Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 Dan Kunci Jawaban (Kurikulum 2013)

Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 Dan Kunci Jawaban (Kurikulum 2013)

Contents [Show Up]
Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 Dan Kunci Jawaban (Kurikulum 2013)
Soal PTS dapat Bapak dan Ibu Guru ujicobakan pada siswa-siswi Anda. Semoga Siswa-siswi anda akan berhasil dengan nilai yang maksimal dan menjadi generasi penerus yang handal dan berkualitas serta berakhlaqul karimah.
Penilaian Tengah Semester (PTS) Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 Dan Kunci Jawaban

Dalam mendukung usaha para guru mengukur penguasaan materi siswa-siswinya, kami menyajikan beberapa soal PTS yang dapat diujicobakan dan dapat mengukur kemampuan siswa siswi kelas 5 SD/MI. Saya yakin dengan usaha yang keras dan sungguh-sungguh pada akhirnya akan menghasilkan output (lulusan) yang memuaskan.

Soal-soal yang kami sajikan disesuaikan dengan KD dan indikator-indikator yang harus dicapai dan dikuasai siswa, sehingga insyaAlloh tidak akan menyimpang dari tujuan pembelajaran yang dilaksanakan Bapak/Ibu Guru.

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan tepat!
KD 3.3
Bacalah teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 1-4!
....
Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar.

Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang  disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.

Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

1. Judul yang tepat untuk bacaan di atas adalah ....
A. Fotosintesis pada Tumbuhan
B. Api Sumber Energi Panas 
C. Sumber Energi Panas
D. Sumber Energi Terbesar

2. Yang tidak termasuk kata kunci pada paragraf 1  adalah ....
A. matahari
B. sumber energi 
C. energi panas
D. menghasilkan

3. Pertanyaan yang sesuai dengan paragraf ke-3 adalah ....
A. Apa manfaat energi panas matahari bagi kehidupan manusia?
B. Kapan matahari menyinari bumi?
C. Mengapa matahari bermanfaat bagi manusia?
D. Bagaimana energi matahari bermanfaat bagi manusia? 

4. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang (bantu) oleh energi panas matahari. Kata dalam tanda kurung seharusnya ....
A. membantu
B. dibantu 
C. bantuan
D. diperbantukan

5. Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan. Tidak hanya digunakan di kepulauan nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya prasasti –prasasti kuno yang ditulis dengan bahasa Melayu.
Teks eksplanasi di atas menuangkan pengetahuan tentang masalah atau fenomena ....
A. budaya
B. alam 
C. agama
D. ekonomi

6. Perhatikan langkah-langkah percobaan berikut ini!
a. Masukan air hangat ke dalam gelas bening.
b. Catatlah apa yang kamu rasakan.
c. Masukkan sendok ke dalam gelas yang berisi air hangat.
d. Tetaplah memegang ujung sendok selama ± 2 – 3 menit.
e. Setelah beberapa saat peganglah ujung sendok dengan tanganmu.

Urutan yang benar untuk percobaan di atas adalah ....
A. a-b-c-d-e
B. a-c-e-b-d
C. a-c-e-d-b 
D. a-b-c-e-d

7. Keberadaan hutan sangat penting. Hutan merupakan tempat hidup berbagai jenis satwa liar. Saat ini satwa liar yang hidup di hutan semakin berkurang. Manusia terus memburu satwa liar yang ada di dalam hutan dan mengambil sumber daya yang ada. Jika kejadian ini dibiarkan terus menerus, satwa liar dan hutan akan punah.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....

A. kelestarian hutan sudah tidak dipedulikan lagi oleh manusia yang tidak bertanggung    jawab
B. kelestarian hutan perlu dijaga agar satwa liar di hutan tidak punah
C. manusia terus memanfaatkan hutan demi kepentingan dirinya tanpa tanggung jawab
D. bila pembabatan hutan terus dilakukan tanpa aturan, hutan akan habis

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 – 10!
Hak dan kewajiban adalah sesuatu yang sangat sulit dipisahkan. untuk mencapai keseimbangan antara hak dan kewajiban, kita perlu mengetahui posisi diri kita masing-masing.
Jika hak dan kewajiban tersebut telah terpenuhi dan seimbang, maka akan tercipta kehidupan yang nyaman, tentram, aman dan sejahtera. Hal ini berbanding terbalik jika hak dan kewajiban tersebut tidak seimbang yang akan menimbulkan suatu permasalahan dan perselisihan. Jika masyarakat tersebut tidak bergerak untuk merubahnya, maka lambat laun akan timbul permasalahan yang jauh lebih besar dan dapat menimbulkan kerugian bagi banyak orang.

