Bisnis Mengkudu Sebagai Obat Dan Terapi Tradisional

Bisnis Mengkudu Sebagai Obat Dan Terapi Tradisional Herbal
Mengkudu juga sering disebut sebagai buah pace atau gemblep. Buah tersebut ternyata banyak sekali manfaatnya. Kalau mau dimanfaatkan, sebenarnya dengan sedikit mengolah secara sederhana buah pace bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai jual lumayan tinggi, bisa menjadi pengasilan yang lumayan dan bisa dijadikan sumber kehidupan. Hanya dengan mengolahnya secara sederhana, cukup menjemur saja bisa dijual dan harganya cukup stabil.
Bisnis Mengkudu Sebagai Obat Dan Terapi Tradisional Herbal
Dalam beberapa penelitian laboratorium, buah mengkudu menunjukkan kandungan antioksidan, merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. Hasil tersebut telah menunjukkan bahwa buah mengkudu, menjamin penelitian lebih lanjut untuk kondisi seperti kanker dan penyakit kardiovaskular.  Berikut ini berbagai macam zat yang ada dalam buah pace atau mengkudu :

Kandungan zat buah mengkudu sangat baik bagi tubuh, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Zat Terpenoid – Kandungan zat terpenoid pada mengkudu membantu proses sintesis organic yang berguna untuk pemulihan sel-sel tubuh.
Kandungan Nutrisi – Protein, vitamin dan mineral yang penting dengan lengkap didapat dari buah mengkudu. Antioksidan bernama selenium yang terdapat pada buah mengkudu merupakan salah satu jenis antioksidan yang hebat.

Zat anti bakteri ( misalnya, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis) – Zat tersebut membunuh bakteri penyebab infeksi. Manfaat buah mengkudu juga berguna mengontrol bakteri mematikan seperti Pathogen. Hal ini membuat buah pace bisa membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Berikut ini berbagai macam bakteri yang bisa dibunuh menggunakan buah pace :
Pseudomonas aeruginosa.
E coli.
Bacillus subtilis.
Protens morganii.
Staphylococcus aureus.
Salmonella.
S. typhi.
Scotmuelleri.
Shigella dusenteriae.
S. pradysenteriae.

Zat anti kanker – Kandungan zat-zat anti kanker di dalam buah mengkudu sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal, yang menjadikan timbulnya masalah gejala kanker.
Nutrisi. Pace memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Secara umum, pace adalah buah yang memberikan nutrisi secara lengkap. Berikut ini berbagai macam nutrisi yang ada dalam buah mengkudu :
Protein.
Vitamin.
Mineral cukup. Mineral ada di dalam buah dan juga daun
Selenium. Selenium merupakan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan tinggi.
Senyawa. Di dalam mengkudu juga terdapat berbagai macam senyawa aktif. Senyawa dalam buah mengkudu adalah senyawa plants sterois, alizarin, lycine, caprylic acid, sosium, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium.
Scolopetin. Scolopetin adalah sejenis senyawa yang bermnafaat untuk mengusir peradangan dan juga alergi.
Xeronine dan Proxeronine.
Zat bioaktif.
Zat iridoid.
Serat.
Metil.
Asetil.
Morindone.
Asam kapril.
Ciri-Ciri Tanaman Mengkudu

Manfaat buah mengkuduAgar tidak tertipu dengan tanaman atau tumbuhan lain sebaiknya kita mengetahui ciri-ciri dari tanaman mengkudu. Berikut ini adalah ciri-ciri dari tanaman mengkudu atau pace :

Pohon. 
Pohon mengkudu tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu tinggi. Tingginya hanyalah 4-6 meter saja. Dahan dari pohon mengkudu kaku, akarnya tunggang dan memiliki dahan kasar. Warna batangnya cokelat dan keabu-abuan.

Daun.
 Daun dari pohon mengkudu berdaun tebal. Daun mengkudu letaknya berhadap-hadapan. Daunnya lebar-lebar dan besar-besar. Tepi daunnya rata.

Bunga. 
Bunga dari tanaman mengkudu majemuk, bunganya bulat. Tangkai bunga mengkudu sepanjang 4 cm. Bunga mengkudu diberi nama buah banci, bermahkota bunga putih, bentuknya menyerupai corong dan memiliki panjang 1,5 cm. Ada benang sari dan menancap di mulut mahkota. Putik bunga mengkudu tersebut berjumlah dua.

