Soal Test Tertulis Lesan Dan Praktik Pengangkatan PTT Penjaga Sekolah

Soal Test Tertulis Lesan Dan Praktik  Pengangkatan PTT  Penjaga Sekolah 
Pengangkatan pegawai baru pada suatu instansi atau lembaga apapun sekarang harus transparan. Dalam pengangkatan tenaga baru harus tidak boleh ada yang namanya kolusi dan nepotisme. Kalau suatu instansi atau lembaga masih melakukan kolusi dan nepotisme dalam pengangkatan pegawai baru niscaya akan mendapat sorotan dan protes dari masyarakat dan mendapat kecaman yang bermacam-macam, misalnya tidak jujur, tidak transparan. Karenanya suatu instansi atau lembaga harus melakukan perekrutan tenaga baru sesuai prosedur transparansi yang jelas sehingga pengangkatan pegawai baru lebih legal, transparan dan lebih objektif serta dapat dipertanggung jawabkan pada masyarakat.
Soal Test Tertulis Lesan Dan Praktik  Pengangkatan PTT  Penjaga Sekolah
Untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut, tidak terkecuali pada pengangkatan Pegawai Tidak Tetap pada sekolah-sekolah misalnya tenaga Penjaga Sekolah, Tukang Kebun, Tenaga Kebersihan, Tenaga Perpustakaan, Tenaga Koperasi Sekolah, Tenaga Kantin dan tenaga-tenaga lainnya juga dituntut untuk transparan dan objektif.

Pengangkatan pegawai harus melalui prosedur yang jelas tidak asal menerima pegawai karena Dia saudara atau keluarga dari salah satu Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Penilik atau pegawai lainnya yang sudah ada dalam lembaga atau instansi tersebut. Jadi kalau penerimaan pegawai baru melalui prosedur yang jelas dan transparan akan memperoleh pegawai yang benar-benar berkompeten dibidangnya, akan dapat dipertanggung jawabkan loyalitas, integritas, dedikasi , komitmen, dan keprofesionalannya.

Prosedur recruitment pegawai baru  melelui tahap-tahap yang benar dan sesuai aturan yaitu:
1. Tahap Identifikasi posisi yang dibutuhkan
2. Tahap pengumuman pembukaan Lowongan
3. Tahap pendaftaran calon
4. tahap seleksi Administrasi (berkas lamaran)
5. tahap memastikan kebenaran data pelamar (screening)
6. Tahap seleksi Test calon, baik test tertulis, lesan maupun praktik
7. Tahap pengumuman penerimaan
8. Tahap Training
9. Tahap keputusan Pegawai Tetap, Kontrak, Tidak Tetap

Dengan cara yang baik dan posedur yang baik insyaAllah akan mendapat tenaga kerja (pegawai) sesuai dengan harapan dan kebutuhan.
Dalam tahap seleksi tes kemampuan terkadang seorang pimpinan dibuat bingung dalam membuat soal test tertulis. Dalam bidang keahlian tertentu misalnya, Guru, Dokter, Tata Usaha, Perpustakaan, Tenaga Administrasi, atau keahlian lainnya mungkin tadak ada keraguan dan kebingungan dalam membuat soal test, tapi pada salah satu posisi yang penting disekolah seperti Penjaga Sekolah, Tukang kebun, Tenaga Kebersihan cukup bingung untuk membuat soal test tertulisnya.

Pegawai sebagai Penjaga sekolah, Tukang Kebun/taman, Tenaga kebersihan di suatu sekolah, apalagi sifatnya adalah wiyata bakti, perjuangan yang gajinya hanya cukup untuk membeli sabun cuci untuk mencuci bajunya atau hanya sekedar untuk membeli bahan bakar (bensin) transport berangkat, tidaklah sebanding dengan tugas dan tanggung jawabnya. Namun terkadang posisi Penjaga sekolah, Tukang Kebun/taman, Tenaga kebersihan banyak juga peminatnya, sehingga pihak sekolah harus ekstra hati-hati dalam mengambil keputusan penerimaan pegawai, sehingga perlu proses dan prosedur yang jelas dan transparan serta benar-benar objektif.

Saya berusaha membuat contoh soal test tertulis untuk calon tenaga Penjaga Sekolah, mudah-mudahan dapat membatu Anda sebagai pimpinan, ketua panitia perekrutan pegawai, Kepala Sekolah, Komite Sekolah dalam mencari pegawai baru yang Anda butuhkan.

Soal Tertulis Penjaringan Pemelihara Gedung Dan Taman Sekolah (PGTS)

Aspek Kognitif
1. Hal apa saja yang harus dijaga keamanannya dari suatu sekolah? (minimal 3)
2. Bagaimana cara Anda menjaga keamanan sekolah? (minimal 3)
3. Bagaimana cara Anda menjaga kebersihan sekolah? (minimal 3)
4. Bagaimana cara Anda menjaga keindahan sekolah? (minimal 3)
5. Tulis dan Hitunglah! Bila sekolah mau membuat kolam ikan dengan ukuran
    tinggi 1 meter lebar 2 meter panjang 4 meter.
    Kira-kira material dan biayanya berapa?