8. Tulislah kalimat pokok paragraf 1!
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
9. Bagaimana jika hak dan kewajiban tidak dilaksanakan seimbang menurut teks di atas?
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
10. Tulislah kesimpulan dari teks di atas!
Jawab:.........................................................................................................................................
...................................................................................................................................................

KD 3.5 
Bacalah paragraf berikut menjawab soal nomor 11 – 12!
Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

11. Yang dimaksud dengan bangsa barat adala bangsa ....
A. Eropa
B. Asia
C. Afrika 
D. Amerika

12. ... kapal Portugis mendarat di Malaka?
Kapal Portugis mendarat di Malaka pada tahun 1511.
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tanya di atas adalah ....
A. siapa
B. mengapa 
C. di mana
D. kapan

Bacalah paragraf berikut menjawab soal nomor 13 – 14!
Selama zaman penjajahan Belanda, Kongres Pemuda Indonesia diselenggarakan dua kali. Kongres Pemuda Indonesia I berlangsung di Jakarta pada tanggal 30 April – 2 Mei tahun 1926 diikuti oleh semua organisasi pemuda. Namun, Kongres Pemuda Indonesia I belum dapat menghasilkan keputusan yang mewujudkan persatuan seluruh pemuda. Kongres Pemuda Indonesia I merupakan persiapan Kongres Pemuda Indonesia II.
Kongres Pemuda Indonesia II berlangsung di Jakarta pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928. Pusat penyelenggaraan kongres tersebut di Gedung Indonesische Club di Jl. Kramat Raya 106, tetapi keseluruhan sidang diselenggarakan di tiga tempat

13. Pada zaman penjajahan Belanda, Kongres Pemuda dilaksanakan ... kali.
A. satu
B. dua 
C. tiga
D. empat

14. Kongres Pemuda II dilaksanakan pada tanggal ....
A. 30 April 1926
B. 2 Mei 1926
C. 28 Oktober 1926 
D. 28 Oktober 1928

15. Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan menolak kedatangan bangsa Eropa.
Kalimat di atas termasuk kalimat ....
A. tanya
B. perintah
C. pengandaian 
D. berita

16. Kata yang digunakan sudah sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa yang sudah ditentukan disebut kata ....
A. tanya
B. perintah 
C. baku
D. tidak baku

17. Cermati Paragraf berikut dengan seksama!
“Survey Badan Statistik di Indonesia pada tahun 2013 menunjukkan, orang Indonesia paling gemar menonton telivisi, yakni 91,68 persen, kata Hamid. Sebelumnya, pada 12-13 November 2015 , diselenggarakan pelatihan bagi 68 guru dari 33 propinsi mengenai buku pengenalan terhadap jasa keuangan itu. Para peserta pelatihan juga berlatih menggunakan permainan sikapi uangmu, sebagai penerapan melalui permainan pengenalan produk dan jasa keuangan. Diharapkan, siswa dapat bermain sambil belajar.

Kata untuk memperbaiki kata yang tidak baku dalam paragraf tersebut adalah ....
A. survei, televisi, dan provinsi
B. survai, televisi, dan propinsi 
C. survei, telipisi, dan propinsi
D. survey, televisi, dan provinsi

Bacalah paragraf berikut menjawab soal nomor 18 – 19!
Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945. Sejak pagi, telah dilakukan persiapan di rumah Ir. Soekarno, untuk menyambut Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Banyak tokoh pergerakan nasional beserta rakyat berkumpul di tempat itu. Mereka ingin menyaksikan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Sesuai kesepakatan yang diambil di rumah Laksamana Maeda, para tokoh Indonesia menjelang pukul 10.30 waktu Jawa zaman Jepang atau pukul 10.00 WIB telah berdatangan ke rumah Ir. Soekarno. Mereka hadir untuk menjadi saksi pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

18. Kapan teks proklamasi dibacakan?
Jawab:.............................................................................................................................................................................................................................................................................................
19. Apa tujuan tokoh pergerakan nasional dan rakyat berkumpul di rumah Ir. Sukarno?
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
20. Pemimpin pasukan Sekutu yang tewas dalam peristiwa 30 Oktober 1945 di Surabaya adalah Brigjen Mallaby.
Buatlah kalimat tanya untuk jawaban di atas!
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................