Manfaat Mengkudu
Manfaat buah mengkudu mampu memperbaiki kesehatan, kandungan zat dan nutrisinya yang banyak membuat buah mengkudu memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan. Berikut ini berbagai macam khasiat yang didapatkan dari mengkonsumsi mengkudu atau pace.

a. Meringankan sakit kepala
Sejak dahulu banyak yang menggunakan mengkudu sebagai pereda rasa sakit kepala (analgesik).  Kandungan analgesik sebanyak 75% mengalahkan morfin sulfat untuk mengurangi rasa nyeri.

b. Menurunkan Tekanan Darah
Bagi anda yang memiliki hipertensi atau tenanan darah tinggi ada baiknya menggunakan buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal. Caranya bisa dengen mengkonsumsinya secara langsung dengan mengupas kulitnya atau bisa juga dengan merebusnya. Kandungan xeronine yang ada dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menormalkan kembali tekanan darah seseorang. Zat fitonutrien scopoletin berguna melebarkan pembuluh darah, untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga jantung tidak harus bekerja terlalu keras untuk memompa darah.

c. Melancarkan pencernaan
Menkonsumsi buah mengkudu secara teratur juga dapat melancarkan pencernaan. Penyakit seperti, perut kembung, muntah, luka pada usus halus dan radang lambung bisa diobati dengan buah mengkudu. Kandungan serat yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Caranya adalah mengkonsumsi buah mengkudu sebelum mengambil porsi makan besar.

d. Menyembuhkan peradangan
Manfaat buah mengkudu yang memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Juga menurunkan resiko terkena gejala penyakit jantung.

e. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan mineral, vitamin, asam amino, peptida dan enzim yang terkandung dalam mengkudu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Antioksidan alami, vitamin E dan koenzim Q10 diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C yang ada di dalam buah mengkudu juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh sehingga berbagai macam penyakit tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Orang dengan sistem imun rendah bisa mudah terkena penyakit.

f. Melawan bakteri jahat
Di dalam buah mengkudu, terdapat juga sifat anti bakteri yang terkandung dalam senyawa antrakuinon dan terpana, memelihara kulit dari serangan parasit dan jamur yang menyebabkan penyakit kulit.

g. Menurunkan kolesterol
Dislipidemia adalah peningkatan kadar kolesterol dalam darah yang merupakan faktor utama untuk pengembangan penyakit kardiovaskular. Sebuah tim peneliti Pakistan-Saudi menggunakan ekstrak air dan etanol berbasis buah mengkudu, daun dan akar untuk mengobati tikus laboratorium di mana dislipidemia telah diinduksi. Mereka menemukan bahwa ketiga ekstrak secara signifikan mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida pada hewan yang telah memiliki dislipidemia diinduksi melalui pemberian diet tinggi lemak. Hasil yang dipublikasikan di edisi 2010 “Lipid dalam Kesehatan dan Penyakit.”

Zat xeronine dan proxeronine bisa mengobati kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Untuk mengobati kolesterol, anda bisa merebus buah mengkudu dan meminum air rebusannya secara teratur.

h. Mencegah Kanker
Penelitian telah menyatakan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA sel yang menimbulkan gejala kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.

Pace atau mengkudu memiliki zat anti oksidan yang tinggi. Semua makanan dan obat herbal yang memiliki antioksidan tinggi bermanfaat untuk mencegah sel kanker dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.
i. Mengobati Asam Urat
Asam urat tidak boleh diremehkan. Asam urat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis misalnya saja jantung, stroke dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Asam urat ditandai dengan kram saat malam hari, kaki terasa dingin dan masih banyak lagi lainnya. Zat iridoid dalam buah pace atau mengkudu bisa berguna untuk mengobati asam urat.

j. Mengobati Diabetes
Zat proxeronine adalah zat yang bisa berguna untuk mengobati diabetes. Baik itu diabetes kering maupun diabetes basah. Diabetes harus segera diobati, sebab sangat berbahaya sekali jika diabetes basah terluka. Luka itu bisa menginfeksi organ yang ada di sekitarnya. Sehingga proses amputasi harus dilakukan.

k. Mengobato Penyakit Gondok
Gondok disebabkan oleh kelenjar tyroid yang mengalami pembengkakan. Cara pengobatan dengan menggunakan buah pace sangat mudah sekali yaitu dengan mengurangi konsumsi garam dan menggunakan kalung buah pace yang masih mengkal. Selain itu mengkonsumsi buah mengkudu atau pace secara teratur bisa mengecilkan kelenjar tyorid yang ada di leher.

l. Melancarkan peredaran darah
Mengkudu atau pace bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Zat scopoletin bisa bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Hal itu dikarenakan zat scopeletin bisa melebarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang lebar bisa melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

m. Meredakan Batuk
Batuk bisa disebabkan bakteri dan virus yang ada di sekitar kita. Mengkonsumsi buah mengkudu bisa bermanfaat untuk meredakan batuk dan menghilangkan batuk. Zat anti bakteri yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal dan membunuh kuman dan penyakit yang ada di dalam tenggorokan. Caranya adalah sebagai berikut ini :

Rebuslah dua buah mengkudu yang telah masak.
Campurkan dengan setengah daun bujanggut.
Rebus menggunakan dua gelas air sampai mendidih.
Sisakan hanya satu gelas saja.
Saring airnya dan minum selama dua kali sehari.
Pertama kali akan membuat rasa gatal di tenggorokan hilang, kemudian batuk akan mereda lama kelamaan.

n. Menyembuhkan penyakit Kuning
Sakit kuning bisa ditandai dengan bagian tubuh yang menguning, berat badan menurun, kulit keriput dan masih banyak lagi lainnya. Penelitian menunjukkan fakta bahwa mengkudu bisa bermanfaat untuk menghilangkan sakit kuning yang dialami oleh penderitanya. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut ini :

