KUMPULAN SOAL TEKS CERITA KELAS 6 DAN KUNCI JAWABAN

KUMPULAN SOAL TEKS CERITA KELAS 6 DAN KUNCI JAWABAN

Contents [Show Up]
KUMPULAN SOAL TEKS CERITA KELAS 6 DAN KUNCI JAWABAN
Soal teks cerita  dapat Bapak dan Ibu Guru ujicobakan pada siswa-siswi Anda. Semoga Siswa-siswi anda akan berhasil dengan nilai yang maksimal dan menjadi generasi penerus yang cerdas dan tanggap terhadap lingkungan, berkualitas serta berakhlaqul karimah.
KUMPULAN SOAL TEKS CERITA KELAS 6 DAN KUNCI JAWABAN
Dalam mendukung usaha para guru mengukur pemahaman dan penguasaan materi siswa-siswinya, kami menyajikan beberapa soal teks cerita yang dapat diujicobakan dan dapat mengukur kemampuan siswa siswi Anda dalam membaca . Saya yakin dengan usaha yang keras dan sungguh-sungguh pada akhirnya akan menghasilkan output (lulusan) yang memuaskan.

Soal-soal yang kami sajikan disesuaikan dengan indikator-indikator yang harus dicapai dan dikuasai siswa, sehingga insyaAlloh tidak akan menyimpang dari tujuan pembelajaran yang dilaksanakan Bapak/Ibu Guru.

BAHASA INDONESIA TEKS CERITA PENDEK
Teks Bacaan I

Monyet dan Burung Hantu Saling  Memahami
Burung dan Monnyet  ternyat bias berkomunikasi dengan bahasa masing-masing      yang berbed. BurunG bisa mengerti bahasa monyet,begitu juga sebaliknya.Memang  pemahaman  bahasa baru sebatas isarat tanda bahaya.Dr.Klaus, peneliti dari Universitas St.Andrews, melakukan pengamatan selama 18 bulan  pada pasangan  burung  Enggang dan monyet Diana . Keduanya saling memperingatkan  jika ada pemangsa masuk  ke wilayah mereka yang berada dirimba Afrika  Barat. Jika ada pemangsadatang, baikburung Enggang atau monyet Diana akan member tanda dengan berjingkrak-jingkrak dan berteriak – teriak mengeluarkan suatu suara.
Monyet Diana (Cercopitheus Dian) memiliki  warna bulu terang , menyolok  , dan sangat mudah dilihat oleh pemangsa. Pemangsa monyet ini adalah elang mahkota dan macan tutul. Sementara  burung Enggang dikenal juga sebagai Hombills yang memiliki paruh berwarna terang .
       
Sumber      : Orbit   , Februari  2018
I .Isilah titik- titik dibawah ini.
1.Tema dari cerita diatas adalah ……………………
2.Amanat dari cerita diatas adalah…………………

Teks bacaan ke  II

        Mengenal tempat wisata Religius makam Syeh  Maulana Magribi
Maulana Magribi adalah seorang saudagar Arab yang giat menyebarkan agama Islam di tempat-tempatyang disinggahi, menetap di daerah ini hingga wafatnya.Makamnyaterletak diatas bukit ,untuk menuju ke  atasharus melalui tangga bata selebar 1,90m.
Dari tempat ini bila memandang kearah selatan terlihat pemandangan indah kawasanPantai Parangtritis.Selainmakam juga terdapat  tempat sesaji, tempat istirahat ,dan penjaga. Disini juga ditemukan batu-batu candi,    Sendang eji,Sumur tua,dan serumpun bambu yang disebut Pring Sentono.Acara yang biasa dilakukan di tempat ini adalah bersih makam ,ziarah dan tirakatan malam satu Suro.Pengeloaanya Kraton Yogyakarta.
Syeh Maulana Magribi adalah seorang ulama ,searang Pangeran dari Turki. Suatu hari setelah solat subuh ,melihat cahaya misterius    bersinar dari arah tenggara. Ia  ingin mengetahui dari mana cahaya misterius  dating dan apa artinya, dan memutuskan untuk mencari tahu dengan ditemani sahabatnya Haji Datuk dan pekerjanya.Mereka berlayar menuju kearahdatangnya cahaya tadi.Kemudian mereka sampai di Gresik,cahaya tersebut tampak disebelah barat,dan akhirnya mereka sampai di pantai Pemalang  Jawa Tengah,di tempat ini Dia meminta pekerjanya pulang.Sementara ditemanioleh Haji Datukuntuk melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju kearah selatan smbil menyebarkan agama Islam.