KD 3.9 
21. Berikut ini yang tidak termasuk ciri-ciri kalimat efektif adalah ....
A. singkat
B. padat 
C. panjang
D. jelas

22. Surat undangan yang mengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi untuk kepentingan kedinasan disebut undangan ....
A. pribadi
B. tidak resmi 
C. setengah resmi
D. resmi

23. Penulisan tempat dan tanggal surat yang tepat adalah ....
A. Kebumen, 28 februari 2018
B. Kebumen, 28 Februari 2018 
C. Kebumen; 28 Februari 2018
D. Kebumen: 28 Februari 2018

24.
cop surat
Bagian surat seperti gambar di atas disebut ....
A. kepala surat
B. nama dan alamat tujauan 
C. isi surat
D. penutup surat

25. Contoh surat tidak resmi adalah ....
A. undangan rapat
B. lamaran pekerjaan 
C. surat edaran
D. undangan ulang tahun

26. Demikian surat undangan ini kami buat, atas kehadirannya kami ucapkan terima kasih.
Bagian surat resmi di atas disebut ... surat.

A. pembuka
B. isi
C. penutup
D. pengirim

Perhatikan Surat Berikut ini untuk menjawab soal nomor 27-29!

SEKOLAH DASAR NEGERI TUNAS BANGSA
Jalan Perintis No 13, Kebumen

Nomor : 005/35/III/2018
Lampiran: 1 (satu)
Perihal : Undangan

Yth : Bapak/ Ibu Guru SDN Tunas Bangsa

... (1)
Kami mengharap kehadiran Bapak/ Ibu Guru SDN Tunas Bangsa pada :
Hari, tanggal : Rabu, 28  Maret 2018
Waktu : 09.30 WIB
Tempat : Ruang Guru SDN Tunas Bangsa
Acara : Rapat Dewan Guru

Demikian undangan ini kami buat, atas perhatian Bapak dan Ibu Kami sampaikan
 Terima Kasih.

Hormat Kami
... (2)
Sanusi, SPd.SD

27. Kalimat efektif yang tepat untuk melengkap titik-titik pada nomor 1 adalah ....
A. Hormat kami,
B. Dengan hormat, 
C. Salam Sejahtera
D. Salam Kangen

28. Kalimat efektif yang tepat untuk melengkap titik-titik pada nomor 2 adalah ....
A. Kepala SDN Tunas Bangsa
B. Bapak/Ibu Guru 
C. Orangtua Siswa
D. segenap Karyawan

29. Apa tujuan surat undangan di atas?
Jawab:.........................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
30. Buatlah Undangan tidak resmi acara ulang tahunmu!

Jawab:.........................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

  NILAI
3.3 :
3.5 :
3.9 :





PEDOMAN PENILAIAN PTS Semester 2

Muatan Pelajaran :  Bahasa Indonesia
Tema :  6 dan 7
Kelas /Semester :  V / 2



I. KUNCI JAWABAN
KD 3.3 Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik
1. C 5. A
2. D 6. C
3. A 7. B
4. B
8. Hak dan kewajiban adalah sesuatu yang sangat sulit dipisahkan.
9. Jika hak dan kewajiban tidak dilaksanakan dengan seimbang akan menimbulkan permasalahan dan perselisihan.
10. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan dengan seimbang.

KD 3.5 Menggali informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara lisan dan tulis menggunakan aspek : apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
11. A 15. C
12. D 16. C
13. B 17. A
14. D
18. Teks proklamasi dibacakan pada hari Jum’at, 17 Agustus 1945
19. tujuan tokoh pergerakan nasional dan rakyat berkumpul di rumah Ir. Sukarno adalah untuk menjadi saksi pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
20. Siapa pemimpin Pasukan Sekutu yang tewas dalam peristiwa 30 Oktober 1945 di Surabaya?

KD 3.9 Mencermati penggunaan kalimat efektif dan ejaan dalam surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll)
21. C 25. D
22. D 26. C
23. B 27. B
24. A 28. A
29. Rapat Dewan Guru

30.
Undangan
Teman-temanku yang baik datang yach di acara ulang tahunku ....
Yang akan diselenggarakan :
Hari/ Tanggal : Selasa, 20 Maret 2018
Pukul : 14.00 s/d selesai
Bertempat di rumahku.
Salam Manis

Endang
(kebijaksanaan guru)

...Selamat Mencoba...
Post a Comment