Melek Tekhnologi Wajib Bagi Kita (Orang Tua, Anak, Guru Dan Masyarakat)

Melek Tekhnologi Wajib Bagi Kita (Orang Tua, Anak, Guru Dan Masyarakat)

Contents [Show Up]
Melek Tekhnologi Wajib Bagi Kita (Orang Tua, Anak, Guru Dan Masyarakat)
Di zaman sekarang, zaman yang serba canggih, zaman dengan kemajuan tekhnologi yang luar biasa menuntut sumber daya manusia yang berkualitas dan kompetitif. Seiring dengan perkembangan tekhnologi yang semakin canggih harus diimbangi dengan penguatan iman, penguatan karakter bangsa, sehingga bangsa kita tidak hanya menjadi objek dan sasaran empuk dari perkembangan tekhnologi.
Melek Tekhnologi Wajib Bagi Kita (Orang Tua, Anak, Guru Dan Masyarakat)

Untuk mengantisipasi dan menghadapi kemajuan tekhnologi kita perlu mempersiapkan diri (pasang kuda-kuda). Salah satunya dengan melek iptek. Dibeberapa negara maju seperti Amerika, Jepang, Inggris, Australia, dan negara besar lainnya, pendidikan tekhnologi telah dijadikan bagian dari kurikulum pokok pada pendidikan dasar dan menengah, serta lanjutan dan memasukan tekhnologi sebagai mata pelajaran pokok.
Sementara di Indonesia pendidikan tekhnologi masih dimasukan dalam muatan lokal, itupun masih belum menyeluruh (masih pada sekolah sekolah unggulan).

Mengapa kita wajib melek Tekhnologi?
Tekhnologi pada masa sekarang menjadi kebutuhan manusia, sehingga manusia dituntut untuk bisa mengoperasionalkan sebuah tekhnologi (melek tekhnologi). Dengan melek tekhnologi berarti seseorang mempunyai keterampilan praktis. Dengan melek tekhnologi seseorang dianggap mampu bersaing dengan orang lain diberbagai bidang ( pendidikan, sosial, agama, budaya, ekonomi, bisnis, da'wah, kemasyarakatan dan lain-lain) . Kembali lagi pada pertanyaan, Kenapa kita wajib melek tekhnologi?
Dalam artikel ini dibahas siapa saja yang harus melek tekhnologi?

1. Orang Tua, Kenapa Orang Tua wajib melek tekhnologi?Orang Tua wajib melek tekhnologi
a. supaya tidak ketinggalan informasi.

b. Orang tua bisa belajar banyak hal dan ilmu pengetahuan melalui tekhnologi .

c. Orang tua bisa membimbing dan mengarahkan serta membantu anak dalam memfilter informasi          dari internet.

d. Agar bisa mengikuti perkembangan zaman.

e. Agar bisa mengontrol dan mengawasi anak.

f. Supaya tidak mudah dibohongi dan ditipu oleh anak.

g. Dengan melek tekhnologi semuanya lebih efektif dan efisien serta tidak merepotkan orang lain.

2. Anak.
Anak melek tekhnologi
Anak wajib melek tekhnologi sebagai bagian dari persiapan menempuh pendidikan yang lebih tinggi dan mempunyai wawasan yang luas, kreatif, inovatif serta bekal menjalani hidup dimasa depan yang semakin maju dan modern.
Seorang anak harus mengembangkan keterampilan menggunakan tekhnologi, karena pekerjaan (profesi) apapun sebagian besar menuntut seseorang mempunyai kemampuan dan keterampilan dibidang tekhnologi.

3. Guru.
Guru Melek Tekhnologi
Seorang guru wajib melek tekhnologi agar tidak ketinggalan informasi dan zaman.
Guru juga bisa memanfaatkan tekhnologi untuk memudahkan proses pembelajaran.
Guru dapat memanfaatkan tekhnologi sebagai media pembelajaran sehingga pembelajaran tidak membosankan.
Dengan melek tekhnologi guru akan lebih mudah, efektif, efisien dalam menyelesaikan administrasinya.
Guru dapat memanfaatkan tekhnologi sebagai sumber belajar barbagai hal dan ilmu pengetahuan serta menambah wawasan.
Teknologi dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.
Sekarang Program pengembangan keprofesian berkelanjutan ini dilaksanakan berbasis Komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (Komunitas GTK), Makanya guru harus melek tekhnologi.

4. Masyarakat (manusia pada umumnya tak terkecuali).
Masyarakat melek tekhnologi
Sebagai persiapan menyongsong masyarakat masa depan seseorang harus dibekali dengan pemahaman dan keterampilan tekhnologi.Tekhnologi ikut menjadi standar hidup seseorang dalam berinteraksi dengan dunia atau lingkungan yang ada di sekitar mereka. Selain itu seseorang juga harus bisa menangani dan mengoperasionalkan berbagai peralatan tekhnologi yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari hari. Memang disatu sisi tekhnologi telah memberikan pengaruh positif, tapi disisi lain tekhnologi juga mempunyai dampak negatif terhadap seseorang. tergantung bagaimana kita menggunakan tekhnologi agar tidak menjadi bencana bagi kita.


Post a Comment