3.Pesan yang disampaikan oleh Syeh Maulana Maghribi adalah……………………


Teks bacaan  III

Memahami kadar kolesterol
Kolesterol dibagi menjadi 2(dua) bagian.
-Kolesterol HDL (High-Density Lpoprotein),merupakan kolestrol baik karena kemampuannya membersihkan pembuluh darah arteri.
-Kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) atsu kolesterol jahat yang membuat endapan dan
menyumbat arteri.
Kadar kolesterol  HDL diatas 60 berarti sangat baik . Makin tinggi kadar kolesterol HDL,makin rendah resik  untuk mendapat serangan jantung atau stroke.Kadar kolesterol LDL yang baik adalah lebih rendah daaaaaari 130, dan semakin rendah, akan semakin baik.
Kadar kolesterol paling baik dilakukan setelah berpuasa 12 jam.Pemeriksaan darah juga akan mengukur  komponen darah seperti trigliserida.  Seperti  halnya kolesterol ,trigliserida merupakan sejenis lemak yang ditemukan di dalam makanan seperti daging ,keju, ikan  dan kacang – kacangan dan juga dibuat sendiri oleh tubuh.
Diambil dari Manggala  Naya  Wiwarotama edisi Juni 2010.

4. Kadar  kolesterol yang terbaik adalah ………………….
5.Kadar kolesterol yang tidak baik adalah……………………
6.Sebaiknya kadar kolestrol LDL yang baik adalah………………………
7.Sedangkan kadar  kolesterol HDLyang baik adalah….............
8.Dalam mengisi formulir  penulisan nama harus …………………………
9.Sebelum mengisi formulir terlebih dulu harus ..............................
10.Dalam mengisi formulir  pendaftaran tulisan harus………………………
11.Jawablah dengan singkat dan jelas !
a. Tulislah amanat yang terkandung dalam cerita tentang monnyet dan burung saling memahami!
b. Tulislah pesan dan impormasi dari bacaan teks   II
c. Buatlah tanggapan dari teks bacaan ke III    yang  berupa pertanyaan !
d. Buatlah tanggapan  dari teks bacaan ke  III  yang berupa saran !
e. Isilah  blangko pendaftaran perpustakaan dibawah ini!

KARTU PENDAFTARAN
ANGGOTA PERPUSTAKAAN SEKOLAH  DASAR……………………………U P T D KECAMATAN……………………………………….KABUPATEN……
…………………………………………………………………………………………………………………………
           Yang  bertanda tangan dibawah ini.
Nama :……………………………………………………………..
Tempat tanggal lahir : .................................................................................   
No Anggota ………………………………………………………………
Unit Sekolah :…………………………………………………………….
Alamat rumah          :………………………………………………………………
Agama                       :……………………………………………………………..
No Telpon                   :……………………………………………………………..
Mohon agar dicatat sebagai anggota Perpustakaan  pada SD…………………………….UPTD Kecamatan……………………………………Kabupaten…………………………………..
Selanjutnya kami sanggup menaati peraturan dan tata tertip yang berlaku di Perpustakaan.

Mengetahui                     …………………………….20…
Kepala  Sekolah                 Yang mendaftar
…………………………………. …………………………………….

Kunci  jawaban
I .
1. Komunikasi
2. komunikasi itu penting dalam kehidupan sehari-hari
3. ia dengan sabar menyebarkan agama  Islam
4. H D L
5. L D L
6.semakin rendahdsari 130
7. kadar kolesterol  H D L semakin  tinggi  dari  60
8. jelas dan mudah dibaca
9.memahami isi formulir  itu
10. mudah dibaca dengan jelas

II. 
1.Alternatif jawaban
Komunikasi itu penting dalam kelompok kehidupan hewan demi keselamatan teman-temannya yang lain.