Aspek Afektif
1. Apa motivasi yang mendorong anda melamar menjadi tenaga PGTS?
2. Bagaimana sikap Anda bila ada tamu yang datang ke sekolah?
3. Bagaimana sikap Anda bila ada siswa/siswi yang melanggar peraturan sekolah?
4. Apa saja yang bisa diteladani dari pribadi Anda oleh Siswa/siswi sekolah?
5. Bagaimana sikap Anda menghadapi perbedaan warga sekolah?

Aspek Psikomotor
1. Apa tindakan Anda bila ada ada kerusakan barang milik sekolah?
2. Apa tindakan Anda bila melihat Siswa/Siswi yang jatuh pingsan saat kegiatan di sekolah?
3. Apa yang Anda lakukan bila melihat warga sekolah yang nampak membutuhkan bantuan?
4. Tanaman apa saja yang pantas ditanam di lingkungan sekolah?
5. Apa rencana kerja Anda untuk sekolah berkaitan dengan keamanan, ketertiban, kebersihan,
    keindahan.


Aspek Sosial dan Ekonomi
1. Bagaimana sikap Anda apabila ada permasalahan di rumah dan di sekolah?
2. Bagaimana Anda mengatasi kebutuhan ekonomi keluarga Anda kalau honor dari sekolah tidak mencukupi kebutuhan rumah tangga   Anda?
3. Suatu hari anda disuruh oleh atasan anda untuk mengantarkan sesuatu pada seseorang dengan tepat waktu. Anda sudah   memperkirakan waktu perjalanan Anda dengan sangat matang. Ditengah perjalanan Anda melihat seseorang mengalami kecelakaan dengan sangat membutuhkan bantuan Anda, sementara tugas Anda juga menuntut Anda untuk menyampaikan dengan tepat waktu. Bagaimana sikap Anda?
4. Apa yang Anda lakukan setelah selesai melaksanakan tugas yang diberikan?
5. Disekolah ada kegiatan sholat berjamaah, akan tetapi pada waktu itu cuma ada guru perempuan dan Anda. Apa yang Anda lakukan untuk kegiatan tersebut?
6. Berdasarkan Undang –undang tentang ASN/ PNS , batas maksimal pengangkatan menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN)/ PNS yaitu 35 tahun. Apabila Anda diterima di sekolah ini menjadi PGTS dan sudah lama mengabdi tetapi belum juga diangkat menjadi ASN/ PNS sementara umur Anda sudah melebihi 35 tahun. Apa yang Anda lakukan ?


Soal yang lebih ringkas

Soal Tertulis Penjaringan Pemelihara Gedung Dan Taman Sekolah (PGTS)

Aspek Kognitif
1. Tulis dan Hitunglah! Bila sekolah mau membuat kolam ikan dengan ukuran
    tinggi 1 meter lebar 2 meter panjang 4 meter.
    Kira-kira material dan biayanya berapa?

Aspek Afektif
2. Apa motivasi yang mendorong anda melamar menjadi tenaga PGTS?
3. Apa saja yang bisa diteladani dari pribadi Anda oleh Siswa/siswi sekolah?

Aspek Psikomotor
4. Apa rencana kerja Anda untuk sekolah berkaitan dengan keamanan, ketertiban, kebersihan,
    keindahan.
5. Apa tindakan Anda bila ada ada kerusakan barang milik sekolah?


Aspek Sosial dan Ekonomi
6. Bagaimana sikap Anda apabila ada permasalahan di rumah dan di sekolah?
7. Bagaimana Anda mengatasi kebutuhan ekonomi keluarga Anda apabila honor dari sekolah sekitar Rp 200.000 sampai Rp300.000  dan tidak mencukupi kebutuhan rumah tangga   Anda?
8. Suatu hari anda disuruh oleh atasan anda untuk mengantarkan sesuatu pada seseorang dengan tepat waktu. Anda sudah   memperkirakan waktu perjalanan Anda dengan sangat matang. Ditengah perjalanan Anda melihat seseorang mengalami kecelakaan dengan sangat membutuhkan bantuan Anda, sementara tugas Anda juga menuntut Anda untuk menyampaikan dengan tepat waktu. Bagaimana sikap Anda?
9. Disekolah ada kegiatan sholat berjamaah, akan tetapi pada waktu itu cuma ada guru perempuan dan Anda. Apa yang Anda lakukan untuk kegiatan tersebut?
10. Berdasarkan Undang –undang tentang ASN/ PNS , batas maksimal pengangkatan menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN)/ PNS yaitu 35 tahun. Apabila Anda diterima di sekolah ini menjadi PGTS dan sudah lama mengabdi tetapi belum juga diangkat menjadi ASN/ PNS sementara umur Anda sudah melebihi 35 tahun. Apa yang Anda lakukan ?

Demikian beberapa contoh soal tes tertulis untuk calon Penjaga Sekolah. Dengan test tersebut Anda bisa membedakan antara pelamar yang satu dengan yang lainnya, sehingga Anda akan dapat menentukan dengan mudah berdasarkan hasil test tersebut, siapa yang akan diterima menjadi Penjaga Sekolah Anda dengan mantap dan dapat dipertanggung jawabkan pada pihak-pihak yang terkait.

********************Semoga sukses selalu untuk Anda********************
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, silakan bagikan ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top