obat-obatan terlarang. Selain itu aparat berwenang juga memberikan penyuluhan-penyuluhan pada masyarakat mulai dari lingkungan Rt, Rw sampai ke desa-desa. Dengan demikianadanya narkoba para orang tua diharapkan untuk lebih hati-hati dalam mengawasi putera-puterinya, agar jangan sampai terbawa arus pergaulan-pergaulan yang kurang baik. peran guru di sekolah juga sangat diharapkan dalam mengawasi anak didiknya. Agar jangan sampai anak didiknya menjadi korban narkotika dan obat-obatan terlarang. Untuk keberhasilan dalam penanggulangan narkoba tersebut, orang tua dan guru sangat diharapakn kepeduliannya terhadap bahaya narkoba, sebab anak-anak kita sebagai penerus bangsa jangan sampai kehilangan masa depan. Dalam pemberantasan narkoba mengandalkan aparat yang berwenang atau polisi saja sangatlah tidak cukup. Maka dari itu peran orang tua, masyarakat, guru dan semua pihak sangatlah dibutuhkan.

Dengan adanya penanganan yang tepat serta kerja sama dari berbagai pihak untuk menanggulangi narkoba, maka diharapkan Bangsa Indonesia akan terbebas dari bahaya narkoba. Sehingga negara kita akan menjadi negara maju dan generasi muda akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, silakan bagikan ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top