Siapkan dua buah pace yang telah masak dan mengeluarkan baunya.
Haluskan mengkudu dan peras mengkudu.
Masukkan madu ke dalam perasan mengkudu.
Aduk hingga rata.
Minum sebanyak tiga kali sehari.

o. Menyembuhkan radang usus dan lambung
Seseorang yang mengalami peradangan usus bisa disembuhkan menggunakan mengkudu atau pace. Zat scolopetin yang ada dalam buah mengkudu bermanfaat untuk meredakan peradangan dan luka yang ada di dalam usus.

p. Terapi Bronkitis
Bronkitis bisa diobati menggunakan mengkudu. Kandungan zat anti bakteri yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk mencegah bakteri yang masuk ke dalam paru-paru serta membunuh bakteri yang ada di dalam paru-paru. Konsumsi mengkudu secara teratur bisa menghilangkan bakteri yang ada di dalam paru-paru sehingga bronkitis akan semakin membaik.

q. Mengobati luka
Zat anti bakteri dalam mengkudu bisa digunakan untuk mengobati luka/borok. Caranya adalah dengan memarut mengkudu dan menempelkannya pada borok.

r. Mengobati Demam
Demam juga bisa dihilangkan dan diobati menggunakan mengkudu. Cara mengobati demam menggunakan mengkudu adalah sebagai berikut ini :

Ambil satu buah mengkudu.
Campurkan dengan parutan kencur.
Rebus kedua bahan tersebut.
Gunakan dua gelas air dan sisakan hanya masih satu gelas saja.
Saring
Minum air rebusannya secara teratur.

Untuk anda yang mengalami demam, flu dan masuk angin. Ambil 1buah mengkudu yang ranum atau hampir matang dan 1 ruas rimpang kencur.

Cara mengolahnya :

Potong buah mengkudu menjadi beberapa bagian agar mudah dalam pematangannya.
Kemudian masukkan 1 ruas rimpang kencur, tambahkan 2 gelas air.
Masak hingga mendidih sampai tersisa 1 gelas.
Kemudian saring dan minum airnya.

s. Menghaluskan kulit
Bagi wanita yang ingin memiliki kulit halus dan lembab, bisa menggunakan buah mengkudu. Buah mengkudu juga bisa menghaluskan kulit. Caranya adalah sebagai berikut ini :

Kupas buah mengkudu.
Iris besar-besar buah mengkudu.
Kulit yang bersisik bisa diolesi menggunakan bagian daging buah mengkudu tersebut.
Diamkanlah maksimal selama 10 menit.
Celupkan kain bersih ke dalam air hangat.
Bagian yang diolesi dengan mengkudu dibersihkan menggunakan kain yang telah dicelupkan ke air hangat tersebut.
Lakukan secara teratur.

t. Mencegah Osteoporosis
Buah mengkudu memiliki zat berupa metil, asetil, asam kapril, morindone yang bemanfaat untuk menguatkan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang di dalam tubuh. Orang yang tulangnya padat dan kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit tulang. Misalnya pengeroposan tulang atau oesteoporosis dan masih banyak lagi lainnya.

u. Mencegah Ambeien
Kandungan yang ada di dalam buah mengkudu maupun di dalam daun mengkudu bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit ambeien. Cara mengobatinya sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi rebusan buah mengkudu dicampurkan dengan daunnya. Cara membuatnya :

Rebus daun dan buah mengkudu dengan dua gelas air dan sisakan hanya menjadi satu gelas saja.
Setelah itu minum air rebusannya secara teratur.
Ambeien juga semakin diringankan dengan kandungan serat yang ada di dalam buah mengkudu, sehingga pencernaan penderita ambeien akan lancar dan terhindar dari sembelit.

Efek Samping Buah Mengkudu
Buah mengkudu mungkin aman ketika dikonsumsi dalam jumlah konsumsi yang disarankan. Tapi ada kekhawatiran apabila mengkonsumsi buah mengkudu untuk pengobatan, yang mungkin dalam jumlah yang tidak aman.

Peringatan Khusus Konsumsi Mengkudu :

Ibu hamil dan menyusui – Hindari mengkonsumsi buah mengkudu saat hamil karena secara historis, buah mengkudu kerap digunakan untuk aborsi. Sama halnya pada saat menyusui, perlu menghindari pengonsumsian buah mengkudu, karena tidak cukup diketahui tentang keamanan buah mengkudu ini selama menyusui.

Masalah ginjal – Dalam kandungan buah mengkudu terdapat kalium dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini bisa menjadi masalah, terutama bagi orang-orang dengan penyakit ginjal. Jangan mengkonsumsi mengkudu jika memiliki masalah ginjal.

Penyakit liver – Buah mengkudu banyak dikaitkan dengan beberapa kasus kerusakan hati. Hindari mengkonsumsi mengkudu,  jika memiliki penyakit gangguan fungsi hati.
Buah mengkudu, daun, bunga, batang, kulit kayu bahkan akarnya banyak digunakan sebagai media pengobatan herbal.
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, silakan bagikan ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top