Apa saja Makanan Empat Sehat Lima Sempurna

Apa saja Makanan Empat Sehat Lima Sempurna
Makanan Sehat adalah makanan yang seharusnya dikonsumsi oleh setiap orang yang menginginkan hidup sehat secara alami.  Makanan sehat yang biasanya kita kenal dengan istilah empat sehat lima sempurna tercetus sudah sejak tahun 1950 dan sebagai pencetusnya yaitu Prof. Poerwo Soedarmo  sebagai bapak gizi Indonesia. Komposisi menu makanan empat sehat lima sempurna .
Apa saja Makanan Empat Sehat Lima Sempurna
Sehat adalah nikmat terbesar yang harus kita syukuri dalam hidup ini. Dengan tubuh yang sehat semuanya jadi enak, tapi bila tubuh sakit maka semuanya tidak ada yang enak. Maka bersyukurlah kalau kamu diberi kesehatan.

Terkadang seseorang mau mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk membayar rumah sakit karena ingin sehat, tapi dikala ia sehat ia lupa sehingga  tidak memperhatikan kesehatan makanannya. mulailah dari sekarang memilah dan memilih makanan yang sehat, jangan asal makan.
Makanan  empat sehat lima sempurna terdiri dari:
 1.    Makanan Pokok, makanan yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi tubuh. Makanan memiliki kandungan sumber energi tubuh adalah yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, jagung, gandum, kentang, sagu, oat, serta umbi-umbian.

2.    Lauk Pauk, makanan sebagai pendamping makanan pokok yang berfungsi sebagai sumber zat pembangun untuk tubuh. Makanan lauk pauk biasanya memiliki kandungan Protein seperti telur, daging, ikan, tahu dan tempe.

3.    Sayur-sayuran, Sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh baik dimasa pertumbungan dan perkembangan dan juga dalam menjaga daya tahan tubuh agar selalu terjaga kesehatannya. Sayuran yang baik adalah yang berwarna hijau dengan kandungan vitamin, serat dan protein nabati. Sayuran yang banyak digunakan karena banyak manfaatnya adalah bayam, brokoli, kangkung, kol gepeng (kubis), oyong, melok, tomat, terong dan sayuran hijau lainnya.

4.    Buah-buahan, jeruk, jambu, pelem (mangga), apel, kiwi, sawo, pisang, pepaya, melon, semangka, kelengkeng, wuni, durian, strobery,  dan buah-buahan lainnya. Buah pada umumnya merupakan makanan yang kaya  vitamin dan mineral dengan kandungan air yang tinggi,  juga serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan hampir semua buah berperan dalam kesehatan tubuh dan menjaganya agar tetap segar bugar.

5.    Susu, Inilah pelengkap makanan empat sehat yang telah disebutkan di atas sebagai penyempurna dalam melengkapi kesehatan tubuh.

Menu Makanan Sehat Bergizi Seimbang tidak harus makanan yang mahal-mahal. Bahan Makanan  tersebut ada banyak di sekitar rumah kita. Makanan Sehat yang dikonsumsi sebaiknya memiliki nilai gizi seimbang dengan susunan makanan yang mengandung jenis zat-zat gizi yang sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya prisip makanan sehat bergizi adanya keanekaragaman dalam variasi menu makanan diimbangi aktivitas fisik, menjaga kebersihan dan berat badan yang proposional atau ideal.

Makanan sehat mencangkup berbagai kebutuhan tubuh, baik itu makanan untuk pertumbungan dan perkembangan maupun makanan untuk mencerdaskan otak dan berbagai yang dibutuhkan tubuh setiap harinya, termasuk Makanan untuk Berbuka Puasa. 

Di Indonesia dikenal adanya prisip Gizi Seimbang dengan disajikan dalam bentuk "Tumpeng Gizi Seimbang" yang digunakan untuk membantu dan mempermudah dalam memilih menu makanan dengan jenis dan jumlah yang tepat disesuaikan dengan kebutuhan,  menurut usia seperti : remaja, dewasa dan usia lanjut dan juga disesuaikan dengan keadaan kesehatan seseorang,  seperti sedang hamil, menyusui, aktivitas fisik, sakit atau keadaan lainnya.


MAKANAN EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA
Makanan sehat adalah makanan yang mempunyai  kandungan gizi seimbang. Kandungan gizi tersebut antara lain seperti lemak tak jenuh, vitamin, protein, mineral dan karbohidrat. Kandungan gizi yang terkandung di dalam makanan sehat ini biasa disebut juga sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna.

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna
Kalau kita berbicara mengenai istilah makanan 4 sehat dan 5 sempurna, maka kita bisa mengenal sejumlah komposisi makanan.

1. Makanan Pokok
Makanan pokok merupakan makanan sumber energi kita. Makanan yang menjadi jenis makanan pokok ialah umbi-umbian, kentang, oat, jagung, gandum, sereal, nasi, dan lain sebagainya.

2. Makanan Utama
Makanan utama di sini berupa lauk-pauk yang menjadi makanan utama pendamping dari makanan pokok. Lauk pauk yang menjadi makanan 4 sehat 5 sempurna ini merupakan makanan yang memiliki kandungan zat pembangun dengan fungsinya sebagai pembentuk dan pembangun tubuh. Jenis makanan utama bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi makanan dengan banyak kandungan proteinnya seperti tahu, tempe, telur, ikan, serta daging.

3. Sayur-Sayuran
Sayuran merupakan jenis makanan yang kaya akan kandungan protein, serat dan juga vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Jenis makanan ini bisa anda dapatkan dari sayuran berupa terong, tomat, kangkung, bayam, dan lain sebagainya.

4. Buah-buahan
Makanan empat sehat dan lima sempurna selanjutnya ialah buah. Buah-buahan adalah makanan yang mempunyai banyak kandungan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, di dalam buah terkandung serat yang sangat bagus untuk sistem pencernaan tubuh kita.

5. Susu
Susu menjadi makanan empat sehat lima sempurna yang terakhir. Susu merupakan minuman tambahan yang mempunyai gizi yang sangat baik sehingga sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh.

Seiring dengan perjalanan waktu, pedoman dari makanan empat sehat sehat sempurna saat ini sudah diubah dengan pedoman gizi seimbang yang merupakan susunan menu makanan sehari-hari yang memiliki kandungan jumlah nutrisi dan zat yang sesuai dengan tubuh kita, termasuk memperhatikan sejumlah segi, misalnya kebersihan dan juga ukuran berat badan ideal. Selain memperhatikan mengenai nilai jumlah nutrisi makanan, anda juga membutuhkan perhatian pada kondisi tubuh terhadap makanan, misalnya seperti alergi.

Hal ini bisa disiasati dengan memilih sumber nutrisi dari bahan makanan lain yang tak menyembabkan alergi. Seseorang yang tertarik pada makanan sehat serta masakan sehat harus mau dan mampu mengembangkan dirinya untuk membuat resep masakan serta ukuran gizi masakan. Sehingga, dengan begitu seorang ibu rumah tangga harus benar-benar berhati-hati untuk menentukan bahan dasar masakannya. Misalnya dengan menghindari roti cokelat dan gandum gluten dari daftar bahan makanan serta lebih banyak memilih sayur dan buah serta biji-bijian tanpa gluten. 

Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, silakan bagikan ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top