Definisi Ilmu Pengetahuan Dan Tekhnologi Serta Perbedaannya

Definisi Ilmu Pengetahuan Dan Tekhnologi Serta Perbedaannya
Bangsa dan masyarakat Dunia telah memasuki pasar bebas, dimana setiap orang bisa melakukan berbagai aktivitas dengan kompetisi obyektif, tanpa melihat asal usul kewarganegaraannya. Kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi menuntut dan memaksa manusia untuk bisa mengikuti perkembangan zaman kalu tidak mau ketinggalan zaman. pemahaman tentang ilmu pengetahuan dan tekhnologi juga harus selalu ditingkatkan karena  bisa jadi "hari ini ditemukan ilmu pengetahuan esok harinya muncul tekhnologinya".
Definisi Ilmu Pengetahuan Dan Tekhnologi Serta Perbedaannya
Definisi Ilmu Pengetahuan
Secara sepintas ilmu pengetahuan dan tekhnologi seakan tidak ada bedanya, ibarat seperti dua belahan mata uang yang tidak bisa terpisahkan. sehingga sebagian masyarakat ada yang menganggap sama antara ilmu pengetahuan dan tekhnologi, atau menganggap ilmu pengetahuan dan tekhnologi adalah satu kalimat dan pemahaman/konsep yang tidak bisa terpisahkan. tapi bila kita cermati engan teliti, ilmu pengetahuan dan tekhnologi adalah dua hal yang berbeda.
Ilmu pengetahuan adalah suatu sistem pengetahuan secara teori, rasional. Suatu pengetahuan tentang suatu hal tapi hanya sebatas pemikiran abstrak dan bersifat rasional.

Definisi Tekhnologi
Tekhnologi merupakan suatu konsep yang sangat luas, kompleks, dan komprehensif. konsep tekhnologi selalu berhubungan dengan tekhnologi modern dan tekhnologi tradisional serta berhubungan dengan perubahan  sosial dan budaya masyarakat. Webber (1997) menyatakan bahwa tekhnologi adalah suatu hal yang berkaitan dengan perancangan, pembuatan/kontruksi dan penggunaan suatu peralatan benda kerja sebagai pemecahannya.

Tekhnologi berhubungan dengan bagaimana manusia memodifikasi alam sesuai dengan kebutuhan dan maksudnya. Hutchinson dan Kartnitzigh (1994), mengemukakan bahwa tekhnologi adalah proses yang dilakukan manusia untuk membuat hidupnya lebih nyaman, dimana dalam proses tersebut keinginan manusia dipenuhi dengan cara memecahkan masalah, menerapkan pengetahuan, mengembangkan suatu karya tekhnologi.

Sedangkan Pleogmaker dalam Doornekamp (1995) menyatakan bahwa tekhnologi adalah suatu bidang aktivitas manusia didalamnya terdapat produk dan proses yang didasarkan pada akumulasi pengetahuan dan keterampilan.

Dari beberapa pengertian di atas maka dapat disimpulkan, tekhnologi adalah hasil suatu proses yang dilakukan manusia untuk membuat hidupnya lebih nyaman dengan bantuan sebuah alat dan akal (hardware dan software), sistem keterampilan praktis dan pengetahuan  sehingga menghasilkan sebuah produk yang dibutuhkannya.

Perbedaan Ilmu Pengetahuan Dan Tekhnologi
Ilmu pengetahuan
Segi tujuan : Mencari pengetahuan, memperoleh pengertian
Segi hasil : Karya tulis ilmiah
Lingkungan : Kebuadayaan umumnya khususnya tekhnologi
Segi sumber : pengetahuan yang ada
Segi aktifitas : Penelitian
Sego kontrol : Berdasarkan umpan balik peralatan keilmuan
Motivasi : Keingintahuan, pengembangan ilmu
Fokus : Pemahaman pengetahuan
Ideal : Kebenaran
Ciri Keluasan : Supranasional
Status : Penyebaran secara terbuka (umum)
Komunikasi : Publikasi karya tulis/buku

Tekhnologi
Segi tujuan : Menciptakan barang/benda, mengusahakan perubahan
Segi hasil : Produk tekhnologis
Lingkungan : Kebudayaan umumnya, khususnya ilmu pengetahuan
Segi sumber : Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, dan pengetahuan
Segi aktifitas : Pembuatan sampai produksi
Sego kontrol : Berdasarkan umpan balik pengetahuan ilmiah
Motivasi : Pemanfaatan, pengembangan produk baru
Fokus : Penggunaan, efektifitas tindakan
Ideal : efisiensi
Ciri Keluasan : Terikat keadaan setempat
Status : Pendaftaran sebagai hak paten
Komunikasi : Pemberitahuan, iklan, promosi

Dari penjelasan di atas jelas berbeda antara ilmu pengetahuan dan tekhnologi, yang jelas misalnya dari segi tujuan, ilmu pengetahuan bertujuan memperluas pengetahuan dengan jalan menyusun teori-teori yang semakin baik dan sempurna, sedangkan tekhnologo bertujuan menciptakan produk-produk baru dengan jalan membuat sarana untuk meningkatkan efisien dan efektivitas.
Pembaca yang budiman, jika Anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, silakan bagikan ke media sosial lewat tombol share di bawah ini:
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top