2.Alternatip jawaban
Syeh  Maulana adalah Pangeran dari  Turki dan merupakan seorang  saudagar di  Arab.Ia    menetap di Pulau  Jawa sambil menyebarkan agama  Islam sampai ia meninggal di daerah  Yogyakarta.

3.  Altetnati jawaban.
Kadar kolesterol yang baik  H D L kemampuanya untuk membersihkan  pembuluh darah arteri.Kadar kolesterol yang tidak baik L D L  atau kolesterol jahat yang membuat penyumbatan pada pembuluh arteri.Bagaimana cara menyeimbangkan  antara kolesterol  H D L dan L D L menurut pendapatmu teman-teman? 

4.Kadar kolesterol  H D L diatas 60 berarti sangat baik ,makin tinggi kadar klesterol H D L makin rendah resiko untuk mendapatkan serangan jantung atau stroke . Sedang kolesterol L D L yang baik lebih rendah 130 dan semakin rendah semakin baik .Akan lebih baik lagi apabila seseorang tidak banyak mengkomsomsi lemak  yang ditemukan dalam daging.

5.Jawaban kebijakan guru.

Teks bacaan 4
Kelelawar yang Pengecut
Disebuah padang rumput di Afrika ada seekor singa sedang menyantap makanan.Tiba-tiba seekor burung elang terbang rendah dan menyambar makanan milik singa.Sang raja hutan itu sangat marah sehingga memerintahkan seluruh binatang untuk berkumpul dan menyatakan perang terhadap bangsa burung.
“Mulai sekarang segala jenis burung adalah musuh kita. Usir mereka semua,jangan disisakan!” kata sang raja hutan. Binatang yang setuju sebab mereka merasa telah diperlakukan sama oleh bangsa burung.


1) Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman.
2) Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, di mana-mana terdapat genangan lumpur.
3) Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
4) Kepompong hanya bisa menggantung di ranting itu.
Kalimat yang mengandung kata keterangan waktu dan tempat adalah . . . .
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 2 dan 4

Teks bacaan 5
Burung Gagak yang Haus
Pada suatu hari yang panas, seekor burung gagak kehausan, terbang di atas ladang untuk mencari air. Lama sekali ia terbang untuk mencari air, tetapi tidak menemukannya. Tiba-tiba ia melihat sebuah tempayan air di bawah sana. Ia pun terbang ke bawah untuk melihat kalau-kalau ada air di dalamnya.ia senang karena dapat melihat air di dalam tempayan itu. Kemudian, gagak itu berusaha memasukkan kepalanya ke dalam tempayan. Sayang, leher tempayan itu terlalu sempit untuk kepalanya. Gagak berusaha untuk menggulingkan tempayan itu agar airnya mengalir. Namun, tempayan itu terlalu berat baginya.
Gagak itu lalu berpikir keras sebentar. Ketika menengok ke kanan dan ke kiri, ia melihat beberapa kerikil. Tiba-tiba terlintas dalam pikirannya gagasan yang bagus. Ia pun mulai memunguti kerikil itu satu demi satu, lalu memasukan setiap kerikil itu ke dalam tempayan. Semakin banyak kerikil yang dimasukkan, air pun naik. Oleh karena itu, burung gagak itu bisa meminum air dari tempayan tersebut.

1. Mengapa gagak tidak bisa memasukkan kepalanya ke dalam tempayan?
a. Karena airnya ada di dalam tempayan
b. Karena leher tempayan terlalu sempit
c. Karena kepala gagak terlalu besar
d. Karena airnya terlalu sedikit

2. Untuk apa gagak memunguti kerikil?
a. Untuk melempari tempayan agar pecah
b. Untuk melempari mangsanya
c. Untuk dimasukkan ke dalam tempayan
d. Untuk dimasukkan ke dalam mulutnya